Review SSD

Seperti Apa Performa SSD WD Blue 1TB?

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 19 Jul 2017 22:54 WIB
review peripheral
Seperti Apa Performa SSD WD Blue 1TB?
SSD WD Blue 1TB

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah mengakuisisi SanDisk beberapa waktu yang lalu, produsen hard disk Western Digital akhirnya mulai memproduksi SSD dengan merek WD. Salah satu SSD yang ditawarkan adalah WD Blue yang tampil dengan kapasitas hingga 1TB. Ya, tidak banyak memang produsen SSD yang bisa menghadirkan kapasitas 1TB.

Karena baru saja mengakuisisi SanDisk, kami menebak SSD ini sudah menggunakan teknologi SanDisk yang memang cukup ahli dalam membuat SSD. Tebakan kami pun benar. SSD WD Blue sudah menggunakan teknologi memori NAND dari SanDisk. Memori yang digunakan juga sudah berteknologi TLC dengan arsitektur 15nm.



Meski ukurannya sangat besar untuk SSD yang ada saat ini, namun secara fisik ukuran SSD ini tidak terlalu besar. Dimensinya mirip dengan rata-rata SSD lain yang menggunakan form factor 2.5mm dan memiliki ketebalan 7mm. Sementara untuk interface-nya, SSD WD Blue menggunakan SATA 6GBps.

Bagaimana dengan performanya?

Ini yang menjadi perhatian utama kami saat menguji SSD ini. Secara performa, SSD WD Blue tergolong memiliki performa yang standar. Diuji menggunakan aplikasi Crystal Disk Mark dengan data sebesar 32GB yang dibagi dalam 9 segmen, SSD ini berhasil menunjukkan kecepatan baca dan tulis seperti halnya SSD lain yang pernah kami uji sebelumnya. Hasilnya bisa dilihat di diagram berikut ini:



Dari hasil pengujian tersebut, bisa dilihat bila SSD WD Blue memang memiliki performa di angka rata-rata SSD SATA di pasar. Namun untuk sebuah SSD berkapasitas 1TB, performa tersebut tergolong kencang.

Kesimpulan

Jika melihat angka pengujiannya, SSD WD Blue memang bukan merupakan SSD yang kencang. Namun di sisi lainnya, ia merupakan salah satu SSD berkapasitas paling besar yang pernah ada. Mungkin juga SSD ini merupakan yang paling besar kapasitasnya di pasar Indonesia.

Kehadirannya menjadi sangat menggiurkan apalagi jika Anda memerlukan media penyimpanan berkapasitas besar dan kencang. Tentu saja selama Anda rela membelinya seharga Rp4,7 juta. 
 

WD Blue 1TB SSD

  • Kapasitas besar
  • Cukup ramping
  • Performa standar



(MMI)

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus
Review Smartphone

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus

1 week Ago

Samsung Galaxy C9 Pro hadir dengan layar besar berukuran 6 inci, dengan dukungan RAM dan memori…

BERITA LAINNYA
Video /