Review Smartphone

ASUS ZenFone 4 Selfie Pro, Bukan Cuma Soal Selfie

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 25 Oct 2017 22:21 WIB
asusreview gadgetzenfone 4
ASUS ZenFone 4 Selfie Pro, Bukan Cuma Soal Selfie
ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada pertengahan bulan Agustus lalu, bertepatan dengan HUT RI ke-72, ASUS meluncurkan 6 ponsel baru, yaitu jajaran ZenFone 4. Perusahaan asal Taiwan itu tidak memboyong keenam ponsel barunya langsung ke Indonesia. 

Pertama, ASUS membawa ZenFone 4 Max dan 4 Max Pro pada awal September lalu. Hari ini, ASUS membawa ZenFone 4 Selfie dan Selfie Pro untuk pecinta swafoto di Indonesia. Siap bersaing dengan Oppo dan Vivo, ASUS mengusung dua kamera depan pada Zenfone 4 Selfie Pro. Namun, apa hanya fitur dua kamera depan yang ASUS andalkan dari smartphone ini? Simak ulasannya. 

 

Desain

Kesan pertama yang saya dapatkan ketika melihat Zenfone 4 Selfie Pro adalah bodinya yang ramping. Meskipun ASUS tidak mengklaimnya sebagai smartphone tertipis, tapi ZenFone 4 Selfie Pro cukup tipis sehingga menarik perhatian saya. Dikombinasikan dengan warna merah, warna yang jarang ditemukan pada smartphone, maka Zenfone 4 Selfie Pro ini cukup menarik mata.

ASUS meletakkan kamera belakang -- yang berbentuk kotak -- berdampingan dengan flash di bagian tengah belakang ponsel. Meski hanya perubahan kecil pada desain, hal ini cukup untuk membuat Selfie Pro memberikan kesan berbeda jika dibandingkan dengan smartphone kebanyakan yang ada saat ini -- yang biasanya meletakkan kamera belakang di sebelah kiri atas. 



Untuk masalah muka ponsel, penggemar ASUS tampaknya harus menunggu sebelum perusahaan Taiwan itu meluncurkan ponsel dengan bezel tipis. Memang, rangka Selfie Pro pada sisi kanan dan kiri tidak tebal, tapi ponsel ini masih memiliki bezel yang cukup tebal di bagian atas dan bawah. Di bagian atas, Anda akan menemukan dua kamera depan di sebelah kanan dan flash di sebelah kiri. 



Keberadaan bezel di bagian bawah tidak ASUS sia-siakan. Mereka menanamkan tombol Home di bagian tengah bawah. Tombol Home ini juga merangkap sebagai sensor sidik jari. Di sisi kanan dan kiri tombol ini, Anda akan menemukan tombol kapasitif untuk Recent Apps dan Back. Tombol Power ada di sebelah kanan, di bawah tombol volume. Audio jack, port charger dan lubang speaker akan Anda temukan di bagian bawah. 

 

Software & Antarmuka

ASUS menggunakan Android 7.1.1 Nougat pada ZenFone 4 Selfie Pro. Sistem operasi itu kemudian dilapisi menggunakan ZenUI 4.0, yang masih menggunakan app drawer. 

Satu hal yang menarik dari antarmuka buatan ASUS ini adalah kemampuan untuk melakukan kustomisasi. Tidak saja Anda dimudahkan untuk mengubah wallpaper dan theme, Anda juga bisa mengubah ukuran tile aplikasi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur allignment dari aplikasi-aplikasi tersebut beserta mengubah ukuran dari font



Selain dua kamera ganda, ASUS juga melengkapi ZenFone 4 Selfie Pro dengan aplikasi yang disebut Selfie Master. Satu fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah fitur BeautyLive. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengaktifkan fitur Beautification, bahkan ketika Anda tengah menyiarkan video langsung. Ada 3 platform yang telah didukung oleh aplikasi ini, yaitu Facebook, Instagram, dan YouTube.

Satu fitur lain yang menarik dari aplikasi Selfie Master adalah Collage, yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa gambar ke dalam sebuah kolase. Memang, opsi yang tersedia tidak sebanyak aplikasi kolase foto mandiri, tapi fitur ini memudahkan Anda menggabungkan beberapa foto ke dalam satu gambar. 



ASUS juga melengkapi ZenFone 4 Selfie Pro dengan fitur untuk mengunduh halaman situs. Di sini, Anda juga bisa melihat pratinjau dari halaman tersebut. Setelah itu, Anda bisa menandai bagian penting dengan memberikan highlight



Dalam acara peluncuran ZenFone 4 Selfie dan Selfie Pro, Galip Fu, Country Marketing Manager ASUS Indonesia menjanjikan update Android Oreo untuk semua jajaran ZenFone 4 pada semester pertama tahun depan. Selain itu, dia juga menyebukan bahwa jajaran ZenFone 3 juga akan mendapatkan update ke Oreo. Ini menunjukkan keseriusan ASUS untuk terus memberikan update pada smartphone buatannya. Bagi saya, ini merupakan nilai lebih tersendiri. 

