Review Motherboard

AORUS X299 GAMING 9, Unggulkan Tampilan dan Fitur yang Lengkap

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 23 Sep 2017 19:06 WIB
review motherboardaorus
AORUS X299 GAMING 9, Unggulkan Tampilan dan Fitur yang Lengkap
AORUS X299 GAMING 9

Metrotvnews.com, Jakarta: Di ajang Computex 2017, Intel resmi mengumumkan jajaran prosesor HEDT barunya yaitu Skylake-X dan Kaby Lake-X. Dua varian prosesor tersebut juga tampil dengan platform baru, yaitu X299, dan socket LGA2066 baru. Kondisi tersebut membuat produsen merilis motherboard untuk mendukung dua prosesor tersebut, salah satunya adalah GIGABYTE AORUS X299 GAMING 9.

Jika familier dengan produk GIGABYTE, Anda pasti tahu bahwa AORUS X299 GAMING 9 merupakan motherboard gaming dengan kasta paling tinggi. Hal tersebut juga sangat terlihat ketika kami membuka kotak paket penjualannya. Motherboard ini tampil dengan sangat lengkap dan mewah. Bahkan di paket penjualannya ada stiker khusus bertemakan gaming untuk penggunanya.



AORUS X299 GAMING 9 juga tampil mewah berkat balutan lampu RGB LED yang bisa ditemukan hampir di setiap bagian bodinya, mulai dari slot RAM, slot PCIe x16, heatsink pada chipset, hingga panel belakang dan penutupnya. Semua lampu LED tersebut bisa diatur sesuai keinginan Anda karena terintegrasi dengan teknologi RGB Fusion dari GIGABYTE.

Selain memiliki slot RAM yang banyak dan sudah dilengkapi dengan pelindung khusus, slot PCIe adalah perhatian kami selanjutnya. AORUS X299 GAMING 9 memiliki lima slot PCIe x16, lebih banyak dari rata-rata motherboard X299 lainnya yang hanya 3 atau 4 slot

Dengan jumlah slot yang sangat banyak tersebut, Anda tidak hanya bisa menggunakan konfigurasi kartu grafis ganda, tetapi juga bisa sekaligus memasang perangkat lain seperti PCIe SSD. Minusnya, motehrboard ini tidak memiliki slot PCIe x1 sehingga berbagai perangkat eksternal seperti sound card atau WiFi adapter yang masih menggunakan slot tersebut tidak bisa digunakan di motherboard ini.



Meski demikian, GIGABYTE sudah memberikan fitur yang sangat lengkap di motherboard ini hingga Anda pun tidak memerlukan kartu PCIe x1 eksternal. Ya, motherboard ini sudah memiliki sistem audio high definition dengan dukungan dari teknologi Sound Blaster X 720°. Selain itu, AORUS X299 GAMING 9 juga sudah memiliki modul WiFi dual band terintegrasi berteknologi 802.11ac serta Bluetooth 4.1.

Opsi penyimpanan serta koneksi lainnya juga dihadirkan sangat lengkap. Tidak tanggung-tanggung, AORUS X299 GAMING 9 memiliki 3 slot M.2 serta 8 port SATA. Semaunya telah mendukung sistem RAID 0, RAID 1, RAID 5, dan RAID 10. Dukungan teknologi Intel terbaru, yaitu Optane Memory dan VROC juga sudah dihadirkan di motherboard ini.

Menariknya lagi, motherboard ini cocok digunakan bagi Anda yang ingin melakukan overclocking, baik di CPU maupun memori. AORUS X299 GAMING 9 sudah mendukung penggunaan RAM DDR4 4400 dan XMP. Didukung dengan sistem power dari konektor 24-pin ATX dan dua konektor 8-pin ATX memastikan daya akan terpenuhi ketika melakukan overclocking.



Akses untuk melakukan overclocking juga dimudahkan berkat adanya tombol overclocking khusus di motherboard ini. Selain itu, AORUS X299 GAMING 9 juga memiliki tombol Clear CMOS yang membantu mengembalikan BIOS ke kondisi semula jika terjadi kesalahan dalam pengaturannya.

Bagaimana dengan performanya?

Diuji menggunakan prosesor Intel Core i7-7820X, AORUS X299 GAMING 9 mampu tampil dengan sangat baik. Beberapa skor hasil pengujian sintesisnya juga berada di atas salah satu motherboard X299 yang menjadi pesaingnya. Meski demikian, selisih skor performanya tidak terlalu jauh dibandingkan dengan pesaingnya tersebut.



Sama halnya dengan pengujian menggunakan tiga game, yaitu The Witcher 3, Ashes of The Singularity, dan Ghost Recon: Wildlands, duet AORUS X299 GAMING 9 dan i7-7820X juga sangat harmonis ketika dipasangkan dengan kartu grafis kelas atas seperti GTX 1080. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan framerate dibandingkan ketika kami menguji menggunakan motherboard X270 dan Core i7-7700K.

Berikut adalah hasil pengujiannya:



Kesimpulan

Jika Anda ingin memiliki motherboard dengan fitur super lengkap, didukung dengan platform kelas atas yang bisa disisipi oleh prosesor kencang, AORUS X299 GAMING 9 mungkin bisa jadi pilihan Anda. Apalagi jika Anda memang penggiat PC yang menggunakan LED RGB. Meski demikian, Anda harus menyiapkan dana yang tidak sedikit mengingat ini merupakan platform premium. AORUS X299 GAMING 9 sendiri bahkan dibanderol Rp8,83 juta.
 

AORUS X299 GAMING 9

  • Fitur sangat lengkap
  • Tampilan mewah dipenuhi LED
  • Performa oke
  • Harga lebih mahal dari rata-rata
  • Tidak ada slot PCIe x1



(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.