Review PC Gaming

MSI Nightblade Mi3, Portabel dan Bertenaga

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 17 Sep 2018 18:07 WIB
msireview pc gaming
MSI Nightblade Mi3, Portabel dan Bertenaga
MSI Nightblade MI3.

Jakarta: MSI adalah vendor yang tetap konsisten menyediakan mesin pacu PC gaming dengan ukuran yang cukup minimalis.

Misalnya MSI Trident 3 yang sempat Medcom.id ulas. Kini Medcom.id kembali mendapatkan seri produk lain MSI yaitu MSI Nightblade MI3 yang sudah ditingkatkan dengan prosesor keluargra Intel Core Generasi ke-8.

Untuk yang Medcom.id jajal kali ini adalah MSI Nightblade MI3 yang dibekali dengan prosesor Intel Core i5-8400 yang dibanderol Rp15,5 juta. Sementara di situs resmi MSI sendiri hanya tersedia MSI Nightblade MI3 dengan prosesor Intel Generasi ke-8 Core i7.

Kemungkinan besar hal ini disesuaikan dengan pasar Indonesia dan apabila benar produk ini beredar di tanah air mungkin akan jadi produk MSI Nightblade pertama di sini. Pada situs MSI Indonesia produk ini belum tersedia di katalog produk yang tertera.

Desain Bongsor Bisa Dijinjing
MSI Nightblade MI3 hadir dengan dimensi yang jelas lebih tebal dibandingkan MSI Trident 3. Ukurannya dimensinya sekitar 13,46 x 10,55 inci dengan ketebalan 5,04 inci dan bobot 7,4kg.

Ukuran bodinya membesar dari bagi belakang ke depan sehingga bagian depannya memiliki kaki penampang yang lebih tinggi. Di bagian kaki tersebut terdapat ruang yang digunakan untuk membawa MSI Nightblade MI3 dijinjing menggunakan satu tangan.



Medcom.id mengakui menjinjing MSI Nightblade MI3 dengan satu tangan tidak terlalu berat selama tidak terlalu lama. Posisi genggaman di bagian bawa menurut Medcom.id cukup aneh, mengingat banyak produk kompetitor yang memilih mendesain bagian untuk menjinjingnya pada posisi atas.

Bagian wajahnya dan sisinya memliki desain ornamen lekukan yang membuat MSI Nightblade MI3 terlihat futuristik seperti bongkahan komponen robot. Wajahnya dilengkapi dua LED RGB yang menyala saat MSI Nightblade MI3 aktif.

Tentu saja LED RGB tersebut bisa dikustomisasi warna dan pola menyalanya lewat software pendukung MSI Mystic Light. Kabar baiknya meskipun hadir sebagai PC atau desktom gamng tapi MSI Nightblade MI3 msih menyedikan optical drive di bagian depan.



Pada sisi kanannya terdapat tombol Power dan beberapa I/O Port yang sebagai front I/O Port melengkapi deretan port yang lebih lengkap di bagian belakang. Selain itu juga terdapat lubang pembuangan udara yang langsung berhadapan dengan kartu grafis di dalamnya.

Mengingat MSI Nightblade MI3 hadir sebagai PC atau desktop gaming mini, maka juga tersedia  fitur untuk melakukan upgrade. Casing MSI Nightblade MI3 dibuka ke arah atas sehingga memudahkan proses pemasangan komponen dari sisi kanan dan kiri.

I/O Port Lengkap dan Bisa Upgrade
Seperi yang disebutkan, MSI Nightblade MI3 mendukung kemampuan upgrade komponen di bagian dalamnya. Berdasarkan situs resmi MSI, MSI Nightblade MI3 mendukung peningkatan kapasitas RAM hingga 32GB dengan tersedianya dua slot SO-DIMM DDR4.

MSI sendiri tidak menyebutkan berapa kapasitas memori internal maksimal yang bisa ditambahkan tapi MSI Nightblade MI3 mendukung opsi menggunakan beragam jenis komponen penyimpanan mulai dari satu M.2 SSD, satu HDD 2,5 inci, dan satu HDD 3,5 inci.

Artinya bisa memiliki PC atau desktop gaming yang memiliki kapasitas memori besar mengandalkan komponen HDD dan memiliki kecepatan yang lumayan dengan mengandalkan komponen M.2 SSD.



Di sisi I/O Port MSI Nightblade MI3 memiliki port yang cukup banyak dibalik ukurannya. Di front I/O port tersedia satu port USB 3.1 Gen1 Type-C, satu port USB 2.0 (Super Charger 2), dan audio jack untuk headphone sekaligus mic.