 

Kamera & Video

ASUS melengkapi Zenfone 4 Selfie Pro dengan dua kamera depan. Salah satu lensanya merupakan lensa wide-angle 120 derajat yang memungkinkan Anda mengambil foto dengan sudut lebar. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengambil foto grup selfie atau wefie tanpa bantuan tongsis. 

Biasanya, ketika vendor smartphone menawarkan dua kamera depan, kamera kedua berfungsi untuk menciptakan efek "Bokeh" -- efek yang membuat latar belakang yang mengabur -- atau lensa wide-angle. Namun, ASUS memutuskan untuk melengkapi Selfie Pro dengan lensa wide-angle dan juga kemampuan untuk mengambil foto dengan efek Bokeh, yang disebut dengan fitur Portrait. 

Di bawah ini adalah contoh gambar yang diambil dengan kamera depan ZenFone 4 Selfie Pro.

Ini adalah foto selfie biasa.



Foto selfie dengan efek Bokeh.



Foto selfie dengan wide-angle.



ASUS mengklaim ZenFone 4 Selfie Pro merupakan salah satu smartphone yang dapat menghasilkan foto selfie di tempat redup yang paling baik. Di bawah ini beberapa contohnya. Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah, ketika keadaan sangat gelap, foto masih menghasilkan noise atau derau yang cukup banyak. 





Meski fokus ZenFone 4 Selfie Pro adalah pada kamera depan, kamera belakang dari ponsel ini juga tidak buruk. Ponsel ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 16MP. Mode kamera yang ada pun cukup menarik. Selain mode profesional, ASUS juga menyediakan Slow Motion, GIF Animation dan Time Lapse. 

Sama seperti ZenFone 3, mode Pro pada ZenFone 4 Selfie Pro sudah mendukung shutter speed hingga 32 detik. Dengan bantuan tripod, Anda bisa menggunakan ponsel ini untuk mengambil foto light painting

Inilah beberapa hasil foto menggunakan kamera belakang ZenFone 4 Selfie Pro. 









Satu hal menarik dari ASUS ZenFone 4 Selfie Pro yang tidak dimiliki oleh pesaingnya adalah kemampuan untuk merekam video 4K, baik menggunakan kamera depan ataupun kamera belakang. 

 

Performa & Baterai

Dengan Qualcomm Snapdragon 625 dan RAM 4GB, ZenFone 4 Selfie Pro masuk ke dalam rentang smartphone kelas menengah. Performanya cukup mumpuni di kelasnya.

Selama menggunakan smartphone ini, saya tidak pernah mengalami masalah berarti ketika melakukan tugas sehari-hari seperti menjelajah internet, menonton video atau membalas emailSmartphone ini pun sudah cukup tangguh untuk digunakan bermain game seperti Asphalt 8: Airborne. Dengan Nougat, Zenfone 4 Selfie Pro sudah bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dengan lancar tanpa masalah.

Ketika diuji secara sintetis, seperti yang bisa lihat pada grafik di bawah, ZenFone 4 Selfie Pro bisa menang cukup telak dari Oppo F3 meski hasil benchmark Selfie Pro tidak jauh berbeda dari Vivo V5 Plus



Sayangnya, dari segi baterai, ASUS ZenFone 4 Selfie Pro memang masih kalah dari kedua pesaingnya. Namun, itu bukan berarti daya tahan baterai ponsel ini sangat buruk. Dengan pemakaian normal, smartphone ini bisa bertahan hingga jam pulang kantor. 


 

Kesimpulan

Spesifikasi yang ditawarkan oleh ASUS ZenFone 4 Selfie Pro cukup mumpuni jika dibandingkan dengan pesaingnya. Ketika digunakan pun, performa ponsel ini tidak mengecewakan. Anda bisa bereksperimen dalam mengambil swafoto menggunakan dua kamera depannya, baik untuk mengambil selfie dengan efek bokeh atau mengambil grup selfie tanpa tongsis. 

Kamera belakangnya pun cukup mumpuni, terutama jika Anda mengerti cara memanfaatkan mode profesional. Baterainya memang kurang awet jika dibandingkan dengan pesaing, tapi ia cukup untuk bertahan seharian ketika digunakan secara wajar. 

ZenFone 4 Selfie Pro memiliki beberapa fitur unik yang tidak dimiliki oleh pesaingnya, seperti merekam video 4K. Selain itu, ASUS juga menjanjikan update Oreo untuk jajaran ZenFone 4. 
 
  ASUS Zenfone 4 Selfie Pro
Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 @2GHz
RAM 4GB
OS Android 7.1.1 Nougat + ZenUI 4.0
GPU Adreno 506
Memori Internal 64GB
Kamera 16MP (belakang), 12MP+8MP (depan)
Baterai 3.000 mAh
Layar 5,5 inci (1920 x 1080 pixel)
Harga Rp4.999.000
 

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro

 

8,6

  • Bodi tipis dan menarik
  • Performa memuaskan
  • Menggunakan Nougat, dijanjikan Oreo 
  • Bisa merekam video 4K
  • Baterai kurang awet
  • Masih menggunakan USB type-A



(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

10 hours Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /