Review VGA

MSI GTX 1060 3GT OC, Kencang dengan Kapasitas Memori Tanggung

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 22 Sep 2016 23:16 WIB
review kartu grafis
MSI GTX 1060 3GT OC, Kencang dengan Kapasitas Memori Tanggung
MSI GEFORCE GTX 1060 3GT OC

Metrotvnews.com, Jakarta: Bulan Juli lalu, NVIDIA mengambil langkah berani dengan merilis kartu grafis GTX 1060 lebih cepat dari yang direncanakan.

Langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi kartu grafis baru AMD, yaitu Radeon RX 480 yang secara tidak terduga mampu menghadirkan performa tinggi dengan harga terjangkau. GTX 1060 memang dirancang khusus oleh NVIDIA untuk menghalau RX 480, namun apakah kartu grafis ini bisa lebih baik?

GTX 1060 hadir dengan dua varian, yaitu yang menggunakan memori 6GB dan 3GB. Meski kedua varian kartu grafis ini hadir dengan base clock dan boost clock yang sama (untuk versi reference), besar texture fillrate dan kemampuan pemrosesan secara keseluruhannya berbeda. Hal tersebut dikarenakan antara GTX 1060 versi 6GB dan 3GB menggunakan GPU yang berbeda.



Beberapa waktu yang lalu kami telah mengulas kartu grafis GTX 1060 versi 6GB dari GIGABYTE. Kali ini, giliran GTX 1060 versi 3GB yang kami ulas, yaitu MSI GTX 1060 3GT OC. Kartu grafis ini memang bukan merupakan bagian dari jajaran produk MSI GAMING. Ia juga tidak dibekali dengan pendingin TWIN FROZR, namun masih tampil dengan cukup baik bersama pendingin khusus dan konfigurasi pre-overclock.

MSI GEFORCE GTX 1060 3GT OC hadir dengan bodi plastik yang mungil. Bentuknya jauh lebih kecil dari kartu grafis MSI GTX 980Ti yang biasa kami gunakan sebagai platform pengujian. Meski kecil, kartu grafis ini sudah cukup kuat untuk menjalankan berbagai game terkini, seperti Rise of The Tomb Raider, hingga Far Cry Primal.



Kartu grafis ini memang tidak hadir dengan sistem pendingin kelas atas seperti saudaranya yaitu jajaran kartu grafis MSI GAMING. Ia hanya dibekali dengan dua kipas dengan fitur Dual Thermal Fans Design yang masih dapat mendinginkan kartu grafis ini dengan baik.

MSI GEFORCE GTX 1060 3GT OC juga tidak dijejali dengan berbagai fitur gaming. Ia juga tidak memiliki lampu hiasan apapun sehingga kurang cocok bagi Anda yang gemar pamer PC. Namun Anda masih bisa meningkatkan performanya melalui overclocking, meski kami kurang menyarankannya karena sistem pendingin yang digunakan tidak dirancang khusus untuk overclocking.



Bagaimana dengan performanya?

Secara keseluruhan, performa MSI GEFORCE GTX 1060 3GT OC tergolong cukup mumpuni. Kartu grafis ini telah mampu menjalankan berbagai game yang cukup berat seperti GTA V, The Witcher 3, Star Wars Battlefront, Ashes of The Singularity, Fra Cry Primal, dan Rise of The Tomb Raider. Semuanya berjalan lancar dengan rata-rata framerate beragam mulai dari 35fps - 80fps.



Meski performa pemrosesan grafisnya tergolong mumpuni, namun kartu grafis ini masih terasa "tanggung" karena memori yang disajikan hanya 3GB. Dengan kapasitas memori tersebut, beberapa game seperti GTA V tidak bisa dijalankan dengan konfigurasi grafis maksimal. Padahal secara kekuatan pemrosesannya, kartu grafis ini sudah sangat mumpuni.

Jika dibandingkan dengan pesaingnya yaitu RX 480, kartu grafis ini masih cukup bisa menyangi bahkan unggul di beberapa game. Namun performanya kalah ketika dihadapkan dengan game-game yang menggunakan DirectX 12.



Sementara jika dibandingkan dengan saudaranya yang menggunakan memori 6GB, kartu grafis ini memiliki performa yang di luar dugaan cukup jauh berada di bawah saudaranya tersebut. Hal ini dibuktikan dari pengujuan menggunakan 3DMark Fire Strike yang menunjukkan selisih hingga 600 poin.

Kesimpulan

MSI GEFORCE GTX 1060 3GT OC memang cukup kencang untuk memainkan game-game terkini. Sayangnya, ia hadir dengan kapasitas memori yang tergolong tanggung. Dengan selisih harga Rp1 juta dengan versi 6GB, kami lebih menyarankan Anda untuk menabung dan membeli versi 6GB karena selisih performanya juga cukup signifikan.
 
  MSI GEFORCE GTX 1060 3GT OC
Chipset Pascal
Memori 6GB GDDR5
Base Clock 1544 MHz
Memory Clock 8008 MHz
Interface 192-bit
Harga Kisaran Rp8,1 juta


MSI GEFORCE GTX 1060 3GT OC
  • Performa mumpuni
  • Pre-overclocked
  • Kapasitas memori tanggung
  • Selisih performa dengan versi 6GB cukup jauh 



(MMI)