Review VGA

Colorful iGame GTX1070-TOP-8G AD, Performa Oke Desain Nyentrik

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 22 Sep 2017 07:10 WIB
review kartu grafiscolorful
Colorful iGame GTX1070-TOP-8G AD, Performa Oke Desain Nyentrik
Colorful iGame GTX 1070-TOP-8G AD Limited Edition

Metrotvnews.com, Jakarta: Apa yang Anda prioritaskan ketika memilih kartu grafis? Sebagian orang ada yang mengutamakan merek, sebagian lagi ada yang lebih memilih spesifikasi dan fitur yang ditawarkan. Ada juga kelompok pengguna yang lebih mengutamakan tampilan dari sebuah kartu grafis. Merekalah yang tampaknya disasar oleh Colorful di kartu grafisnya kali ini, yaitu iGame GTX1070-TOP-8G AD Limited Edition.

iGame GTX1070-TOP-8G AD memang memiliki tampilan yang bisa dikatakan cukup nyentrik. Ia memiliki tiga kipas dan dibalut dengan bodi metal. Kipas bagian tengahnya tampil dengan balutan metal berwarna merah dengan tampilan futuristik.



Di bagian belakangnya, kartu grafis ini juga dilengkapi dengan backplate yang desainnya sangat futuristik. Tdiak seperti backplate kartu grafis lainnya, iGame GTX1070-TOP-8G AD memiliki banyak lubang kecil. Lubang tersebut tampaknya tidak memiliki tujuan khusus secara fungsional dan hanya sebatas estetika.

Sebenarnya, itulah yang disayangkan dari kartu grafis ini. Meski tampilannya sangat menarik, tampilan tersebut sebatas estetika. Penggunaan bodi metal dengan kipas yang dibalut desain futuristik tersebut sama sekali tidak memiliki fungsionalitas secara teknis. Bahkan di situs resminya, kartu grafis ini hanya memiliki beberapa teknologi eksklusif.



Teknologi tersebut di antaranya adalah desain PCB khusus yang diklaim membuat durabilitas kartu grafis ini, serta silver plating yang dikatakan bisa mengurangi suhu keseluruhan kartu grafis. Sementara di panel belakangnya, kartu grafis ini menawarkan output yang cukup lengkap, yaitu tiga DisplayPort, satu HDMI, dan satu DVI.

Yang menarik, ada sebuah tombol khusus di panel belakang kartu grafis ini. Tombol khusus tersebut memiliki satu fungsi, yaitu meningkatkan performa kartu grafis. Mengingat posisinya di panel belakang, tombol tersebut agak sulit dijangkau.

Bagaimana dengan performanya?

Untungnya, performa kartu grafis ini masih tergolong cukup baik dan tidak mengecewakan. Diuji menggunakan 3DMark Fire Strike, iGame GTX1070-TOP-8G AD masih bisa menghasilkan skor hingga 15345 poin atau berada di angka rata-rata kartu grafis GTX 1070 pada umumnya.



'

Sementara di pengujian game, ia masih bisa menghasilkan rata-rata framerate di sekitar 60fps pada pengaturan grafis tertinggi di resolusi 1080p. Hanya Ashes of The Singularity yang framerate-nya agak jauh dari 60fps. Sementara Ghost Recon: Wildlands serta The Witcher 3 masih bisa dimainkan dengan sangat lancar, sekitar 60fps.

Kesimpulan

Sejujurnya, iGame GTX1070-TOP-8G AD merupakan kartu grafis yang kurang menarik bagi kami. Desainnya yang nyentrik tidak dibarengi dengan fungsionalitas yang jelas. Dukungan yang ditawarkan di situs resminya juga sangat minim dan teknologi yang diusung tidak terlalu banyak.

Untungnya, kartu grafis ini bisa selamat berkat performanya yang tergolong masih oke, serta harganya yang relatif lebih murah dari kartu grafis GTX 1070 lainnya, yaitu hanya di kisaran Rp6 jutaan.
 

Colorful iGame GTX 1070-TOP-8G AD

  • Performa oke
  • Harga terjangkau
  • Desain nyentrik
  • Minim fitur
  • Minim fungsionalitas



(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /