Review Laptop

Seperti Apa Performa Laptop Gaming ASUS ROG STRIX GL502V?

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 23 Jun 2017 18:20 WIB
review laptop
Seperti Apa Performa Laptop Gaming ASUS ROG STRIX GL502V?
ASUS ROG STRIX GL502V

Metrotvnews.com, Jakarta: Di antara para produsen laptop gaming lainnya, ASUS bisa dikatakan sebagai produsen yang sangat rajin memperbarui spesifikasi lini laptop gaming mereka. ASUS ROG STRIX GL502V ini misalnya.

Laptop gaming yang akan saya ulas ini merupakan versi pembaruan dari ROG GL502 sebelumnya. Apa bedanya? Spesifikasi komponen tentunya. ASUS ROG STRIX GL502V merupakan laptop gaming yang ditenagai oleh komponen terbaru, bahkan mendukung teknologi virtual reality.

Sedikit berbeda dengan pendahulunya, ASUS ROG STRIX GL502V tampil dengan bodi berwarna silver. Meski demikian, bagian lainnya tidak banyak yang berubah. Laptop gaming ini masih menggunakan keyboard full-size yang nyaman untuk mengetik dan bermain game. Keyboard tersebut juga dilengkapi dengan LED berwarna merah agar bisa digunakan saat dalam keadaan minim cahaya. Minusnya, tombol ROG Center pada keyboard laptop ini sangat dekat dengan Backspace sehingga kadang mengganggu saat mengetik.



Sementara trackpad yang dimiliki ASUS ROG STRIX GL502V juga cukup nyaman. Trackpad tersebut cukup sensitif dan memiliki tombol yang cukup kresponsif. Namun, sistem palm rejection pada trackpad laptop ini masih kurang baik membuat saya lebih suka menggunakan mouse dan menonaktifkan trackpad-nya.

Yang membuat saya terkesima pada laptop ini adalah dimensi dan bobotnya. ASUS ROG STRIX GL502V tergolong laptop gaming yang ringkas. Ia masih bisa masuk ke dalam tas kamera saya dan masih sangat mudah diajak bepergian kemana-mana. Fitur yang disediakan di laptop gaming ini juga sangat lengkap untuk menunjang kebutuhan saya bekerja, dan saya sangat sering membuka aplikasi Adobe Photoshop dan Lightroom untuk memproses foto sebelum diterbitkan di Metrotvnews.com.



Percaya atau tidak, ASUS ROG STRIX GL502V sudah menemani saya bepergian ke banyak tempat. Pertama, laptop gaming ini menemani saya saat bertugas di ajang Computex 2017 di Taipei yang digelar beberapa minggu lalu. Selain itu, saya juga menggunakan1 laptop gaming ini ketika saya ditugaskan ke Tokyo, Jepang baru-baru ini. Dari semua perjalanan tersebut, tidak ada satupun masalah yang ditimbulkan oleh laptop ini.

Bagaimana dengan performanya?

Salah satu hal yang paling saya suka dari ASUS ROG STRIX GL502V justru adalah performanya. Laptop gaming ini sudah ditenagai oleh komponsen paling baru, yaitu prosesor Intel "Kaby Lake" Core i7-7700HQ dan chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1060 dengan VRAM GDDR5 6GB. Didukung dengan RAM DDR4 sebesar 16GB, laptop ini diklaim bisa memainkan berbagai game VR.

Meski belum bisa menjajal game VR, performa ASUS ROG STRIX GL502V sudah bisa terlihat dari berbagai pengujian sintesis yang telah saya lakukan. Di pengujian menggunakan PCMark 8, ASUS ROG STRIX GL502V berhasil meraih skor 4434 poin atau di atas standar pengujian kami yaitu 4000 poin. Sementara di sisi grafis, laptop ini berhasil meraih skor 9233 poin menggunakan 3DMark Fore Strike.



Dari hasil pengujian tersebut sudah jelas bila laptop ini dapat melibas semua game terkini di resolusi Full HD. Ghost Recon: Wildlands misalnya yang bisa berjalan di 45 hingga 55fps dengan pengaturan grafis "ultra". Lebih menariknya lagi, laptop gaming ini sudah dilengkapi dengan teknologi G-Sync sehingga Anda bisa menikmati game tanpa tearing dan stuttering.



Sedangkan dari sisi baterai, saya memang tidak banyak berharap dari laptop ini. Meski demikian, hasilnya tetap di atas perkiraan saya. ASUS ROG STRIX GL502V mampu bertahan hingga lebih dari dua jam dengan kondisi WiFi menyala. Jika mode Battery Saving pada Windows 10 dinyalakan dan layarnya diredupkan, laptop ini bisa bertahan hampir selama tiga jam penggunaan.

Kesimpulan

Meski baterainya tidak terlalu kuat, ASUS ROG STRIX GL502V masih tetap merupakan laptop gaming yang patut untuk dilirik. Pasalnya, ia maish mengedepankan mobilitas dan masih bisa dibawa kemana-mana. Performa gaming-nya juga sangat memuaskan dan teknologi G-Sync membuat laptop ini semakin istimewa.
 
  ASUS ROG STRIX GL502V
Ukuran Layar  15,3 inci Full HD
Prosesor Intel Core i7-7700HQ @3,5 GHz
GPU NVIDIA GeForce GTX 1060 6GB
RAM 16GB DDR4
Penyimpanan  256SSD + 1TB HDD
Baterai 3 jam penggunaan dalam mode hemat daya + WiFi
Harga Kisaran Rp26 juta
 

ASUS ROG STRIX GL502V

 

8,8

  • Cukup ringkas dan mudah dibawa bepergian
  • Performa gaming kencang
  • Fitur pendukung lengkap
  • Performa baterai standar
  • Palm rejection pada trackpad kurang baik



(MMI)

Video /