Cara Sederhana Mengatasi Laptop Kepanasan

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 09 Nov 2015 10:28 WIB
tips & trik
Cara Sederhana Mengatasi Laptop Kepanasan
Koin tembaga terbukti dapat menurunkan suhu laptop (Twitter/akinori_suzuki)

Metrotvnews.com: Panas merupakan salah satu masalah utama laptop. Hal tersebut timbul karena penggunaan dalam jangka waktu yang lama, serta digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game berat.

Tak heran bila kebanyakan laptop kelas atas memiliki sistem pendingin khusus untuk mendinginkan komponen di dalamnya. Namun bagaimana dengan laptop kelas menengah ke bawah?

Seorang pengguna Twitter asal Jepang berhasil menemukan solusi murah dan mudah untuk mendinginkan laptop dan melindunginya dari masalah kepanasan atau overheating, yaitu menempatkan jejeran koin 100 yen tepat di atas bagian laptop yang menghasilkan panas.

Menurut pengguna Twitter bernama akinori_suzuki tersebut, koin 100 yen yang terbuat dari tembaga terbukti dapat menghantarkan panas lebih baik ketimbang heatsink aluminium yang digunakan di banyak laptop kelas menengah ke bawah.
 
Tips dari akinori_suzuki pun langsung mendapat perhatian para netizen Jepang. Beberapa orang kemudian mencoba tips tersebut dan mengatakan bahwa mereka berhasil menurunkan suhu laptopnya. Tidak hanya itu, seorang pengguna Twitter bernama k_nitadori bahkan mencoba menggunakan koin 100 yen sebagai heatsink dari komponen PC-nya.
 
Lalu bagaimana dengan kita yang tinggal di Indonesia? Indonesia pun memiliki koin berbahan tembaga, namun sayangnya peredarannya sudah banyak yang dihentikan dan keberadaannya semakin langka. Meskipun demikian, Anda masih dapat menggunakan lempengan tembaga untuk mengganti koin tersebut. (Rocketnews24)


(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.