Review Smartphone

Selfie Makin Keren Pakai Vivo V5 Plus

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 11 Feb 2017 21:15 WIB
vivoreview gadget
Selfie Makin Keren Pakai Vivo V5 Plus
Vivo V5 Plus.

Metrotvnews.com, Jakarta: Selfie memang telah menjadi fenomena global. Karena itu, tidak heran jika banyak vendor yang menawarkan produk dengan mengunggulkan kamera depannya. Vivo adalah salah satunya.

Tahun lalu, Vivo telah merilis Vivo V5 yang fitur unggulannya adalah kamera depan 20MP. Kemarin, Vivo meluncurkan smartphone selfie lain, yaitu V5 Plus. Kali ini, fitur unggulan V5 Plus adalah 2 kamera depan yang memungkinkannya untuk mengambil foto selfie dengan efek Bokeh.

Inilah ulasan lengkapnya. 

 

Desain

Satu hal yang paling menarik perhatian saya saat melihat Vivo V5 Plus adalah 2 kamera yang ada di bagian depan. Untuk smartphone dengan layar 5,5 inci, bezel di sisi kanan dan kirinya pun cukup tipis sehingga ia cukup nyaman untuk digenggam, bahkan dengan satu tangan.

Saya membandingkannya dengan smartphone lain berlayar 5,2 inci, dan ukuran V5 Plus dan smartphone tersebut memang tidak jauh berbeda. 

Vivo V5 Plus

Port charger V5 Plus -- belum menggunakan port USB Type-C -- terdapat di bagian tengah bawah. Ia diapit oleh port audio dan lubang speaker. Tombol power dan volume terletak di sebelah kanan smartphone, mudah untuk dijangkau dengan jempol.

Vivo V5 Plus memiliki bodi metal unibodi berwarna emas, membuat tampilnya cukup menawan. Saat ini, V5 Plus hanya tersedia dalam satu warna. Sekadar informasi, sebelum ini sebuah vendor smartphone juga sempat mengadakan survei dan menyebutkan warna emas adalah warna yang paling sering dicari oleh masyarakat Indonesia. 

Vivo V5 Plus

Satu hal yang Vivo tonjolkan dari desain V5 Plus adalah garis antenanya yang mengikuti bagian atas dan bawah smartphone. Vivo menyebutkan, hal ini ditujukan untuk memaksimalkan kekuatan sinyal ponsel. Namun, tidak bisa tidak, ia mengingatkan saya pada desain iPhone 7 buatan Apple.

Meskipun begitu, saat Anda melihat bagian depan ponsel, hilang sudah kesan iPhone. Selain karena adanya 2 kamera di bagian depan, tapi juga karena tombol Home V5 Plus masih berupa tombol fisik dengan bentuk lonjong dan bukannya bulat.

 

Software & Antarmuka

Pertama kali saya menggunakan smartphone buatan Vivo, Vivo V3, saya sedikit kagok saat menggunakannya karena ia memiliki antarmuka yang berbeda dari kebanyakan antarmuka Android. Dalam pembuatan Funtouch OS 3.0, terlihat jelas bahwa Vivo terinspirasi oleh iOS di iPhone. 

Misalnya, untuk mengakses shortcut untuk Settings -- seperti kecerahan layar, besar volume, WiFi, hingga WiFi Hotspot -- bisa dilakukan dengan melakukan swipe dari bawah layar ke atas. Sementara notifikasi ponsel masih dapat dilihat pada menu drop down.

Vivo V5 Plus

Seperti smartphone dengan layar yang cukup besar, Vivo melengkapi V5 Plus dengan operasi satu tangan. Namun, satu fitur yang menarik perhatian saya adalah fitur Smart Split. Pada dasarnya ia memungkinkan Anda untuk membalas notifikasi Facebook, WhatsApp dan SMS saat Anda mengakses YouTube. 

Saat mencoba fitur ini, saya mencoba untuk membalas pesan WhatsApp saat sedang menonton YouTube. Waktu pesan masuk, akan muncul lambang WhatsApp di sisi kanan layar, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah. Ketika saya tap ikon tersebut, aplikasi WhatsApp akan terbuka pada setengah bawah layar dan saya bisa mengetikkan pesan untuk menjawab tanpa harus keluar dari aplikasi YouTube.

Vivo V5 Plus

Fitur ini serupa dengan kemampuan multitasking yang ada di smartphone kelas premium dan kelas menengah seperti Samsung Galaxy S7 atau Coolpad F101 Soar. Sayangnya, Smart Split pada V5 Plus hanya memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi pengirim pesan atau media sosial saat membuka video. Meskipun begitu, saya merasa fitur ini cukup berguna. 

 

Kamera & Video

Tidak salah jika Vivo membanggakan 2 kamera depan V5 Plus. Hasil kamera depan smartphone ini memang bagus. Fitur Beautify dari V5 Plus juga cukup baik, ia dapat menghilangkan noda pada kulit dan membuat wajah terlihat lebih mulus. Untuk para pecinta selfie -- yang memang menjadi target konsumen Vivo dengan V5 Plus -- ini tentunya adalah sebuah kelebihan. 

