Review Smartphone

Evercoss Winner Y Star Plus, Ponsel Rp1 Juta yang Tahan Banting

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 03 Oct 2017 20:03 WIB
evercossreview gadget
Evercoss Winner Y Star Plus, Ponsel Rp1 Juta yang Tahan Banting
Evercoss Winner Y Star. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai negara dengan populasi terbanyak nomor 4, Indonesia merupakan pasar yang besar, menarik untuk perusahaan pembuat smartphone. Belakangan, banyak merek asing, terutama asal Tiongkok, yang berusaha untuk masuk ke pasar smartphone Indonesia.

Namun, tetap ada produsen lokal yang berusaha untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan itu. Evercoss adalah salah satunya. Mereka meluncurkan Winner Y Star pada bulan Juni lalu. Ketika itu, smartphone ini diusung sebagai smartphone berharga terjangkau dengan desain premium. Bagaimana performanya? 
 

Desain

Klaim Evercoss tentang desain Winner Y Star Plus tidak salah. Untuk smartphone kelas pemula, desain smartphone buatan Evercoss yang satu ini memang cukup menarik. Evercoss meluncurkannya dalam 4 pilihan warna. Kami mendapatkan warna biru, warna yang memang jarang ditemui pada smartphone, terutama pada ponsel kelas pemula. 



Winner Y Star Plus memang cukup tebal. Dengan layar 5 inci, ponsel ini masih terasa cukup nyaman untuk digenggam. Tombol power dan volume dari ponsel ini ada di sebelah kanan. Winner Y Star Plus memiliki tombol Home berbentuk lonjong -- serupa ponsel Samsung -- di bagian bawah layar. Tombol Home yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari ini diapit oleh tombol kapasitif di kiri dan kanannya. 



Bagian belakang dari Winner Y Star Plus terlihat mengkilap, sehingga ponsel ini tidak terlihat seperti terbuat dari plastik, yang biasanya menimbulkan kesan murah pada ponsel kelas pemula. Di bagian tengah dari punggung ponsel, Anda akan menemukan logo "Evercoss" dengan warna perak. Kamera belakang terdapat di sebelah kiri atas, bersebelahan dengan flash. Sementara speaker dan port charger ada di bagian bawah ponsel, dengan port audio di sebelah kiri atas. 

Salah satu kelebihan yang ingin ditawarkan Winner Y Star Plus dari segi desain adalah kualtias materail bodi yang diklaim cukup kuat. Bukan sembarangan, mereka bahkanberani mengkliam bahwa smartphone ini tahan banting. Hal tersebut terbukti setelah kami mencoba menjatuhkannya dari ketinggian 1 meter ke lantai kayu dan marmer. Smartphone ini tidak memiliki cacat berarti, baik ketika jatuh dalam keadaan layar di bawah, atau terjatuh pada ujung sudut.

Skenario kedua berikutnya adalah dengan menghantam bagian layar dengan paku. Harus diakui, Winner Y Star Plus masih mampu menahan tekanan paku tersebut. Setidaknya, ponsel ini masih bisa beroperasi ketika jatuh secara tidak sengaja dari saku celana.

 

Software & Antarmuka

Evercoss menanamkan Android 7.0 Nougat pada Winner Y Star Plus, yang menurut saya, adalah satu kelebihan tersendiri. Tidak banyak smartphone kelas pemula yang sudah menggunakan Nougat. Bahkan Redmi 4A dari Xiaomi pun masih menggunakan Marshmallow. 

Apa yang membuat saya begitu senang dengan penggunaan Nougat? Pada sistem operasi ini, Google sudah menyediakan fitur multitasking. Dengan kata lain, Anda bisa membuka dua aplikasi sekaligus pada ponsel. Karena Winner Y Star Plus sudah menggunakan Nougat, saya sudah bisa melakukan multitasking, fitur yang biasanya hanya tersedia di ponsel menengah-atas. 



Sayangnya, satu hal yang saya kurang sukai adalah banyaknya bloatware yang ada pada Winner Y Star. Bloatware adalah aplikasi yang biasanya jarang digunakan tapi tertanam langsung pada ponsel. Hal lain yang saya kurang sukai dari ponsel buatan Evercoss ini adalah, terkadang, sebuah aplikasi meminta izin akan akses data yang tidak terhubung dengan fungsi aplikasi tersebut. Misalnya, aplikasi rekam audio meminta akses akan kontak. 
 

Kamera & Video 

Evercoss memang tidak menawarkan banyak mode di dalam Winner Y Star. Namun, hasil kamera dari smartphone buatannya yang satu ini cukup baik. 