Terkait fitur Super Charger. port tersebut bisa mendukung pengisian daya cepat untuk smartphone. Fitur ini bisa diaktifkan lewat software bawaan MSI Gaming Center.



MSI Gaming Center hadir sebgai software yang mengatur seluruh fitur MSI Nightblade MI3 termasuk memantau dan mengkustomisasi performa prosesor, grafis, dan lain-lain. Jadi seperti software overclocking pintas seperti yang umum dijumpai pada perangkat gaming.

Anda bisa mengatur performa MSI Nightblade MI3 termasuk kualitas monitor yang terhubung dalam beberapa opsi preset mode yang tersedia, termasuk kustomisasi equalizer audio yang didukung software Nahimic 7.1 Channel HD Audio.



Lanjut ke I/O port bagian belakangnya tersedia dua port USB 3.1 Gen1 Type-A, empat port USB 2.0, satu port HDMI, dan lima audio jack OFC. Tidak ketinggalan tersedia port RJ45 yang sudah didukung Intel Gigabit LAN serta tersedia konektivitas WiFi Intel Dual Band Wireless-AC 9461.

Bagaimana Performanya?
MSI Nightblade MI3 yang Medcom.id jajal dibenamkan prosesor Intel Generasi ke-8 Core i5-8400 dengan dukungan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1060 VRAM 3GB. Kapasitas RAM bawaannya sebesar 8GB sementara memori internal bawaannya memadukan HDD 1TB dan M.2 PCIe 128GB.

Hal tersebut menjadi daya tarik dari MSI Nightblade MI3. Medcom.id kemudian melakukan pengujian kemampuan komputasi sehari-hari menggunakan software PCMark 10 dan Cinebench R15 serta 3DMark Fire Strike untuk kemampuan mengolah grafis seperti animasi pada game.

Hasilnya menunjukkan bahwa MSI Nightblade MI3 mampu menyajikan performa yang sangat baik dan cukup cepat dalam proses rendering di pengujian Cinebench R15 meskipun hadir dengan Intel Core i5-8400.
 
PENGUJIAN PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R15 (single) Cinebench R15 (multi)
SKOR 5.108 10.352 161cb 869cb

Beralih ke pengujian untuk memainkan game di tingkat kualitas grafis rata kanan alias ultra di resolsui 1920x1080 MSI Nightblade MI3 juga menunjukkan frame rate yang tergolong tinggi bahkan pada game Ashes of the Singularity: Escalation yang dikenal sebagai game dengan tampilan grafis cukup berat.



Kesimpulan
MSI sekali lagi berhasil menyajikan performa pc atau desktop gaming dalam ukuran yang lebih portabel. Dari segi desain, sebetulnya masih bisa dibuat lebih menarik seperti yang melekat pada MSI Trident 3.

Sifatnya yang portabel tidak perlu diragukan lagi. Posisi genggaman untuk menjinjing perangkat ini menurut kami kurang nyaman, apalagi bagi mereka yang memiliki ukuran tangan besar sehingga lubang genggaman yang tersedia cukup sempit.

MSI Nightblade MI3 memiliki fitur yang sangat lengkap, terutama opsi untuk menambah kapasitas RAM dan memori internal yang sangat leluasa.

Bicara performa MSI Nightblade MI3 bermodalkan prosesor Intel Generasi ke-8 Core i5-8400 dan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1060 VRAM 3GB sebetulnya sudah cukup untuk memainkan game kelas AAA saat ini.
 
SPESIFIKASI MSI Nightbalde MI3
Prosesor Intel Core i5-8400
RAM 8GB (up to 32GB)
Memori Internal  HDD 1TB + M.2 PCIe 128GB
VGA  NVIDIA GeForce GTX 1060 VRAM 3GB
Harga Rp15,5 juta


 
 
8.5
MSI Nightblade MI3
Plus
  • Portable
  • Spesifikasi upgradeable
  • I/O Port lengkap
  • Performa mumpuni
  • Harga setara laptop gaming
Minus
  • Desain kurang keren
  • Posisi genggaman dijinjing kurang nyaman
  • Masih pakai GTX 1060 3GB

 


(MMI)

Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Anda Beli?
Review Smartphone

Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Anda Beli?

11 hours Ago

Seperti apakah Xiaomi Mi A2 Lite? Apakah ponsel ini bisa memikat hati? Berikut ulasan Medc…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.