eFishery Hadirkan Solusi Pemberian Pakan Ikan Lebih Efisien

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 21 Jul 2017 18:18 WIB
teknologistartup
eFishery Hadirkan Solusi Pemberian Pakan Ikan Lebih Efisien
eFishery menawarkan solusi untuk efisiensi pemberian pakan ikan dengan memanfaatkan internet dan teknologi.

Metrotvnews.com: Manfaat yang dihadirkan oleh teknologi kini telah merambah ranah yang mungkin tidak terpikirkan oleh masyarakat, salah satunya adalah bidang bisnis budidaya perikanan.

Pada bidang ini, pemberian pakan ikan menjadi faktor pengonsumsi biaya operasional terbesar, sebesar 70 hingga 80 persen. Sehingga pemberian pakan menjadi salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan pebisnis budidaya ikan.

Pemberian pakan yang dilakukan petani ikan sebelumnya masih menggunakan cara manual, yang dinilai Gibran kurang optimal. Metode tersebut dinilai menyulitkan petani ikan untuk mengendalikan jumlah pakan yang ditebar, sehingga terkadang berlebih, mengotori air dan menyebabkan ikan mati.

Hal ini mendorong Gibran Huzaifah menciptakan perangkat bernama eFishery. Perangkat ini dihadirkan sebagai solusi untuk mengefisiensikan biaya operasional, dengan cara mengatur pemberian pakan secara otomatis dan lebih terukur.

“Kadang-kadang juga kita ga bisa mengontrol, jadi pakannya dicuri oleh penjaga atau orang lain, tidak ada metode yang tepat untuk benar-benar memastikan kalau biaya terbesar ini secara optimal kita masukan ke kolam,” ujar Gibran.

eFishery hadir dalam bentuk perangkat yang didukung oleh mesin pemberi makan, sensor, serta memanfaatkan konektivitas internet. Petani ikan dapat mengatur jadwal pemberian makan secara otomatis dengan eFishery, setelah mengatur jadwal melalui aplikasi mobile.

Perangkat tersebut juga diklaim dapat mendeteksi kondisi kolam, termasuk tingkat kekenyangan ikan. Hasil deteksi ini yang akan menjadi tolok ukur jumlah pemberian pakan ikan secara otomatis tersebut.

Data terkait kondisi kolam dan ikan yang telah terhimpun tersebut akan dianalisa untuk mengetahui pertumbuhan ikan dan efisiensi pakan, bersama dengan informasi lain terkait angka kematian ikan serta bobot ikan yang menjadi sampel data, yang diberikan oleh petani ikan.

Gibran berharap eFishery dapat memberikan keuntungan dan manfaat lebih besar kepada masyarakat secara luas dan pemilik bisnis budidaya ikan secara khusus, berkat kemampuan mengawasi kualitas dan efisiensi pakan yang diberikannya kepada ikan budidaya mereka.




(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.