Review Smartphone

Haier Leisure L7, Ikut Bersaing di Kelas Terjangkau

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 04 Oct 2017 01:10 WIB
review gadgethaier
Haier Leisure L7,  Ikut Bersaing di Kelas Terjangkau
Haier Leisure L7

Metrotvnews.com, Jakarta: Haier dikenal sebagai produsen yang menghadirkan produk elektronik seperti televisi. Mereka juga memproduksi smartphone, dan selama ini hadir di pasar Indonesia dengan menggandeng operator Smartfren. 

Ingin memperluas pasar, Haier meluncurkan satu smartphone terbaru yang tidak terikat dengan pihak lain. Haier Leisure L7 hadir untuk konsumen Tanah Air dengan harga Rp2.099.000. Berikut ulasan lengkapnya.


 

Desain

Desain Leisure L7 menyerupai desain kebanyakan smartphone. Di satu sisi, hal ini bagus karena membuatnya mudah diterima konsumen. Di sisi lain, brand ini jadi tidak memiliki ciri khas. Desainnya sangat mirip dengan desain Xiaomi Redmi Note 4.



Pada sisi bagian atas terdapat lubang audio jack, lalu pada kanan terdapat tombol daya dan volume. Dedangkan sisi kiri tersedia slot kartu SIM yang mendukung penggunaan dua kartu SIM 4G sekaligus slot kartu memori MicroSD yang mengusung konsep hybrid.

Di bagian bawah Anda akan melihat lubang grill speaker dan lubang USB-C. Ya smartphone ini sudah mengusung USB-C yang memang mendukung fitur quick charging.

Pada bagian wajahnya tampak layar berukuran 5,5 inci dengan teknologi IPS Full HD yang berada di bawah kamera depan. Persis di bagian bawah layar tersedia 3 tombol kapasitif yang lumrah Anda jumpai pada smartphone lain. Berbalik ke bagian punggungnya terlihat jelas sebuah kamera dengan LED Flash dan pemindai sidik jari yang tersusun secara vertikal, lagi, mirip desain Xiaomi Note 4.



Smartphone ini dibungkus dengan bodi metal. Namun, ketika menggenggamnya sangat terasa bahwa smartphone ini mudah tergelincir dari tangan. Masalah ini bisa ditutupi dengan casing jelly yang telah tersedia dalam paket penjualan. Leisure L7 cukup nyaman di genggaman, dan ukurannya sangat sesuai dengan tangan rata-rata orang Indonesia. Ketebalannya terbilang sedang dan bobotnya ringan.



Antarmuka dan Software

Haier jelas tidak mau membuat impresi buruk saat konsumen pertama kali menggunakan smartphone ini, sebab Leisure L7 sudah mengadopsi sistem operasi Android 7.1 Nougat. Untuk antarmukanya, mereka memilih menggunakan antarmuka bawaan dari Android versi tersebut tanpa membuat banyak perubahan.



Di satu sisi ini bagus, sehingga antarmuka ringan tidak memakan RAM saat digunakan tetapi juga sangat terasa membosankan. Satu hal yang patut disyukuri juga bahwa smartphone ini tidak dijejali dengan banyak aplikasi bawaan alias bloatware yang terkadang tidak bisa dihapus dari memori smartphone.

 

Kamera & Video

Untuk kameranya, Haier Leisure L7 dibekali kamera belakang beresolusi 13MP dan kamera depan 5MP yang keduanya didukung oleh LED flash. Resolusi ini pun sudah cukup memuaskan dari angkanya, tapi harus dilihat lagi hasilnya.

Kamera belakang perangkat kualitasnya boleh dibilang cukup. Dalam kondisi pencahayaan yang cukup baik di dalam dan di luar ruangan mampu menghasilkan kualitas foto yang jelas tetapi tidak tajam. Kualitas fotonya akan jelas terlihat tidak tajam jika foto tersebut diperbesar sedikit. Warnanya pun kurang keluar alias kuat, seakan dipukul rata sehingga sulit menghasilkan foto yang tajam dengan warna yang sangat akurat.



