Instagram Hadirkan Stories, Mirip Snapchat

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 03 Aug 2016 10:43 WIB
instagram
Instagram Hadirkan Stories, Mirip Snapchat
Instagram memperkenalkan fitur baru, Stories, serupa Snapchat.

Metrotvnews.com: Instagram memperkenalkan fitur Stories, serupa fitur yang dimiliki oleh Snapchat. Fitur ini memungkinkan pengguna menciptakan video singkat berisi dokumentasi aktivitas harian yang akan menghilang dalam waktu 24 jam.

Pada blog resminya, Instagram menyebut fitur ini ditujukan untuk mengurangi kekhawatiran pengguna akan unggahan yang berlebihan. Fitur ini juga bertujuan untuk membantu pengguna membagikan dokumentasi sebanyak yang diinginkan dalam satu hari, sesuai dengan kreativitas mereka.

"Kini pengguna dapat menghadirkan kisah dalam hidup mereka melalui cara baru dengan teks dan alat gambar. Foto dan video yang diunggah akan menghilang setelah 24 jam dan tidak akan muncul pada grid di halaman profil ataupun feed pengguna," tambah Instagram.

Ada yang menyebut fitur ini serupa dengan media sosial yang popularitasnya sedang meningkat, yaitu Snapchat. Saat ini, Snapchat memiliki sekitar 150 juta pengguna harian, sementara Facebook menyebut Instagram memiliki 300 juta pengguna.

Kehadiran fitur ini juga dinilai sebagai langkah Instagram untuk lebih menarik perhatian pengiklan. Sebab Snapchat dilaporkan memperoleh keuntungan dengan menampilkan video berformat video singkat. Selain itu, Instagram juga memperkenalkan fitur menggambar, memungkinkan pengguna menciptakan karya seni virtual serupa Snapchat.

Facebook tengah mengembangkan augmented reality untuk jejaring sosial utamanya, serta untuk Instagram. Namun tidak hanya Facebook dan Instagram, Twitter juga memperkenalkan stiker dan fitur lainnya serupa dengan Snapchat.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.