Smartfren Percepat Implementasi Layanan 4G LTE di Batam

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 08 Jul 2015 09:33 WIB
smartfren telecom
Smartfren Percepat Implementasi Layanan 4G LTE di Batam
Smartfren lancurkan layanan 4G LTE pertama di Batam

Metrotvnews.com: Terkait dengan kesiapan layanan 4G LTE di Tanah Air, Kementerian Komunikasi dan Informatika hari ini mengadakan launching bersama layanan 4G LTE secara serentak di lima kota, yakni Makassar, Balikpapan, Lombok, Banjarmasin dan Batam. Mereka melibatkan 5 operator seluler di Indonesia dengan tema Percepatan Implementasi Mobile Broadband Menuju Generasi Digital Indonesia. Adapun Smartfren menggelar launching bersama pertamanya untuk layanan 4G LTE di Batam.

“Smartfren bangga bisa menjadi bagian dalam peluncuran bersama 4G hari ini, sekaligus menunjukkan komitmen Smartfren untuk ikut mewujudkan ekosistem mobile broadband yang akan mengisi Indonesia Broadband Plan 2019,” kata Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys dalam keterangan tertulis, Rabu (8/7/2015).

Penggelaran 4G LTE ini merupakan langkah nyata sinergi pemerintah, operator dan masyarakat dalam meningkatkan layanan mobile internet di Indonesia. Percepatan pembangunan jaringan pita lebar (broadband) 4G LTE akan dilakukan secara merata di seluruh wilayah Indonesia sehingga lebih banyak lagi yang merasakan manfaatnya dan cita-cita untuk mewujudkan Masyarakat Digital Indonesia dapat tercapai.

Sementara itu, pemerintah melalui kementerian komunikasi dan informatika telah mencanangkan berbagai program dalam mencapai target layanan akses broadband kepada masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar layanan broadband dapat memberikan manfaat yang lebih maksimal kepada masyarakat dengan ketersediaan dan kecepatan akses data yang memadai seiring dengan tren pertumbuhan kebutuhan akses data masyarakat.

Salah satunya adalah dengan penataan frekuensi pada pita frekuensi radio 1800 MHz dan 800 Mhz agar masing-masing operator mempunyai alokasi frekuensi berdampingan sehingga cukup memadai dalam menyediakan akses broadband bergerak yang lebih optimal. Penataan ini dimulai secara bertahap dan operator langsung mengimplementasikan teknologi LTE sebagai teknologi layanan akses broadband yang dapat dinikmati masyarakat.


(ABE)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.