Review Smartphone

Review Smartfren Andromax R, Mengejutkan!

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 17 Jul 2015 11:16 WIB
review gadget
Review Smartfren Andromax R, Mengejutkan!
Smartfren Andromax R

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah sudah meresmikan frekuensi 1.800Mhz untuk 4G LTE pada 6 Juli lalu. Artinya, jangkauan jaringan cepat ini sudah tersedia di hampir semua kota-kota besar di Indonesia dari semua operator, termasuk Smartfren.

Kendalanya, ketersediaan perangkat yang dapat mengakses 4G LTE masih terbatas. Kalaupun ada, sebagian besar harganya masih terlalu mahal. Berbeda dengan operator lainnya, Smartfren memiliki posisi unik di pasar. Ia adalah operator sekaligus produsen ponsel yang produknya dikenal dengan nama Andromax.

Karena itu, Smarftren meluncurkan layanan 4G LTE hampir bersamaan dengan peluncuran 5 ponsel 4G LTE sekaligus di Indonesia. Harga ponsel tersebut tergolong sangat murah, mulai dari Rp1 jutaan. Kami sudah mengulas Andromax Qi, dan tulisan ini akan membahas Andromax R. seberapa hebatkah ponsel tersebut?
 

Desain

Andromax mungkin terlihat kalah hebat jika dibandingkan dengan nama-nama produk dari produsen ponsel besar lain yang ada di pasar. Namun kali ini Smartfren mulai lebih serius dalam menggarap ponsel. Hal tersebut tercermin dari desain Andromax R yang tergolong cukup memuaskan dan mampu tampil berbeda.

Ponsel ini dilengkapi dengan lapisan pinggiran bodi yang berwarna emas yang menghadirkan kesan mewah dan elegan. Tidak hanya itu, baik dari tampilan depan maupun belakangnya terlihat solid dan kokoh. Bagian penutup belakangnya dilapisi dengan lapisan dof, sehingga tidak licin ketika digenggam.



Ada dua hal yang istimewa dari segi desain Andromax R. Pertama, bobotnya ringan. Hal tersebut cukup mengejutkan kami, mengingat bodi ponsel ini tergolong tebal dan cukup besar. Kedua, layarnya dilapisi pelindung Dragontrail. Kehadiran lapisan pelindung Dragontrail besutan Asahi Glass dari Jepang tersebut membuat layarnya sangat kokoh dan telah memiliki fitur anti-gores, sehingga Anda tak perlu membeli lapisan anti-gores lagi.



Kekurangan dari segi desain pada ponsel ini terdapat di bagian penutup belakangnya yang sangat tipis dan terlihaT ringkih. Meskipun demikian, bagian penutup tersebut akan terasa solid dan kokoh ketika dipasangkan dengan bodi ponsel Andromax R.
 

Software & Antarmuka

Smartfren Andromax R memang tak hadir dengan sistem operasi khusus maupun antarmuka khusus. Semuanya murni menggunakan sistem operasi Android versi 5.0.2 atau Android Lollipop. Hal tersebut membuat ponsel ini tiak memiliki hal yang istimewa pada sisi antarmuka dan fiturnya.

Meskipun demikian, ia hadir dengan paket penjualan yang siap pakai. Tidak hanya dari kelengkapan paket penjualan secara fisik, namun juga secara software dan aplikasi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya aplikasi bawaan yang telah terpasang pada ponsel ini, mulai dari aplikasi utility hingga game, meskipun untuk game masih merupakan demo.



Salah satu kekurangan yang kami temukan pada sisi antarmuka dan software ponsel ini adalah kurang responsif. Menurut kami, ponsel ini memiliki komponen yang sudah cukup mumpuni agar dapat tampil secara optimal, namun kami masih merasakan performanya kurang memuaskan.

Selain itu, penyimpanan internalnya tergolong kecil, hanya 8GB. Hal tersebut membuat game dan aplikasi berukuran besar sulit untuk di-install. Solusinya, Anda harus merogoh kocek sedikit dan membeli penyimpanan eksternal berupa MicroSD.


Kamera & Video

Smartfren Andromax R menghadirkan kamera utama sebesar 8 megapixel dengan dukungan lampu dual flash, serta kamera depan sebesar 5 megapixel yang juga didukung dengan sebuah lampu flash. Dari penggunaan komponen kameranya, jelas bahwa Smartfren kali ini juga mengincar pengguna yang suka berfoto selfie.

