Review Headset

Tritton Kunai, Headset Universal Nyaman dan Cukup Terjangkau

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 05 Sep 2016 23:18 WIB
review peripheral
Tritton Kunai, Headset Universal Nyaman dan Cukup Terjangkau
Tritton Kunai Universal Headset

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini ada banyak sekali perangkat hiburan yang beredar di pasar, mulai dari PC, ponsel, tablet, hingga konsol. Memang, semakin banyak jenis perangkat hiburan akan dapat memberikan banyak pilihan jenis hiburan yang disajikan. Namun, kadang hal tersebut juga menyulitkan kita sebagai pengguna.

Memilih peripheral seperti headset adalah salah satunya. Jenis dan merek headset di pasar memang sangat banyak, namun hanya sedikit yang bisa digunakan secara optimal di berbagai perangkat. Meski ada, kebanyakan headset tersebut merupakan headset kelas atas yang harganya juga selangit. 



Hal ini tidak berlaku untuk Tritton Kunai. Headset yang masih satu pabrikan dengan perangkat gaming Mad Catz ini menawarkan solusi audio universal dengan desain ringan serta portabel. Yang paling penting, headset ini hadir dengan harga yang cukup terjangkau dan memiliki kualitas audio tidak kalah dengan headset premium lain.

Jujur, saat pertama melihat headset ini, saya memang sempat ragu dengan kenyamanannya. Tritton Kunai memiliki desain earcup on-ear yang berbentuk kotak, sehingga saya memperkirakan bila headset ini akan tidak nyaman digunakan di kepala. Terlebih lagi saya memang memiliki pengalaman buruk dengan headset yang memiliki desain earcup on-ear berbentuk kotak.



Diluar dugaan, Tritton Kunai sangat nyaman digunakan. Saya memang tidak tahu persis bagaimana mekanisme headset ini, namun tampaknya penggunaan dua engsel vertikal dan horizontal di setiap earcup pada headset ini merupakan kunci kenyamanannya. Tidak hanya itu, Tritton Kunai juga menggunakan bantalan khusus yang sangat empuk dan bahkan bisa menghalau suara dari luar dengan sangat baik.

Tritton Kunai memang menggunakan bodi plastik, namun strukturnya masih sangat kokoh. Di sisi lain, penggunaan bahan plastik pada headset ini dapat membuat bobotnya menjadi ringan sehingga tidak membuat leher pegal.



Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Tritton Kunai merupakan headset universal. Ia dapat digunakan di hampir semua perangkat hiburan yang ada saat ini, mulai dari PC, PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox One, Xbox 360, bahkan hingga ponsel dan tablet. Khusus untuk PC, Anda bisa menghubungkan headset ini langsung melalui input 3.5mm atau menggunakan soundcard tambahan yang tersedia di paket penjualannya.

Satu hal yang menarik dari Tritton Kunai adalah mikrofonnya yang bisa dilepas. Mikrofon pada Tritton Kunai memang menggunakan desain fleksibel namun tidak bisa dilipat atau dimasukkan ke dalam bodi earcup. Agar tidak mengganggu saat digunakan bersama ponsel saat berjalan-jalan, Anda bisa melepas mikrofonnya.



Sayangnya, desain mikrofon yang bisa dilepas pada headset ini juga membawa efek negatif. Setiap ada panggilan telepon, Anda harus memasang mikrofon tersebut sehingga cukup merepotkan. Selain itu, headset ini juga tidak memiliki tombol penjawab panggilan sehingga Anda harus tetap membuka ponsel dan menekan tombol untuk menjawab panggilan telepon.

Terlepas dari itu semua, Tritton Kunai hadir dnegan kualitas suara yang sangat bagus. Bahkan di kisaran harganya, sulit untuk menemukan headset yang bisa menyaingi kualitas suara Tritton Kunai. Meski memang suaranya tergolong all round atau dirancang untuk segala jenis skenario penggunaan, namun ia masih sangat mumpuni untuk digunakan sebagai headset musik atau gaming.

Kesimpulan

Tritton Kunai merupakan headset yang cukup menarik. Sekilas tampilannya memang tidak terlalu meyakinkan, namun semua keraguan tersebut akan hilang jika Anda telah memakainya. Terlepas dari beberapa kekurangan minornya, headset ini masih sangat layak untuk dimiliki, apalagi mengingat harganya yang hanya dibanderol Rp1,1 juta.
 

Tritton Kunai Universal Headset

 

9

  • Bisa digunakan di banyak perangkat
  • Kualitas suara bagus
  • Nyaman
  • Agak repot bila digunakan bersama ponsel



(MMI)

Video /