Platform dan Metode Benchmark

Kebijakan Kami dalam Menguji Produk Komputer dan Gadget

Tim Tekno    •    Selasa, 07 Apr 2015 12:58 WIB
review gadget
Kebijakan Kami dalam Menguji Produk Komputer dan Gadget
Inilah platform pengujian hardware kami

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski dikenal sebagai portal berita dan video yang kuat di isu politik, Metrotvnews.com juga menyediakan kanal khusus untuk berita dan ulasan produk teknologi komputer dan gadget. Kami mengulas beragam produk: dari komponen komputer, aksesori dan tentu saja gadget, baik kelas bawah maupun kelas atas.

Kami menguji produk dengan subjektif karena lebih mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut kami sampaikan komponen testbed resmi Metrotvnews.com agar jelas bagi seluruh pembaca.
 
Hardware PC
 
CPU
Intel Core i7-7700K
AMD Ryzen 7 1700
Motherboard
ASUS Z270F STRIX Gaming
MSI X370 Gaming Power Titanium
Kartu Grafis / VGA
MSI GTX 1080 Gaming X
ASUS RX 480 STRIX 8GB
Memori / RAM
Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
Penyimpanan
Corsair Neutron XTi 240GB
Power Supply
Corsair RM850X
Case
MSI DIY Case

Peripheral PC
 
Monitor ASUS PB287Q 4KAOC C3583FQ
 
Keyboard Mad Catz C.Y.B.O.R.G. v7, Mad Catz S.T.R.I.K.E. TE
Mouse Mad Catz M.M.O. 7, Mad Catz R.A.T. TE
Mousepad Mad Catz G.L.I.D.E. 7, Mad Catz G.L.I.D.E. TE
Headset TRITTON Kunai Stereo Headset

Metode Pengujian Kami

Seluruh hardware dan peripheral PC diuji menggunakan platform dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Professional. Berikut adalah software pengujian yang kami gunakan:

PCMark 8
Software pengujian PCMark 8 digunakan untuk menguji performa penggunaan perangkat dan komponen sehari-hari. Pengujian dengan menggunakan PCMark dilakukan pada notebook standar, notebook gaming, dan motherboard. Untuk notebook standar, notebook gaming dan motherboard kami menggunakan preset "creative conventional" untuk memberikan gambaran terhadap sistem ketika menjalankan aplikasi yang kompleks.

3DMark
Software pengujian 3DMark digunakan untuk mengukur performa grafis. Pengujian dengan menggunakan 3DMark dilakukan pada notebook standar, notebook gaming, serta kartu grafis PC (VGA). Untuk notebook standar, kami menggunakan preset "3DMark Cloud Gate" untuk mengukur performa grafis pada komponen standar, sedangkan untuk notebook gaming, kami menggunakan preset "3DMark Fire Strike" untuk mengukur performa grafis pada komponen kelas gaming. Preset 3DMark Fire Strike juga kami gunakan untuk menguji performa grafis pada kartu grafis PC (VGA).

Crystal Disk Mark
Software pengujian Crystal Disk Mark digunakan untuk mengukur kecepatan akses, baca, dan tulis pada berbagai media penyimpanan, seperti hard disk (internal dan eksternal), SSD, USB flash drive, dan flash memory.

Gaming Benchmark
Berbagai game terkini telah kami siapkan untuk menjadi bahan pengujian pada notebook gaming dan kartu grafis PC (VGA). Pengujian ini dilakukan untuk mengukur performa grafis dari perangkat dan komponen ketika menjalankan game. Semua pengujian dilakukan dengan pada pengaturan grafis maksimum pada sistem operasi Windows 10. Berikut adalah daftar game yang kami uji:

- The Witcher 3: Wild Hunt
- Star Wars Battlefront
- Ashes of The Singularity DirectX 12 Mode
- Tom Clancy's Ghost Recon: Wildlands
- Rise of The Tomb Raider DirectX 12 Mode

Bagaimana dengan gadget?

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional.

3DMark
Sama seperti versi PC, 3DMark untuk perangkat mobile juga berguna untuk mengukur kinerja grafis perangkat. Kami menggunakan konfigurasi Ice Storm Unlimited dan Slinghot untuk menguji perangkat kategori menengah ke bawah, sementara perangkat menengah ke atas hanya Ice Storm Extreme dan Ice Storm Unlimited.

PCMark Work 2.0
PCMarkforAndroid kami gunakan untuk menguji performa dan daya tahan baterai perangkat mobile dalam penggunaan sehari-hari, yaitu menjelejahi web, mengedit foto dan memutar video.
 

Menguji Aplikasi

Kami secara rutin merilis game pilihan untuk Android setiap bulan. Di sela-sela itu, kami juga sering megulas aplikasi tertentu, baik versi Android maupun iOS. Sejauh ini, kami baru mengulas aplikasi untuk kedua platform tersebut karena jumlah penggunanya paling besar di Indonesia.

Untuk menguji game Android, kami menggunakan tablet ASUS Nexus 7, sedangkan game iOS diuji dengan tablet iPad Air 2. Sementara untuk game konsol, kami menggunakan unit PlayStation 4.

Update: Daftar platform pengujian ini kami gunakan per Maret 2017


(MMI)

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih
Review Earphone

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih

3 days Ago

HP In-Ear Headset 150 menawarkan suara yang jernih dan desain yang nyaman dengan harga yang cuk…

BERITA LAINNYA
Video /