Review Smartphone

Lenovo K6 Note, Jago VR di Kelas Rp2 Juta

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 05 Oct 2017 23:05 WIB
lenovoreview gadget
Lenovo K6 Note, Jago VR di Kelas Rp2 Juta
Lenovo K6 Note. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lenovo merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup ternama. Perusahaan asal Tiongkok itu menawarkan smartphone di berbagai lini. Masing-masng lini biasanya memiliki kelebihan sendiri.

Pada peluncuran K6 Note pada akhir bulan Mei lalu, Adrie Suhadi, Country Lead, Lenovo Mobile Business Group, Indonesia menyebutkan bahwa seri K Note merupakan salah satu produk terlaris di Indonesia. Sama seperti pendahulunya, Lenovo membanggakan fitur Theatermax dari smartphone K6 Note. Selain itu, smartphone ini juga sudah mendukung Ant VR, headset virtual reality buatan Lenovo.

Beginilah ulasan lengkap dari Lenovo K6 Note. 

 

Desain

Dari segi desain, Lenovo K6 Note terlihat tidak jauh berbeda dengan K6 Power, yang juga ada di rentang harga Rp2 juta. Hanya saja, K6 Note memiliki layar yang lebih besar, yaitu 5,5 inci daripada K6 Power yang hanya memiliki besar layar 5 inci. 

Setelah terbiasa menggunakan smartphone dengan layar 5 inci atau 5,2 inci, saya merasa agak kikuk ketika menggunakan K6 Note. Jika menggunakannya dengan satu tangan dalam waktu lama, tangan saya menjadi pegal. Namun, masalah ini tidak ditemui oleh orang-orang yang memiliki tangan lebih besar. 

Sama seperti smartphone lain buatan Lenovo, K6 Note memiliki tombol volume dan power di sebelah kanan. Ponsel ini tidak punya tombol Home fisik. Sebagai gantinya, ia memiliki tombol kapasitif di bagian tengah, diapit oleh tombol Back dan Recent Apps. Di bagian bawah ponsel, Anda akan menemukan port charger dan juga lubang speaker di sebelah kiri dan kanannya. 



Port audio akan Anda temukan di bagian atas. Untuk masalah kamera, Lenovo K6 Note memiliki kamera belakang yang cukup besar di bagian tengah. Di bawahnya, terdapat flash serta sensor sidik jari yang juga berbentuk bulat. Posisi sensor cukup pas sehingga saya bisa meletakkan jari telunjuk tangan kiri atau kanan ketika saya menggenggam ponsel ini. 



 

Software & Antarmuka

Tidak ada yang istimewa dari antarmuka Lenovo K6 Note. Kabar baiknya, smartphone ini sudah dilengkapi dengan Android Nougat. Google memang telah meluncurkan versi terbaru Android, Oreo, pada bulan Agustus lalu. Namun, saat ini, masih belum banyak smartphone yang telah menggunakan sistem operasi terbaru dari Google itu.

Faktanya, bahkan smartphone premium sekalipun masih menggunakan Nougat. Bahkan Moto Z2 Play pun masih menggunakan Android 7.1.1 Nougat. Dengan adanya Nougat, Anda sudah bisa menggunakan fitur multitasking pada K6 Note. 



Sama seperti Lenovo P2 Turbo, Lenovo melengkapi K6 Note dengan fitur Secure Zone. Fungsinya? Anda bisa membuat konfigurasi ponsel yang sama sekali baru. Tidak hanya Anda dapat menggunakan dua akun dari aplikasi media sosial dan messaging seperti Facebook dan WhatsApp, Anda juga bisa mengubah pengaturan ponsel menjadi sama sekali berbeda, termasuk wallpaper.

Data yang ada pada Secure Zone pun terpisah dari Open Zone (pengaturan default ponsel). Untungnya, ketika ada notifikasi baru pada aplikasi di Secure Zone, Anda akan tetap bisa mendapatkannya ketika Anda menggunakan Open Zone. 

 

Kamera & Video

Untuk masalah kamera, Lenovo melengkapi K6 Note dengan kamera belakang 16MP dan kamera depan 8MP. Kamera belakang dari ponsel ini menghasilkan gambar yang cukup tajam ketika digunakan untuk mengambil gambar di tempat yang terang, baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Gambar yang diambil dengan zoom pun masih cukup tajam, asalkan tidak dimaksimalkan. 





