Review Smartphone

Review Smartfren Andromax Qi, Ponsel 4G Berharga Rp1 Jutaan

Insaf Albert Tarigan    •    Jumat, 17 Jul 2015 00:38 WIB
review gadget
Review Smartfren Andromax Qi, Ponsel 4G Berharga Rp1 Jutaan
Smartfren Andromax Qi cukup menarik bagi pengguna pemula smartphone

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 9 Juni lalu, Smartfren meluncurkan 5 ponsel Andromax 4G LTE sekaligus di Jakarta. Kelimanya adalah Andromax R, Andromax Q, Andromax Qi, Andromax E, dan Andromax Es.

Kami akan mengulas Andromax R dan Andromax Qi. Tulisan ini akan membahas lebih dalam tentang Andromax Qi.


Desain

Secara pribadi, saya lebih menyukai desain Andromax R dibanding Qi karena terlihat lebih elegan. Walau demikian, Qi terlihat sudah lebih baik dibanding seri G. Ia cukup nyaman digenggam karena penutup bagian belakang memiliki tekstur halus seperti gelombang, sehingga tak licin.



Di bagian belakang ponsel buatan Hisense ini terdapat speaker, kamera utama 5MP dan LED flash. Untuk mempertegas perbedaannya dengan seri Andromax sebelumnya, Smartfren sengaja menuliskan "4G LTE" di bawah kamera.



Saat penutup bagian belakang dibuka, Anda akan menemukan baterai berkapasitas 1900 mAh, slot microSD, dan dua slot SIM berukuran normal. Satu slot untuk SIM Smartfren 4G LTE, sedangkan yang satunya bisa digunakan untuk kartu SIM GSM dari operator lain.

Beralih ke bagian depan, Andromax Qi dilengkapi kamera 2MP, tiga tombol navigasi, Home, Back dan Recent Apps. Tombol tersebut telah dilengkapi LED sehingga tak akan menyulitkan saat Anda mengoperasikannya dalam keadaan gelap. Adapun tombol microUSB dan audio jack terletak di bagian bawah dan atas.


Software & Antarmuka

Smartfren Andromax Qi hadir dengan layar TFT LCD 4,5-inci dengan resolusi FWVGA (854x480 pixel). Untuk ponsel di kelasnya, tampilan layar Andromax Qi cukup nyaman dilihat.



Ia menjalankan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop. Desain antarmukanya tak banyak berubah dari seri sebelumnya. Berbeda dengan MIUI dan VIBE UI, Smartfren masih mempertahankan App Drawer. Walau belum menggunakan Cyanogen OS seperti Andromax Q, kita bisa melihat lambang Cyanogen di menu System Profiles. Hal ini tak mengherankan karena Smartfren adalah salah satu investor di Cyanogen.



Beralih ke aplikasi, entah mengapa, Smartfren menyuntikkan banyak aplikasi pre-installed, baik dari mereka atau pihak ketiga. Meski demikian, sebagian dari aplikasi tersebut masih bisa dan memang kami sarankan untuk dihapus karena push notification-nya terlalu sering dan menjengkelkan. Jika tak hati-hati, kita bisa terjebak membeli konten premium.
 

Kamera & Video

Sebagai ponsel kelas pemula, tak banyak yang bisa Anda harapkan dari Andromax Qi. Kamera utamanya yang beresolusi 5MP dan kamera depan 2MP hanya bisa diandalkan di luar ruangan, saat kondisi cahaya cukup terang. 







Artinya, ia memang dirancang sebagai pelengkap saja, bukan untuk yang gemar fotografi mobile atau mereka yang mengandalkan smartphone untuk bekerja, termasuk jurnalis. Demikian juga fitur merekam video beresolusi 1280x720p.

Memori internal Andromax Qi hanya 8GB. Agar tak cepat kehabisan tempat penyimpanan, Anda sebaiknya memanfaatkan microSD untuk menyimpan berkas foto dan video atau beberapa aplikasi yang memungkinkan.
 

Baterai & Performa

Smartfren Andromax Qi ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 410 berkecepatan 1,2GHz. Bagi yang terbiasa menggunakan ponsel kelas menengah ke atas akan sangat merasakan penurunan performa.

Perpindahan antar-menu di Andromax Qi kerap tersendat, terutama jika Anda membuka beberapa aplikasi sekaligus. Mengingat harganya hanya Rp1,2 juta, kita bisa memaklumi hal semacam itu.

Keterbatasan ruang penyimpanan juga membuatnya tak cocok digunakan untuk bermain game berukuran besar semacam Asphalt 8:Airbourne. Memang, jika mau, kita bisa saja memaksakan diri dengan menghapus banyak aplikasi. Ponsel ini lebih cocok untuk bermain game ringan, semacam Candy Crush, Line Get Rich atau game kekinian lain yang tak terlalu berat.

Untuk Anda yang gemar ngoprek tentu sudah tahu, Smartfren membatasi akses pengguna dengan memproteksi Developer Option dengan password. Hal ini dapat dimengerti karena selain vendor ponsel, mereka juga operator telekomunikasi. Jika diberikan akses tak terbatas, pengguna akan mudah memodifikasi perangkat sehingga tak perlu lagi menggunakan layanan Smartfren.

Kami tak mengulas tutorial rooting dan lain-lain karena akan membuat garansi Anda hangus. Jika berminat, Anda bisa mencarinya sendiri di forum atau blog pengguna Smartfren. Berikut performa Andromax Qi dalam keadaan standar.




 

Kesimpulan

Jika Anda hendak beralih dari feature phone ke smartphone 4G LTE, dan memiliki dana terbatas, Andromax Qi adalah pilihan menarik. Jika punya dana di atas Rp2 juta, kami lebih menyarankan ponsel lain yang performanya lebih baik.
 
 
  Andromax R Andromax Q / Qi Andromax E / Es
Prosesor Snapdragon 410 @1,2GHz Quad-core Snapdragon 410 @1,2GHz Quad-core Snapdragon 410 @1,2GHz Quad-core
RAM 1GB 1GB 1GB
OS Android 5.0 Lollipop CyanogenOS 12 based on Android 5.0/ Lollipop Android 5.0 Lollipop
GPU Adreno 306 Adreno 306 Adreno 306
Memori Internal 8GB 8GB 8GB
Kamera Depan 8MP (dual flash), belakang 5MP (LED flash) Depan 5MP (flash), belakang 2MP Depan 5MP (flash), Belakang 5MP (flash)
Baterai 2200mAh 2000mAh 1900mAh
Layar 5-inci IPS HD (1280x720 pixel) 4,5-inci TFT LCD FWVGA (854x540 pixel) 4-inci LCD WVGA (480x800 pixel)
Konektivitas` Dual SIM
EVDO/4G - GSM
Dual SIM
EVDO/4G - GSM
Dual SIM
EVDO/4G - GSM
Harga Rp1.599.000 Rp1.299.000 Rp999.000

ABE
 

Smartfren Andromax Qi

 

7

  • Desain cukup bagus
  • Performa lumayan
  • Salah satu ponsel 4G LTE termurah
  • Baterai cukup bagus di kelasnya
  • Terlalu banyak bloatware
  • Kamera tak memuaskan



(ABE)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.