Persaingan e-Commerce di Indonesia Kian Memanas

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 10 Aug 2017 13:06 WIB
e-commerce
Persaingan e-Commerce di Indonesia Kian Memanas
Penelitian iPrice Group menunjukan persaingan eCommerce di Indonesia kian memanas.

Metrotvnews.com, Jakarta: Persaingan di ranah e-commerce di Asia Tenggara semakin memanas setelah Amazon.com Inc meluncurkan layanan perdananya di Singapura. Layanan bertajuk Prime Now ini menawarkan layanan pengiriman barang dengan jangka waktu 2 jam.

Kehadiran Amazon di Singapura tersebut menjadi langkah awalnya dalam merambah negara lain di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Menurut laporan yang dirilis iPrice Group, perusahaan e-commerce di Indonesia mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan tersebut.

Pada bulan lalu, Garena, induk perusahaan Shopee, dilaporkan memperoleh pendanaan sebesar USD500 juta yang akan digunakan untuk memperluas cakupannya di Indonesia. Sementara itu, Alibaba juga dilaporkan akan menginvestasikan dana sebesar USD500 juta kepada marketplace Indonesia, yaitu Tokopedia.

Berdasarkan data yang dikumpulkan iPrice Group, Lazada masih menduduki peringkat teratas pada kategori jumlah pengunjung situs. Pada periode Januari April-Juni, rata-rata jumlah kunjungan di situs Lazada mencapai 58.333.000, lebih tinggi jika dibandingkan rata-rata jumlah kunjungan Tokopedia, sebesar 50.667.000.

Persiapan Lazada untuk menghadapi persaingan terlihat pada peningkatan kualitas situs dan layanan yang dilakukannya. Sementara itu Kissmetric menjelaskan, kecepatan menjadi salah satu hal yang diinginkan pelanggan dari situs e-commerce. Pada perbandingan yang dilakukannya, kecepatan situs Lazada mencapai 3,5 detik, Bukalapak mencapai 7,48 detik dan Tokopedia mencapai 7,49 detik.

Pada data  lima dari enam parameter yang dikumpulkan iPrice Group yaitu jumlah pengunjung, instalasi aplikasi, interaksi Twitter dan Facebook, serta jumlah pegawai, Tokopedia mendukungi posisi dua teratas. Hal ini dinilai menjadi pendorong utama investasi yang digulirkan Alibaba kepada Tokopedia.

Sementara itu, penelitian iPrice Group juga menampilkan Hijup sebagai e-commerce pemimpin di ranah media sosial Instagram, sedangkan Zalora mendominasi e-commerce di bidang fesyen. Namun, fesyen tidak lagi menjadi bidang e-commerce yang mendominasi peringkat 10 besar e-commerce di Instagram.


(MMI)

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan
Review Mouse Gaming

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan

2 days Ago

Roccat Kone AIMO digolongkan sebagai mouse gaming premium dengan fitur yang sangat pantas dimil…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.