Sayangnya, ketika digunakan untuk mengambil foto di malam hari atau di tempat remang-remang, kualitas foto menjadi kurang baik, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini. 



Dengan kamera depan 8MP, Lenovo K6 Note sudah dapat menghasilkan foto selfie yang bagus. Memang, ponsel ini tidak dilengkapi dengan fitur seperti mengambil foto selfie dengan efek Bokeh atau wide angle, tapi secara keseluruhan, foto selfie dengan K6 Note terlihat cukup baik.





 

Performa & Baterai

Dengan Snapdragon 435 dan RAM 4GB, Lenovo K6 Note sudah cukup untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti membuka email dan menjelajah internet. Layar 5,5 incinya sudah memiliki resolusi Full HD, membuat pengalaman menonton video menjadi terasa menyenangkan karena layar yang relatif besar dan resolusi tinggi. Lenovo juga sudah melengkapi K6 Note dengan speaker Dolby Atmos, yang memang ditujukan untuk meningkatkan pengalaman menonton video.

Selain untuk menonton video, K6 Note juga sudah mumpuni untuk digunakan bermain game seperti Asphalt 8: Airborne. Untuk masalah produktivitas, Lenovo sudah menggunakan Android Nougat pada K6 Note. Itu artinya, saya sudah bisa membuka lebih dari dua aplikasi sekaligus. Membuka dua aplikasi sekaligus terbukti tidak bermasalah untuk ponsel buatan Lenovo yang satu ini. 

Sensor pemindai sidik jarinya dapat bekerja dengan baik. Setidaknya pada awal penggunaan. Setelah menggunakan ponsel ini selama kurang lebih dua minggu, saya merasa sensor sidik jari pada ponsel ini menjadi terasa kurang responsif. Begitu juga dengan performa keseluruhannya.



Seperti biasa, kami menggunakan 3DMark dan PCMark untuk melakukan benchmark. Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, secara teori performa K6 Note tidak kalah dari para pesaingnya, seperti Xiaomi Redmi Note 4, LG K10 (2017) dan ASUS Zenfone 4 Max Pro. Masing-masing ponsel ini memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. 

Untuk perbandingan baterai, Anda bisa melihatnya pada gambar di bawah. Meski Lenovo K6 Note terlihat kalah, tapi baterainya dapat bertahan hampir 11 jam. Bagi saya, itu sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari. 



Satu kelebihan dari K6 Note dari pesaingnya adalah karena ia sudah kompatibel dengan AntVR, headset VR mobile buatan Lenovo. Namun, Anda harus membeli headset tersebut secara terpisah. Untungnya, harga headset itu lebih terjangkau dibandingkan dengan Gear VR dari Samsung. Tapi itu berarti, pengalaman yang ditawarkan pun tidak sebaik headset VR buatan Samsung itu. 

Kesimpulan

Dengan harga Rp2 juta-an, Lenovo K6 Note menawarkan performa yang cukup baik. Layarnya besar dengan resolusi tinggi, membuatnya enak untuk digunakan menonton. Selain itu, ia juga sudah cukup mumpuni untuk bermain game. 

Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur sidik jari dan sudah menggunakan Nougat. Kelebihan lainnya adalah karena ia kompatibel dengan AntVR, yang terbilang unik, mengingat tidak ada pesaingnya yang menawarkan kompatibilitas dengan headset VR sebagai kelebihannya.

Smartphone ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba VR mobile dengan harga yang relatif terjangkau. 
 
  Lenovo K6 Note
Prosesor Qualcomm Snapdragon 435 
RAM 4GB
OS Android 7.0 Nougat
GPU Adreno 505
Memori Internal 32GB
Kamera 16MP (belakang) 8MP (depan)
Dimensi 151 x 76 x 8.4 mm
Bobot 169 gram
Baterai 4.000 mAh
Layar 5,5 inci (1920 x 1080 pixel)
Harga Rp2.799.000
 

Lenovo K6 Note

 

7,8

  • Layar tajam, speaker baik
  • Mendukung Ant VR
  • Sudah menggunakan Android Nougat
  • Kamera yang tidak terlalu bagus
  • Performa bisa lebih baik



(MMI)

Video /