Adanya 2 kamera pada V5 Plus berarti Anda dapat menggunakan foto selfie dengan efek Bokeh. Vivo bahkan melengkapi V5 Plus mode Bokeh, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengatur pengaturan kamera untuk dapat membuat latar belakang menjadi kabur. 

Vivo V5 Plus

Secara pribadi, saat mengambil selfie, saya juga ingin menampilkan latar belakang, untuk memamerkan tempat saya berada. Namun, memang ada kalanya saya ingin membuat latar belakang menjadi kabur. Saat mencoba fitur bokeh pada kamera depan V5 Plus, ia bekerja dengan baik, bahkan saat digunakan di malam hari. 

Vivo V5 Plus

Kamera V5 Plus akan mendeteksi wajah pengguna dan mengaburkan latar belakang. Meskipun begitu, sesekali, saat mengambil foto dengan fitur Bokeh di malam hari, saya melihat bagian pinggir rambut saya ikut menjadi blur. 

Meskipun fokus V5 Plus adalah pada kamera depan, kamera belakangnya pun menghasilkan foto yang cukup tajam, terutama ketika ia digunakan untuk mengambil foto di siang hari. Foto di tempat dengan cahaya remang-remang atau di malam hari pun cukup bagus, untuk smartphone di kelasnya.

Vivo V5 Plus

Ketika saya menggunakan kamera belakang V5 Plus untuk melakukan zoom sekalipun, gambar yang dihasilkan masih cukup baik. Saya sarankan untuk tidak menyalakan flash saat mengambil foto dengan kamera belakang.

Vivo V5 Plus

Vivo V5 Plus

Untuk video, V5 Plus sudah bisa digunakan untuk merekam video 4K. Namun, tampaknya Vivo tidak melengkapinya dengan stabilizer -- EIS (Electronic Image Stabilization) ataupun OIS (Optical Image Stabilization) -- sehingga saat saya mencoba untuk merekam video sambil berjalan, video yang dihasilkan sering terlihat bergoyang.

 

Performa & Baterai

Snapdragon 625 yang digunakan oleh Vivo untuk V5 Plus mungkin bukan prosesor teranyar dari Qualcomm. Meskipun begitu, dipadankan RAM 4GB, ia masih memberikan performa yang baik. Selama menggunakan V5 Plus, saya tidak menemui masalah saat membuka beberapa aplikasi dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Aplikasi-aplikasi yang digunakan sehari-hari -- seperti email, perekam suara, media sosial, peramban internet -- dapat berjalan dengan lancar tanpa ada masalah. Ketika saya menggunakan V5 Plus untuk memainkan game Asphalt 8: Airborne, ia dapat berjalan dengan lancar bahkan saat dimainkan dengan grafik High.

Untuk masalah baterai, V5 Plus cukup awet, meski masih kalah jika dibandingkan dengan ketahanan baterai beberapa pesaingnya. Anda bisa melihat perbandingan ketahanan baterai pada tabel di bawah ini. Untungnya, Vivo sudah melengkapi V5 Plus dengan fitur fast-charging. Ia dapat mengisi baterai dari 0 persen hingga penuh selama kurang dari 2 jam.

vivo v5 plus

Meskipun begitu, dari segi benchmark performa, V5 Plus masih mengalahkan Oppo F1 Plus. Seperti biasa, kami menggunakan 3D Mark dan PCMark untuk mengukur performa ponsel. Pada pengujian 3D Mark Unlimited, Vivo V5 Plus berhasil mendapatkan skor 13.672 sementara F1 Plus hanya mendapatkan skor sekitar 11 ribuan.

Sama halnya dengan skor PCMark, V5 Plus berhasil mendapatkan nilai 4556 sementara F1 Plus hanya 4134. Diuji dengan Slingshot, V5 Plus berhasil mendapatkan skor 830. Sementara nilai Google Octane V5 Plus adalah 4916 dan nilai tes Mozilla Kraken adalah 16.554 ms.

 

Kesimpulan

Vivo V5 Plus memang ditujukan untuk para pecinta selfie dengan gabungan kamera 20MP dan 8MP serta berbagai fitur. Meskipun tidak menggunakan jeroan paling canggih saat ini, performa yang ditawarkan oleh V5 Plus pun cukup baik.

Kamera belakangnya pun menghasilkan gambar yang cukup baik, terutama saat digunakan di tempat dengan cahaya yang cukup. Ia juga sudah mampu untuk mengambil video 4K. Sayangnya, Vivo tampaknya tidak melengkapi V5 Plus dengan fitur EIS dan OIS untuk menstabilkan hasil rekaman. V5 Plus juga tidak memiliki SD card, meski memori internalnya sudah cukup besar.
 
  Vivo V5 Plus
Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 @2GHz
RAM 4GB
OS Android 6.0 Marshmallow + Funtouch OS 3.0
GPU Adreno 506
Memori Internal 64GB
Kamera 16MP (belakang), 20MP + 8MP (depan)
Baterai 3.160 mAh
Layar 5,5 inci (1920 x 1080 pixel)
Harga Rp5.499.000
 

Vivo V5 Plus

 

8,5

  • Kamera yang bagus
  • Performa memuaskan
  • Adanya fitur multitasking
  • Desain menarik
  • Tidak adanya EIS/OIS
  • Tidak ada slot microSD



(MMI)

Video /