Menang Startuppedia ASEAN Challenge, Ahlijasa Dapat Investasi Rp672 Juta

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 24 Feb 2016 10:43 WIB
startup
Menang Startuppedia ASEAN Challenge, Ahlijasa Dapat Investasi Rp672 Juta
Saat pemberian hadiah pada Ahlijasa di FX Sudirman.

Metrotvnews.com, Jakarta: Fenox Venture Capital mengadakan sebuah kompetisi startup yang disebut Startuppedia ASEAN Challenge 2016. Kemarin, Selasa (23/2/2016), babak final dari kompetisi tersebut diadakan di FX Sudirman.

Kompetisi ini diikuti oleh 353 peserta dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan 5 startup berhasil masuk ke babak final.

Kelima startup tersebut adalah Porter, Ahlijasa, Klikdaily, Dokter Mana dan My A One. Porter adalah startup yang menyediakan jasa logistik on-demand, sementara Klikdaily bertujuan untuk membantu ibu rumah tangga untuk melakukan pembelian air galon dan gas melalui aplikasi. 

Ahlijasa adalah aplikasi yang berfungsi untuk memudahkan masyarakat mencari penyedia jasa cuci baju, perbaikan AC, dan jasa membersihkan rumah.

Dokter Mana adalah sebuah marketplace untuk penyedia layanan jasa kesehatan, dan My A One merupakan aplikasi asal Malaysia yang bertujuan untuk menghubungkan orang-orang yang hendak menjadi guru dan orang-orang yang hendak belajar.

Diantara kelima startup tersebut, Ahlijasa berhasil keluar menjadi juara. Mereka berhak membawa pulang hadiah uang dalam bentuk investasi sebesar USD50 ribu (Rp672,5 ratus juta). Selain modal, Fenox juga menawarkan bantuan berupa mentoring.

Kentaro Hashimoto, GnB Accelerator Program Manager, mengatakan bahwa alasan Ahlijasa berhasil keluar menjadi pemenang adalah karena presentasi dan bisnis model mereka adalah yang terbaik jika dibandingkan dengan keempat finalis lainnya.

Pihak Ahlijasa menjelaskan startup mereka sebagai "Uber untuk pekerjaan rumah". Ahlijasa memiliki aplikasi Android dengan 3 opsi layanan jasa yang diberikan yaitu laundry alias cuci baju, membersihkan rumah dan perbaikan AC.

Co-founder
dan CEO Ahlijasa Jay Jayawijayaningtiyas menjelaskan, alasan Ahlijasa memilih 3 pilihan layanan tersebut adalah karena ketiganya dianggap memiliki nilai market size yang cukup besar. 

Salah satu hal yang coba Ahlijasa tawarkan pada para konsumennya adalah standar harga dan kualitas jasa yang diberikan. Karena itulah, mereka hendak bekerja sama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk memberikan sertifikasi untuk pekerja mereka.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.