Samsung CHG90 Curved QLED

Begini Rasanya Main Game Pakai Monitor Lengkung 49 Inci

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 05 Aug 2018 20:03 WIB
samsungreview peripheral
Begini Rasanya Main Game Pakai Monitor Lengkung 49 Inci
Monitor gaming Samsung CHG90 Curved QLED 49 inci.

Jakarta: Samsung bukan hanya memproduksi smartphone dan perangkat elektronik rumah tangga. Perlu diketahui Samsung juga memiliki jajaran produk gaming dari segmen monitor.

Beberapa monitor gaming Samsung sudah dirilis di Indonesia dan bulan Februari lalu. Mereka juga akhir membawa monitor gaming lengkung super lebar yang pernah Medcom.id temui, yakni Samsung CHG90 Curved QLED.

Hal pertama yang mengagumkan sekaligus memusingkan dari monitor ini adalah ukurannya. Layarnya hadir dengan ukuran 49 inci, berdesain lengkung jelas bentuknya sangat mengundang perhatian isi ruangan redaksi Medcom.id.

Desainnya sama sekali tidak buruk, elegan seperti desain produk Samsung. Hadir dengan warna hitam, di bagian belakangnya terdapat lingkaran LED berwarna biru yang menjadi indikator saat monitor menyala dan akan menyala semakin terang seiring volume suara yang dihasilkan dari game.



Kekurangan dari desainnya adalah tidak ada desain ala gaming di Samsung CHG90 Curved QLED. 

Samsung CHG90 Curved QLED memiliki lebar 49 inci yakni setara dengan dua monitor 27 inci. Bagi konsumen yang berniat memilikinya juga harus memperhitungkan meja komputer dan ukuran ruangan.



Kami sempat mencoba menggunakannya di ruang yang sempit dengan jarak antara tempat duduk dan monitor yang cukup dekat, kami jamin rasanya kurang nyaman dan kepala Anda harus sering menengok ke setiap sudut monitor ini saat bermain.

Perlu diingat bahwa proses pemasangan monitor ini juga disarankan bersama dengan satu atau dua orang lainnya. Ukuran layarnya yang lebar plus melengkung, tidak bisa dilakukan sendiri seperti memasang monitor ukuran 27 inci.

Bagaimana dengan pengalaman yang didapat? Terlepas dari proses pemasangannya, Samsung CHG90 Curved QLED menampilkan pengalaman monitor gaming lengkung yang cukup baik dengan sudut lengkung 1800R wide view angle, aspek rasio 32,9 dan resolusi full HD 3840x1080p.



Kualitas gambarnya memuaskan. Kecerahannya sangat kuat dan warnanya tetap presisi, bahkan tersedia fitur black equalizer untuk membuat bagian warna gelap benar-benar gelap tebal sehingga menghasilkan warna gelap sejati.

Untuk spesifikasi monitor gaming, menurut kami Samsung CHG90 Curved QLED sudah memenuhi standar monitor gaming yakni dengan refresh rate 144Hz dan response time 1ms serta dukungan fitur AMD FreeSync dan EyeSaver Mode. Berdasarkan pengalaman Medcom.id, layar ini tidak membuat mata lelah digunakan dalam waktu cukup lama.



Samsung CHG90 Curved QLED menyediakan beberapa preset konfigurasi grafis yang bisa disimpan dan dipilih sesuai kebutuhan atau konten. Seluruh tombol opsi konfigurasi terletak di bagian belakang sudut kanan bawah monitor.

Selain gaming, Samsung CHG90 Curved QLED juga masih menunjang produktivitas dengan disediakannya fitur Picture-by-Picture (PBP) yang bisa diatur posisi pembagiannya hingga enam tampilan display atau kurang dalam beragam posisi.



Permasalahan lainnya yang muncul adalah tidak semua gaming mendukung resolusi tampilan seperti ukuran yang disajikan Samsung CHG90 Curved QLED. Beberapa game hanya akan disajikan di bagian tengah layar saja alias tidak maksimal atau optimal dengan spesifikasi layarnya.

Dari sisi konektivitas atau I/O Port yang disediaka tergolong lengkap, mulai dari dua port HDMI, satu DisplayPort, satu Mini DisplayPort, dua port USB, dan lubang audio jack 3,5mm untuk headphone maupun speaker eksternal.



Kesimpulan
Samsung CHG90 Curved QLED berhasil menjanjikan monitor gaming berkualitas dengan desain layar lebar yang setara menyatukan dua monitor sekaligus. Memiliki kualitas refresh rate yang tinggi serta konektivitas yang lengkap.

Ukurannya yang super lebar juga perlu menjadi catatan. Anda perlu mempertimbangkan posisi serta ukuran ruangan untuk menggunakan monitor ini, sehingga mendapatkan posisi yang paling nyaman. Selain itu Anda juga sebaiknya mempertimbangkan dari sisi harganya.

Samsung CHG90 Curved QLED dibanderol Rp20 juta, yang artinya dengan dana tersebut Anda bisa memiliki dua monitor gaming sekaligus atau satu buah laptop gaming. Bahkan Anda bisa memiliki satu buah konsol seperti PS4 atau Xbox One sekaligus monitor gaming dengan dana tersebut.
 
 
 
Samsung CHG90 Curved QLED 49 inci
Plus
  • Ukuran monitor gaming lengkung terlebar
  • Kualitas gambar memuaskan
  • Opsi konfigurasi sangat lengkap
  • I/O Port lengkap
Minus
  • Perlu mencari posisi yang pas untuk monitor
  • Minim eleman gaming di desainnya
  • Harga tergolong tinggi



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.