Pada kondisi malam hari dengan kondisi pencahayaan yang cukup, Anda juga akan mendapatkan kualitas foto yang sama, tapi jangan coba memfoto dengan kondisi minim cahaya. Penggunaan flash akan cukup membantu. Sayangnya, jika dipergunakan dalam kondisi benar-benar minim cahaya, maka wajah Anda bisa sangat silau pada hasil foto.







Hal tadi juga berlaku untuk kamera depannya. Dengan resolusi 5MP, sebetulnya Haier Leisure L7 mampu menghasilkan foto yang jelas. Kembali lagi, foto ini tidak tajam saat diperbesar, dan warnanya kurang kuat meskipun dengan kondisi pencahayaan yang cukup. 



Kamera Haier Leisure L7 dilengkapi dengan beberapa mode yang mendukung pengambilan foto agar lebih baik dan artistik. Kekurangannya, sekali mereka tidak menyematkan fitur pro atau manual.


 

Performa & Baterai

Sebagai pendatang baru, Haier Leisure L7 sangat pintar beradaptasi dengan selera konsumen Indonesia saat ini. Perangkat ini menggunakan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 430 dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Kombinasi tersebut sudah sangat pas untuk kebutuhan mnimal saat ini, dan kombinasi ini juga cukup populer digunakan oleh smartphone lain.

Pada tabel di bawah ini, ada perbandingan Haier Leisure L7 dengan smartphone lain yang sejenis di kelasnya. Grafik menunjukkan bahwa perangkat ini memliki performa yang cukup baik.



Dalam penggunaan sehari-hari, saya tidak menemukan masalah. Untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus dan memainkan game Asphalt 8: Ariborne tidak tersendat sama sekali. Smartphone hanya terasa cukup hangat saat Anda memainkan game tersebut dalam kurun waktu nonstop selama 15 menit.

Untuk daya tahan baterai, dalam pengujian menggunakan aplikasi PCMark diperoleh daya tahan selama 5 jam 29 menit dengan kapasitas baterai sebesar 3.000 mAh. Kapasitas baterai tersebut tidak tergolong besar maupun kecil, dan daya tahan hingga 5 jam terbilang umum.

Beruntung, smartphone ini sudah mendukung qucik charging. Dalam pengisian dengan kondisi smartphone menyala tetapi tidak dipergunakan, Haier Leisure L7 mampu mendapatkan pengisian baterai sekitar 40 persen dalam kurun waktu 30 menit.




Kesimpulan
Haier Leisure L7 mampu beradaptasi dengan menawarkan kemampuan serta beberapa fitur yang cukup populer di konsumen Indonesia. Smartphone ini layak digolongkan ke dalam smartphone segmen menengah ke bawah yang menawarkan fitur terkini, seperti pemindai sidik jari, RAM 3GB, dan USB-C.

Fitur lain seperti quick charging, pemindai sidik jari, dan audio yang didukung teknologi DTS membuat smartphone ini tidak bisa dibilang murahan. Sebabnya fitur tersebut sebetulnya hanya ada di smartphone segmen menengah ke atas.

Smartphone bukannya tidak memiliki kekurangan. Haier Leisure L7 kurang mampu memperlihatkan kelebihannya dari segi performa, termasuk kapasitas baterai yang kurang besar dan daya tahan standar serta hasil foto dan kemampuan kamera. Aspek terakhir yang paling penting adalah pentingnya ciri khas yang membuat smartphone ini layak dibeli konsumen.

 
  Haier Leisure L7
Prosesor Qualcomm Snapdragon 430 64-bit octa-core
RAM 3GB
OS Android 7.1 Nougat
GPU Adreno 505
Memori Internal 32GB
Kamera Depan 5MP, Belakang 13MP
Baterai 3.000 mAh
Layar 5,5 inci Full HD
Harga Rp2.099.000
 

Haier Leisure L7

 

7,8

  • Ada pemindai sidik jari
  • Performa memadai
  • Paket penjualan lengkap
  • Audio didukung teknologi DTS
  • Desain tidak memiliki ciri khas
  • Kamera kurang memuaskan 
  • Kapasitas baterai kurang besar



(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /