Review Smartphone

Lenovo P2 Turbo, tak Perlu Khawatir Baterai Habis di Tengah Hari

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 27 Aug 2017 22:17 WIB
lenovoreview gadget
Lenovo P2 Turbo, tak Perlu Khawatir Baterai Habis di Tengah Hari
Lenovo P2 Turbo. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Baterai menjadi salah satu masalah utama vendor smartphone. Di satu sisi, pengguna terus menuntut smartphone yang baterainya bisa bertahan lama. Di sisi lain, jika tidak hati-hati, smartphone bisa jadi rentan terbakar. 

Pada pertengahan April lalu, Lenovo meluncurkan satu smartphone baru, P2 Turbo. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini mengunggulkan baterai yang dapat bertahan lama. Namun, hanya itukah kelebihannya? Berikut ulasannya.

 

Desain

Lenovo P2 Turbo memiliki desain yang ringkas, dengan sudut yang tegas, membuatnya terkesan tangguh. Pada awalnya, saya sedikit khawatir hal ini berarti bagian pinggir yang terasa tajam saat digenggam. Untungnya, kekhawatiran saya tidak terbukti. Selama menggunakan smartphone ini, lengkap beserta casing yang disediakan oleh Lenovo, P2 Turbo cukup nyaman untuk digunakan. 

Kamera belakang dari ponsel ini berbentuk bundar dengan ukuran yang cukup besar. Kamera yang terletak di bagian tengah atas ini juga tidak memiliki tonjolan, sehingga ponsel ini terlihat lebih mulus. Di bagian bawah kamera terdapat flash dan tulisan Lenovo di bagian bawah flash.

Lenovo P2 Turbo

Tombol volume dan power terdapat di sebelah kanan. Sementara di sebelah kiri, Anda akan menemukan satu tombol ekstra yang tidak akan Anda temukan pada ponsel lain. Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan fitur penghemat baterai. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot mencari mode penghemat baterai dalam menu pengaturan, Anda cukup menekan tombol ini ke atas.

Lenovo P2 Turbo

Tombol Home berupa tombol fisik berbentuk kotak yang ada di bagian bawah layar. Sementara port charger ada di bagian tengah bawah, diapit oleh lubang speaker

 

Software & Antarmuka

Ketika diluncurkan di Indonesia, P2 Turbo masih menggunakan Android Marshmallow. Ketika itu, Product Lead, Lenovo Indonesia, Anvid Erdian menjanjikan pembaruan Nougat untuk smartphone ini. Saat saya menggunakan ponsel ini, ia sudah menggunakan Android 7.0 Nougat. Kelebihan utama Android 7.0 adalah karena ia sudah mendukung fitur split-screen multitasking. Lenovo P2 Turbo sudah dapat menggunakan fitur ini.



Cara untuk menggunakan fitur multitasking ini pun cukup mudah. Saya cukup menekan tombol Recent Apps, dan menarik salah satu aplikasi ke bagian atas dan memilih aplikasi lain ke bagian bawah. Biasanya, saya menggunakan fitur ini untuk menonton video sambil menjelajah internet atau mengetik email



Salah satu fitur menarik yang Lenovo tanamkan pada P2 Turbo adalah Secure Zone. Pada dasarnya, fitur ini memungkinkan saya untuk membuat konfigurasi ponsel yang sama sekali baru. Jadi, saya bisa memasang aplikasi yang berbeda, menggunakan akun yang berbeda, menyimpan data yang sama sekali lain dari pengaturan default ponsel, yang disebut Open Zone. Menariknya, notifikasi yang muncul pada akun Secure Zone akan tetap muncul ketika saya menggunakan Open Zone. 

Terkait aplikasi yang sudah langsung terpasang pada smartphone, ada beberapa aplikasi yang langsung terpasang tapi tidak pernah saya gunakan, seperti McAfee, UC Browser, Evernote dan Babe. 

