StealthChat, Aplikasi Messaging Terenkripsi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 04 Sep 2015 12:48 WIB
aplikasi
StealthChat, Aplikasi Messaging Terenkripsi
StealthChat akan secara otomatis melakukan enkripsi pada konten.

Metrotvnews.com: Ketua Desk Ketahanan dan Keamanan Informasi Cyber Nasional (DK2ICN) Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Marsda Agus Ruchyan Barnas merasa bahwa keberadaan Badan Cyber Nasional (BCN) saat ini sangat diperlukan. Sayangnya, meski pengkajian akan pembentukan BCN ini telah dilakukan sejak tahun 2013, tetapi hingga saat ini, masih ada ganjalan untuk membentuk BCN.

Sadar bahwa keamanan siber saat ini menjadi salah satu isu penting, maka Rockliffe Indonesia, cabang dari Rockliffe - sebuah perusahaan pengembang software komunikasi mobile - meluncurkan StealthChat, sebuah aplikasi messaging yang akan mengenkripsi setiap pesan dan panggilan VoIP yang dilakukan melalui aplikasi ini. 



Pada setiap percakapan dimulai, StealthChat akan membuat sepasang unique key yang digunakan untuk melakukan enkripsi terhadap pesan, panggilan telepon dan foto yang dikirim dan diterima antar perangkat mobile. Proses enkripsi ini dilakukan saat pengiriman pesan dikirimkan. Dengan begitu, diharapkan tidak ada pihak ketiga yang dapat "mencuri" pesan tersebut. Proses enkripsi ini juga digunakan pada panggilan VoIP.  

Selain itu, StealthChat juga dilengkapi dengan fitur "Burn". Seperti namanya, yang berarti membakar, fitur ini berfungsi untuk menghapus pesan atau foto yang dikirimkan. Pengguna dapat mengatur kapan konten yang mereka kirimkan dapat dihapus.

Pihak Rockliffe Indonesia menjelaskan bahwa salah satu hal yang membedakan StealthChat dengan aplikasi messaging lainnya adalah karena aplikasi ini tidak menyimpan data, baik berupa percakapan, gambar, panggilan hingga nomor telepon, ke dalam sebuah server, sehingga para hacker tidak dapat mencuri data dengan cara meretas server StealthChat.

Rockliffe menyebutkan bahwa mereka berharap dapat memberikan aplikasi messaging yang lebih aman dengan meluncurkan StealthChat. Aplikasi ini kini telah tersedia baik di App Store dan Play Store.


(ABE)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

6 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.