Review Notebook

HP 14-BW017AU, untuk Pemula yang Doyan Main Game

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 29 Sep 2017 23:16 WIB
hpreview laptop
HP 14-BW017AU, untuk Pemula yang Doyan Main Game
Tampilan dari HP 14-BW017AU. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sama seperti smartphone, pasar laptop terbagi ke dalam banyak segmen, mulai dari kelas premium dengan harga puluhan juta hingga kelas pemula yang lebih ramah dengan kantong pembeli. HP BW017AU merupakan salah satu laptop kelas pemula dengan performa yang cukup mumpuni.

Begini ulasan lengkapnya.

 

Desain

Dengan harga di bawah Rp5 juta, HP 14-BW017AU masuk ke dalam kategori kelas pemula. Karena itu, jangan harap ia akan memiliki desain mewah layaknya HP Spectre x360. Laptop ini memiliki bezel yang cukup lebar di bagian layar. Tidak heran, mengingat bezel tipis biasanya hanya ditemukan pada laptop premium.

HP 14-BW017AU juga memiliki bodi yang cukup besar dan cukup berat. Bobot laptop buatan HP ini hampir mencapai 2kg, untuk lebih tepatnya, 1,9kg. Hal ini memang membuat laptop dari HP ini menjadi agak sulit untuk dibawa berpergian. Untuk membawanya, Anda harus memasukkannya ke dalam tas ransel yang cukup besar. Namun, masih ada banyak laptop lain yang beratnya melebihi bobot HP 14-BW017AU.



Untuk konektivitas, laptop buatan HP ini cukup lengkap. Laptop ini dilengkapi dengan satu port USB 2.0, satu port HDMI, satu port VGA, satu port RJ-45, port headphone/mikrofon, card reader dan 2 port USB 3.1. Secara teori, USB 3.1 dapat melakukan transfer data dengan kecepatan 10Gbps, setara dengan kecapatan Ethernet dan Thunderbolt original. Sebagai perbandingan, USB 2.0 dapat mentransfer data secara teori dengan kecepatan maksimal 480 megabits per detik. . 



Keyboard pada HP 14-BW017AU tidak dilengkapi dengan keyboard angka, tapi ukurannya cukup besar sehingga terasa nyaman untuk digunakan untuk mengetik. Selama dua minggu menggunakannya, saya dapat menyesuaikan diri dengan cepat, sehingga tidak sering membuat salah ketik saat menggunakan laptop buatan HP yang satu ini. 

 

Performa & Sistem Operasi

HP membekali laptopnya yang satu ini dengan AMD Dual-Core A9-9420 APU (Accelerated Processing Unit). Berbeda dengan Intel HD Graphics yang tertanam langsung pada sebuah CPU, APU memiliki CPU dan GPU yang terpisah meski masih menjadi bagian dari system-on-chip yang sama.

Penggunaan APU diklaim tidak hanya membuat laptop menjadi lebih hemat daya, tapi juga meningkatkan pemprosesan grafis sebuah laptop, meski performanya tetap tidak sebaik performa jika laptop menggunakan GPU terpisah atau discrete GPU. 

Memang, meski hasil benchmark menggunakan 3DMark dan PCMark dari laptop buatan HP ini tidak terlalu tinggi, tapi saya sudah bisa menggunakannya untuk bermain game DOTA 2. Dengan pengaturan Fastest (yang memastikan game bisa dimainkan dengan lancar daripada kualitas grafik), DOTA 2 bisa dimainkan dengan rata-rata framerate 30 fps. Artinya, game bisa dimainkan dengan cukup lancar. 



Di bawah ini adalah hasil benchmark dari HP 14-BW017AU. 







Jika dibandingkan dengan HP 14-AF115AU, laptop kelas pemula yang juga ditujukan untuk pelajar, hasil benchmark HP 14-BW017AU masih lebih tinggi. Dari segi ketahanan baterai, baterai 14-AF115AU justru dapat bertahan lebih lama, yaitu 5 jam. Namun, daya tahan baterai HP 14-BW017AU sebenarnya tidak jelek pada 3 jam 24 menit. 



Salah satu kekurangan dari HP 14-BW017AU, bagi saya, adalah ketiadaan sistem operasi. Memang, laptop ini sudah cukup mumpuni untuk menjalankan Windows 10. Tapi, jika Anda ingin menggunakan sistem operasi buatan Microsoft itu, Anda harus membelinya secara terpisah. 

Sekadar informasi, secara terpisah, Windows 10 Home resmi dihargai Rp2,2 juta. Anda bisa mendapatkan diskon jika Anda merupakan siswa, pengajar atau staf yang memenuhi syarat. Dengan diskon tersebut, harga Windows 10 Home turun menjadi Rp1.979.999. Jika tidak mau mengeluarkan uang ekstra untuk membeli Windows, maka Anda bisa menggunakan Linux. 

Tentu saja, Anda bisa memilih untuk menggunakan Windows bajakan. Tapi kami sangat tidak menyarankan hal ini. Terutama karena menggunakan sistem operasi bajakan hanya akan membahayakan diri Anda sendiri. Penggunaan OS bajakan membuat Anda lebih rentan akan serangan siber, seperti ransomware WannaCry
 

Kesimpulan

Dengan harga kisaran Rp4,5 juta, HP 14-BW017AU menawarkan performa yang mumpuni. Laptop ini bahkan bisa digunakan untuk bermain game. Ia cocok untuk Anda yang ingin laptop dengan harga terjangkau dengan performa yang baik. 

Salah satu kelemahannya adalah mobilitas. Bodinya yang besar dan agak berat membuatnya tidak mudah untuk dibawa berpergian. Selain itu, laptop ini juga belum dipaketkan dengan sistem operasi, yang mungkin akan membuat Anda bingung jika Anda tidak familiar dengan proses pembelian dan pemasangan sistem operasi secara mandiri. 

 
  HP 14-BW017AU
Ukuran Layar  14 inci (1366 x 768)
Prosesor AMD Dual-Core A9-9420 APU (3Ghz Up To 3.6Ghz)
GPU AMD Radeon™ R5 Graphics
RAM 4 GB DDR4-1866 SDRAM 
Penyimpanan  500GB HDD
Dimensi  34 x 24 x 2.37 cm
Bobot 1,9 kg
Baterai 4-cell, 41 Wh Li-ion
Harga Rp4.500.000
 

HP 14-BW017AU

 

7,7

  • Keyboard yang nyaman untuk dibuat mengetik
  • Performa cukup memuaskan
  • Bodi besar dan berat
  • Belum ada sistem operasi



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.