Review Peripheral

WD My Passport 2016 4TB, Cepat dan Sederhana

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 24 Dec 2016 08:37 WIB
western digitalreview peripheral
WD My Passport 2016 4TB, Cepat dan Sederhana
WD My Passport 2016 4TB.

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyimpanan file dalam bentuk digital telah menjadi kebutuhan di era digitalisasi ini. Kebutuhan ini semakin tinggi setelah file digital tersebut memiliki ukuran yang semakin besar, akibat update yang disuguhkannya para kreatornya.

Tidak hanya peningkatan ukuran file, kebutuhan penyimpanan juga semakin menantang akibat mobilitas yang juga semakin tinggi. Sejumlah perusahaan telah menawarkan solusi penyimpanan mobile melalui perangkat seperti flash disk USB dan Micro SD.

Namun, untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan lebih besar, Anda dapat memilih HDD eksternal yang saat ini telah menawarkan kapasitas lebih besar. Seperti yang ditawarkan Western Digital My Passport 2016 4TB ini.

Desain
WD My Passport 2016 4TB ini hadir dengan desain bodi sederhana, berlapis bahan plastik mengkilat berwarna hitam. Perangkat ini hadir dengan desain bodi berpola di separuh bawah bodi perangkat, dan separuh lainnya tampil tanpa pola dengan sematan logo WD.

Pada bagian sisi bawah perangkat, Anda dapat menemukan slot USB untuk menghubungkan HDD dengan laptop atau PC. Slot USB ini didampingi oleh lampu indikator yang akan menyala saat HDD terhubung dengan perangkat komputasi.

Selain itu, WD juga membekali perangkat dengan empat karet kecil di bagian belakang perangkat. Kehadiran karet ini bermanfaat untuk menjaga perangkat tetap berada di tempatnya, saat diletakan di atas permukaan yang licin.



Kesan elegan juga ditampilkan oleh HDD Eksternal WD ini, berkat bentuk kotak dengan sudut tergolong tegas yang diusungnya. Perangkat ini juga hadir dengan dimensi yang tergolong tebal, meski tidak akan mengonsumsi ruang banyak dalam tas Anda.

Hal ini memudahkannya dibawa serta dalam perjalanan, yang juga didukung oleh bobotnya yang tergolong ringan. Selain warna hitam, seperti yang kami uji, WD juga menyediakan sejumlah pilihan warna lain untuk perangkat ini.



Fitur
WD My Passport 2016 4TB hadir dalam format untuk NTFS, dan kompatibel dengan PC dan laptop pengguna sistem operasi Windows 10, 8, atau 7. Jika Anda pengguna perangkat karya Apple, WD juga menyediakan versi untuk pengguna Mac. Namun, Anda juga dapat melakukan format ulang perangkat versi Windows untuk digunakan pada perangkat Apple.

Untuk perangkat Windows, WD menyediakan sejumlah software pendukung seperti WD Backup, WD Drive Utilities, WD Drive Security, serta WD Apps. WD Backup dapat Anda manfaatkan untuk kustomisasi frekuensi backup secara otomatis dari komputer.



Sementara itu, WD Security akan mengaktifkan enkripsi password AES 256-bit, dan memungkinkan Anda dapat menambahkan pesan "kembalikan jika ditemukan" pada pengaturan password jika kehilangan drive.

Performa
WD MY Passport 2016 4TB ini memiliki kecepatan transfer data yang cukup cepat. Memindahkan data berupa foto, video, dokumen, dan sebagainya dengan total kapasitas 1,29GB dari notebook ke HDD eksternal ini hanya membutuhkan waktu selama 20,72 detik.

Sementara itu, memindahkan file dengan kapasitas yang sama dari HDD eksternal ini ke perangkat notebook membutuhkan waktu lebih cepat, yaitu 5,16 detik. Kami menggunakan perangkat dengan port USB Type-C, sehingga HDD eksternal harus terhubung ke notebook melalui adapter tambahan penyedia port USB 3.0.

Penggunaan perangkat ini juga tergolong mudah, Anda hanya perlu menghubungkannya dengan perangkat komputasi, tanpa perlu melakukan perubahan pengaturan rumit, untuk segera dapat menggunakannya.

Kesimpulan
WD My Passport 2016 4TB ini menawarkan kecepatan transfer yang cepat, ditambah dengan dukungan kapasitas besar menjadikannya perangkat yang sesuai bagi Anda yang memiliki kebutuhan penyimpanan tinggi dengan mobilitas yang juga tinggi. Perangkat ini juga sesuai bagi Anda yang tidak menyukai pengaturan merepotkan.


(MMI)

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP
Review Earphone

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP

6 days Ago

In-Ear Headset H2310 merupakan earphone dengan harga terjangkau lain dari HP yang memberikan ku…

BERITA LAINNYA
Video /