Namun apakah hasil jepretannya memuaskan?



Perlu diakui untuk ponsel di kelasnya, Andromax R memiliki kamera yang tergolong cukup baik. Kamera utamanya mampu menghadirkan hasil jepretan dengan tingkat kecerahan dan warna yang pas, serta mampu menghadirkan detail yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu, sistem fokus kamera utamanya bahkan mampu membidik objek yang jaraknya cukup dekat.



Sementara untuk kamera depannya, kami rasa sudah sangat mumpuni untuk keperluan selfie karena telah dilengkapi dengan lampu flash. Sayangnya, aplikasi kamera pada Andromax R tak dilengkapi dengan fitur beautification.



Dibandingkan dengan fitur foto, kami justru lebih suka dengan fitur video pada Andromax R. Ia ternyata telah dilengkapi dengan fitur perekaman dengan framerate yang tinggi, bahkan hingga 120fps, sebuah fitur yang sangat jarang ditemukan pada ponsel sekelasnya.

Hebatnya lagi, ponsel ini dapat merekam dpada resolusi Full HD (1920x1080 pixel). Tentunya, perekaman dengan framerate yang tinggi dibatasi hanya pada resolusi tertentu.
 

Performa & Baterai

Setelah terkesima dengan fitur perekaman videonya, kami pun kembali terkesima dengan performa ponsel 4G LTE terbaru Smartfren ini. Dalam pengujian yang kali lakukan dengan menggunakan software 3DMark dan PCMark, secara mengejutkan ponsel ini mampu menduduki posisi cukup tinggi pada daftar jajaran ponsel sekelasnya yang pernah kami uji sebelumnya.



Kemampuan Andromax R dapat Anda lihat pada grafik pengujian yang kami sajikan di atas. Pada grafik tersebut, terlihat bahwa beberapa produk pesaing ponsel ini yang memiliki kisaran banderol harga yang sama terlihat memiliki performa yang lebih rendah. Bahkan, dari grafik tersebut terlihat perbedaan performa yang cukup signifikan.

Penggunaan prosesor Snapdragon 410 tampaknya telah menjadi pilihan yang tepat bagi Smartfren, dan hal tersebut terbukti tidak hanya pada saat pengujian dengan menggunakan software benchmark, namun juga pada saat pengujian game.



Melihat hasil pengujian yang tergolong sangat baik tersebut, kami pun mencoba memainkan game XCOM: Enemy Within pada ponsel Andromax R. Hasilnya, game tersebut berjalan dengan mulus, meskipun di beberapa bagian sempat mengalami penurunan framerate yang cukup signifikan karena banyaknya poligon serta efek yang harus di-render ponsel ini.



Untuk baterai, perlu diakui bahwa Andromax R tergolong ponsel yang awet baterai. Hal tersebut terbukti dari hasil pengujian baterai menggunakan PCMark dan ponsel ini berhasil bertahan selama 6 jam 59 menit. Hasil tersebut tergolong sangat memuaskan jika dibandingkan dengan ponsel lain di kelasnya yang rata-rata hanya mampu bertahan selama empat hingga lima jam saja.
 

Kesimpulan

Smartfren Andromax R hadir dengan setumpuk kejutan yang di luar dugaan. Selain memiliki performa yang tergolong sangat bagus di kelasnya, ia juga dibanderol dengan harga yang masih terjangkau.

Meskipun ada beberapa kekurangan pada ponsel ini, berbagai kelebihan yang ditawarkannya (terutama pada sisi harganya) membuat kekurangan tersebut dapat ditoleransi. Selain itu, ponsel ini juga telah mendukung jaringan 4G LTE, meskipun Anda hanya dapat menggunakan jaringan data Smartfren.
 
 
  Andromax R
Prosesor Snapdragon 410 @1,2GHz Quad-core
RAM 1GB
OS Android 5.0 Lollipop
GPU Adreno 306
Memori Internal 8GB
Kamera Depan 8MP (dual flash), belakang 5MP (LED flash)
Baterai 2200 mAh
Layar 5-inci IPS HD (1280x720 pixel)
Konektivitas` Dual SIM
EVDO/4G - GSM
Harga Rp1.599.000
 

Smartfren Andromax R

 

8.5

  • +Gunakan pelindung Dragontrail
  • +Kualitas kamera bagus
  • +Perekaman video hingga 120fps
  • +Performa di atas rata-rata
  • -Penyimpanan kecil
  • -Layar kurang responsif



(ABE)