 

Kamera & Video

Dari segi spesifikasi, kamera belakang Lenovo P2 Turbo cukup baik. Lenovo melengkapi ponsel ini dengan sensor 13MP dan aperture f/2.0. Kamera dari P2 Turbo cukup baik saat digunakan untuk mengambil foto di tempat terang. Selain itu, phase-detection autofocus pada ponsel ini juga memungkinkannya untuk fokus dengan cepat. 

Sayangnya, ketika ponsel ini digunakan untuk mengambil foto di tempat yang cahayanya kurang terang, maka gambar yang dihasilkan akan menjadi kurang tajam. Sementara ketika cahaya terlalu terang, detail gambar akan hilang.

Lenovo juga sudah melengkapi P2 Turbo dengan mode Manual, memungkinkan Anda mengatur pengaturan kamera sendiri. Sayangnya, Anda tidak bisa melakukan pengaturan kamera seleluasa smartphone lain yang fokus pada fitur kamera, seperti, katakanlah ASUS Zenfone 3.

Inilah beberapa hasil foto dari Lenovo P2 Turbo.

Lenovo P2 Turbo











Kami juga menggunakan P2 Turbo untuk mengambil foto menggunakan light box. Hasilnya, gambar terlihat tajam, meski warna foto terlihat kurang terang. Jika Anda bisa dan mau untuk mengedit foto, membuat warna terlihat lebih cerah dan lebih kontras. 


 

Performa& Baterai

Dengan Qualcomm Snapdragon 625 dan RAM 4GB, Lenovo P2 Turbo sudah cukup mumpuni untuk digunakan mengerjakan tugas sehari-hari. Selain itu, ponsel ini juga sudah cukup tangguh untuk digunakan bermain game seperti Asphalt 8: Airborne. 

Satu hal yang paling saya sukai dari smartphone ini tentunya baterainya yang awet. Saya bisa menggunakan smartphone ini dari pagi hingga malem dan baterai masih akan bersisa. Selain itu, smartphone ini juga tidak memerlukan waktu yang terlalu lama untuk mengisi baterainya. Baterai berdaya 5.100 mAh dari ponsel ini dapat diisi penuh dalam waktu sekitar 2 jam. 

Tombol untuk menghemat daya memudahkan saya untuk mengaktifkan fitur itu. Ketika fitur penghemat daya aktif, meski baterai hanya tersisa di bawah 10 persen, ponsel bisa tetap menyala hingga beberapa jam, tapi fitur yang aktif hanyalah SMS dan telepon. 

Dari hasil benchmark, jika dibandingkan dengan pesaingnya, performa Lenovo P2 Turbo tidak kalah jauh, dengan Xiaomi Mi 6 sebagai pengecualian. Namun, smartphone Xiaomi itu tidak tersedia di Indonesia secara resmi. Sementara Nubia M2 lebih unggul dari segi banyaknya fitur kamera. Tapi, dari segi baterai, Lenovo P2 Turbo jauh lebih unggul dari para pesaingnya. 






Kesimpulan

Menggunakan Lenovo P2 Turbo artinya Anda tidak perlu khawatir ponsel Anda mendadak mati. Ponsel ini cocok bagi Anda yang sering menggunakan ponselnya dan enggan untuk membawa power bank. Performanya pun sudah cukup mumpuni untuk smartphone di kelasnya. Selain itu, software yang diberikan oleh Lenovo sudah cukup up-to-date

Satu kelemahan dari ponsel ini adalah kameranya yang hasil gambarnya jadi kurang tajam begitu digunakan di tempat dengan cahaya yang remang-remang. 
 
  Lenovo P2 Turbo
Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 @2.00 GHz
RAM 4GB
OS Android 7.1.1
GPU Adreno 506
Memori Internal 32GB
Kamera 13MP (belakang) 5MP (depan)
Dimensi 153 x 76 x 8.3 mm
Bobot 177 gram
Baterai 5.100 mAh
Layar 5,5 inci 1920 x 1080 pixel
Harga Rp4.499.000
 

Lenovo P2 Turbo

 

8,3

  • Baterai awet
  • Performa yang baik
  • Kamera yang tidak terlalu bagus



(MMI)

Video /