Tips Jadi Pekerja Lepas yang Sukses dari Freelancer

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 18 Aug 2015 13:32 WIB
freelancer
Tips Jadi Pekerja Lepas yang Sukses dari Freelancer
Halaman depan dari situs Freelancer.co.id.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada akhir April lalu, Freelancer menyebutkan bahwa jumlah pekerja lepas di Indonesia terus meningkat. Saat ini, jumlah pengguna Freelancer.co.id telah meningkat hingga 500.000 orang. Hal ini, kata mereka, menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menjadi semakin tertarik untuk menjadi pekerja lepas.

Helma Kusuma, Country Manager Freelancer di Indonesia menyebutkan bahwa satu hal yang paling sering ditanya para pengguna Freelancer adalah bagaimana cara efektif untuk memanfaatkan Freelancer.co.id.

"Pertanyaan tersebut tidak hanya sering ditanyakan oleh orang-orang yang baru hendak memulai menjadi pekerja lepas, tetapi juga oleh para pengguna awal kami," kata Helma.

Karena itulah, Freelancer lalu mengeluarkan beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Temukan bidang yang Anda sukai
Hal pertama yang Freelancer sarankan adalah menemukan bidang yang Anda sukai. Jika Anda sudah tahu bidang apa yang Anda sukai dan memiliki kemampuan di bidang tersebut, maka Anda dapat dengan segera memulai karir Anda di bidang tersebut. Tetapi jika Anda masih ragu mengenai bidang yang Anda sukai, Anda bisa mulai mencoba beberapa bidang yang mungkin Anda sukai untuk memastikan bahwa Anda memang benar-benar suka bekerja di bidang tersebut.

Jika Anda sudah tahu bidang yang Anda sukai tetapi belum memiliki kemampuan untuk bekerja di bidang tersebut, Anda dapat belajar mengenai bidang tersebut. Freelancer menyebutkan bahwa Anda dapat mengambil berbagai kelas online untuk belajar.

2. Gunakan marketplace freelance online
Setelah Anda tahu di bidang apa Anda ingin bekerja, Anda lalu dapat mencari proyek untuk Anda kerjakan via marketplace freelance online, misalnya Freelancer.co.id. Anda dapat marketplace lokal maupun global. Di Freelancer.co.id sendiri, setiap harinya, ada ribuan proyek baru. Untuk sekedar mendaftar, Anda dapat melakukannya dengan gratis, walau tentu saja ada keanggotaan premium dengan hak istimewa seperti jatah lelang lebih banyak setiap bulannya.

3. Buat profil yang kredibel
Di Freelancer.co.id sendiri, pada bagian profil, Anda dapat menunjukkan resume, portofolio dan keahlian. Anda dapat menunjukkan kredibilitas Anda sebagai pekerja melalui profil. Profil juga berfungsi sebagai alat untuk meyakinkan calon employer Anda bahwa Anda memang dapat mengerjakan proyek mereka.

4. Bangun reputasi Anda
Sama seperti pekerja biasa, sebagai pekerja lepas, reputasi Anda adalah hal yang sangat penting. Bagi Anda yang baru akan memulai karir sebagai pekerja lepas, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membangun reputasi Anda. Semakin bagus reputasi Anda, maka para employer akan semakin percaya pada Anda yang berarti Anda akan mendapatkan semakin banyak proyek.


5. Cari proyek yang sesuai dan mulai bekerja
Di Freelancer.co.id, terdapat lebih dari 850 kategori di halaman Pekerjaan. Karena itu, setelah Anda tahu bidang apa yang Anda sukai, Anda dapat mulai mencari proyek yang berhubungan dengan bidang yang Anda sukai tersebut. Setelah Anda menemukan proyek yang tepat, Anda dapat melamar pekerjaan tersebut. Selain pada halaman Pekerjaan, Anda juga dapat memeriksa halaman kontes, di mana Anda perlu untuk memasukkan karya Anda.

6. Tonjolkan diri Anda saat dalam proses bidding
Satu hal yang harus Anda perhatikan saat Anda sedang melamar sebuah proyek adalah membaca secara seksama deskripsi dari proyek tersebut. Karena tidak jarang, employer Anda menanyakan detail spesifik dari proyek yang hendak Anda kerjakan.

Mengingat employer harus mempertimbangkan puluhan atau bahkan ratusan pelamar, maka sebaiknya Anda melakukan bid dengan jelas dan singkat. Anda dapat menjelaskan jasa/produk apa yang Anda tawarkan, berapa biaya yang harus mereka bayar dan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut. Jika employer menghubungi Anda, sebaiknya Anda merespons secepat mungkin. Karena biasanya employer menentukan pekerja yang mendapat proyek 24 jam setelah mereka mengunggah proyek tersebut, maka saat Anda melamar sebuah proyek, sebaiknya Anda memastikan bahwa Anda dapat dihubungi.

Anda juga dapat memberikan contoh dari hasil kerja Anda dengan memberikan link dimana pekerjaan Anda dimuat. Pastikan bahwa contoh yang Anda berikan masih ada hubungannya dengan pekerjaan yang Anda lamar. Mengenai contoh, sebaiknya Anda memberikan contoh terbaik dari pekerjaan Anda, karena memberikan contoh adalah masalah kualitas dan bukannya kuantitas. Selain itu, pastikan harga yang Anda tawarkan kompetitif, terutama jika Anda adalah pengguna baru yang masih belum memiliki reputasi.

7. Saat Anda mendapat proyek, pastikan sistem pembayaran aman
Freelancer.co.id menawarkan milestone payment alias pembayaran tanda jadi untuk mengurangi terjadinya kecurangan. Milestone payment dibayarkan saat proyek sedang berjalan. Pihak employer dan pekerja dapat berdikskusi untuk menentukan berapa harga yang pantas untuk dijadikan milestone payment.

Dengan milestone payment ini, para pekerja dapat diyakinkan bahwa pihak employer memang bersedia membayar. Sebaliknya, employer dapat merasa tenang karena tidak harus membayar sepenuhnya di depan sebelum proyek mereka selesai.


(ABE)

Sharkoon M25-W, Keren Berkat Paduan Hitam-Putih
Review Casing

Sharkoon M25-W, Keren Berkat Paduan Hitam-Putih

1 week Ago

Produk casing berikutnya yang datang ke meja pengujian Metrotvnews.com adalah Sharkoon M25-W.…

BERITA LAINNYA
Video /