Komputer Ini Dapat Dimainkan 7 Orang Secara Bersamaan

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 04 Jan 2016 12:04 WIB
pc gaming
Komputer Ini Dapat Dimainkan 7 Orang Secara Bersamaan
PC buatan Linus mampu dimainkan oleh tujuh orang sekaligus

Metrotvnews.com: PC memang biasanya hanya bisa digunakan oleh satu orang saja. Namun, apakah itu berarti PC tidak bisa digunakan oleh dua orang atau lebih secara bersamaan?

Penggiat teknologi serta YouTuber Linus Sebastian mecoba untuk membuat sebuah PC yang dapat digunakan oleh banyak orang secara bersamaan. Tidak tanggung-tanggung, PC yang dibuat oleh Linus pun dapat digunakan oleh 7 orang sekaligus.



Membuat komputer dengan kemampuan tersebut memang tidak mudah dan tidak murah. Linus menggunakan berbagai komponen dan hardware kelas atas. PC tersebut ditenagai oleh bukan hanya satu, melainkan dua buah prosesor Intel Xeon E5 2697 v3 yang ditanamkan ke dalam motherboard ASUS Z10PE-D8 WS.

Linus juga menggunakan delapan keping RAM Kingston DDR4 ECC 32GB (total 256GB), dan delapan buah SSD Kingston KC400 1TB (total 8TB) dengan konfigurasi RAID 0.

Untuk kartu grafisnya, Linus memilih untuk menggunakan tujuh buah AMD R9 Nano yang dipasangi oleh sistem pendingin cair (liquid cooling). Sementara untuk sumber listriknya, Linus menggunakan power supply EVGA T2 berdaya 1600W.

Komputer tersebut dikatakan mampu digunakan bermain berbagai macam game oleh tujuh orang secara bersamaan. Linus juga sempat mengujinya dengan tujuh software benchmark Unigine Heaven yang dijalankan bersamaan, dan komputer ini mampu menghasilkan framerate sebesar 60-100fps.



Linus juga mengatakan bahwa banyak sekali kendala yang ia hadapi saat membuat PC ini, salah satunya adalah berbagai error yang ditampilkan karena rata-rata software tidak diciptakan untuk mendukung penggunaan tujuh kartu grafis. PC ini juga akan dipamerkan pada ajang Consumer Electronic Show 2016 yang akan dimulai pada tanggal 6 Januari besok di Las Vegas, Amerika Serikat. 

Jika Anda bertanya berapa harga PC ini, Anda mungkin akan sedikit kaget ketika mengetahui bahwa harga PC ini adalah USD30.000 atau sekitar Rp390 juta. Jadi Anda pilih mana, PC atau mobil?




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.