Kamera belakang Winner Y Star Plus, dengan resolusi 8MP, bisa menangkap foto dengan tone warna yang mirip dengan aslinya, terutama jika Anda menggunakannya dalam keadaan terang. Sayangnya, foto jepretan dari smartphone buatan Evercoss ini menghasilkan noise yang cukup banyak. Tampaknya, sensor yang digunakan pada ponsel ini kurang bagus. 

Ini beberapa contoh foto menggunakan kamera belakang. 









Sama seperti kebanyakan smartphone lain, Evercoss Winner Y Star Plus sudah dilengkapi dengan fitur Beautify. Kamera depannya pun sudah memiliki flash. Menariknya, kamera dari smartphone ini dilengkapi dengan fitur "FaceCute" yang akan memberikan filter real-time berupa animasi binatang pada wajah.

Ini contoh foto menggunakan kamera depan Winner Y Star Plus. 



Ini foto menggunakan flash.


 

Performa & Baterai

Dengan MediaTek MT6735 dan RAM 2GB, Winner Y Star Plus sudah cukup kuat dalam tugas sehari-hari, seperti membuka email atau menjelajah internet. Dengan Nougat, saya bahkan sudah bisa melakukan multitasking, meski tentu saja, performanya tidak bisa dibandingkan dengan smartphone lain di kelas menengah atau premium. 

Satu hal yang saya kurang sukai dari Winner Y Star Plus adalah layarnya yang terasa kurang responsif. Sesekali, saya harus mengetuk layar lebih dari sekali sebelum ponsel mengeksekusi perintah. Namun, dari segi ketajaman layar, Winner Y Star Plus sudah menggunakan layar HD, sehingga gambar yang dihasilkan sudah cukup tajam. 

Ketika saya menggunakan Winner Y Star Plus untuk bermain Asphalt 8: Airborne, game hanya tersendat ketika saya memainkannya dengan pengaturan grafik High. Begitu pengaturan grafik diturunkan menjadi medium, game bisa dimainkan tanpa ada masalah. 



Seperti yang dapat Anda lihat pada grafik di atas, untuk pengujian performa menggunakan 3DMark dan PCMark, Winner Y Star Plus menang dibandingkan pesaingnya dalam pengujian Slingshot dan masih kalah dalam 3DMark Unlimited. Namun, dalam penggunaannya, performa Winner Y Star Plus cukup mumpuni di kelasnya. 



Salah satu kelemahan Winner Y Star Plus jika dibandingkan dengan pesaingnya adalah terkait baterai. Saat diuji menggunakan PCMark, smartphone ini hanya bisa bertahan selama 6 jam 1 menit, masih kalah jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 4A dan Lenovo Vibe C. 

Meskipun begitu, Winner Y Star Plus punya kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah pemindai sidik jari. Sama seperti Android Nougat, fitur ini adalah fitur yang jarang ada di smartphone kelas pemula. Pemindai sidik jari pada Winner Y Star Plus terdapat di tombol Home. Memang, sensornya tergolong lambat jika dibandingkan dengan smartphone lain yang ada di kelas menengah, tapi setidaknya Evercoss sudah menanamkan fitur ini pada Winner Y Star Plus. 
 

Kesimpulan

Winner Y Star Plus memiliki beberapa fitur menarik di kelasnya, seperti Android 7.0 Nougat dan juga sensor sidik jari. Kemampuannya pun sudah cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Untuk masalah kamera, memang, foto yang dihasilkan masih memiliki derau atau noise, tapi ponsel ini berhasil memberikan gambar dengan warna serupa warna aslinya. 

Sayangnya, baterai dari Winner Y Star terbilang tidak awet. Karena itu, mungkin Anda harus menyiapkan power bank. Namun, secara keseluruhan, ponsel buatan Evercoss ini bisa bersaing dengan ponsel merek asing dengan rentang harga yang kurang lebih sama. 

 
  Evercoss Winner Y Star
Prosesor MediaTek MT6735 quad-core @1.25GHz
RAM 2GB
OS Android 7.0 Nougat
Memori Internal 16GB
Kamera Depan 8MP, Belakang 8MP
Baterai 2.450 mAh
Layar 5 inci (1.280 x 720piksel)
Harga Rp1.299.000
 

Evercoss Winner Y Star

8

  • Sudah menggunakan Android Nougat
  • Sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari
  • Harga terjangkau
  • Tahan banting
  • Layar yang terasa kurang responsif
  • Banyak bloatware



(MMI)

Video /