Review Notebook

Mengulik Notebook Lenovo E31-80 80MX

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 21 Aug 2016 14:01 WIB
review laptop
Mengulik Notebook Lenovo E31-80 80MX
Lenovo E31-80 80MX

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasar notebook masih menunjukan geliatnya dengan kehadiran sejumlah perangkat baru dari berbagai produsen. Notebook pun masih menjadi perangkat yang dibutuhkan oleh masyarakat, terutama dengan maraknya perusahaan pengusung metode Bring Your Own Device.

Selain metode tersebut, transformasi digital yang tengah digalakan perusahaan dan bisnis di dunia, tak terkecuali Indonesia, turut meningkatkan kebutuhan akan perangkat komputasi mobile. Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah juga berkontribusi dalam meningkatkan kebutuhan tersebut.

Hal ini memperkuat alasan Lenovo untuk kembali menghadirkan notebook untuk bisnis, yang juga dapat digunakan untuk penggunaan rumahan. Salah satunya melalui notebook seri E terbaru, yaitu E31-80 80MX.

 

Desain

Lenovo E31-80 80MX tampil dalam desain sederhana dan elegan, dengan dominasi warna hitam. Notebook ini juga dihiasi oleh warna aksen oranye kemerahan di beberapa tempat seperti pada tulisan di tombol alfanumerik, serta pada tombol kanan dan kiri di bagian bawah touchpad.



Bagian luar penutup layar hadir dalam balutan bahan matte, membantu menghindari perangkat cepat kotor akibat noda sidik jari. Mengusung dimensi cukup besar, notebook ini hadir dengan bobot yang cukup ringan saat dipegang dengan satu tangan.

Lenovo menyematkan speaker di sisi kanan dan kiri bagian bawah notebook, menghadirkan pengalaman menikmati konten multimedia dengan keluaran audio menyenangkan. Sementara itu, Anda juga dapat menemukan port charger, slot card reader untuk SD Card dan jack audio 3,5mm di sisi kiri.



Pada bagian bawah kanan perangkat, Anda akan menemukan port HDMI, LAN, dan dua port USB 3.0 pada sisi kanan. Sementara tombol daya tersemat di kanan atas keyboard, yang akan menyala selama notebook aktif, dan touchpad terdapat di bagian bawah keyboard.

Lampu indikator charger dan baterai tersemat di bagian sisi depan notebook. Hanya saja, lampu indikator baterai hanya menampilkan warna kuning, sehingga tidak membantu untuk mengetahui daya baterai saat hampir habis, ataupun telah terisi penuh.

 

Performa

Didukung prosesor Intel Core i5 dan RAM 4GB, notebook ini menyuguhkan performa yang tergolong baik, salah satunya saat membuka beberapa tab pada aplikasi internet Mozilla Firefox. Namun, respons notebook ini sempat sedikit lambat saat berpindah dari satu tab ke tab lainnya.

Performa baik juga tercatat pada hasil pengujian benchmark 3DMark Cloud Gate dengan perolehan nilai 4.611. Sementara saat diuji menggunakan aplikasi PCMark 8 Creative Conventional, notebook Lenovo ini berhasil meraih nilai 2221.





Hadir dengan layar 13,3 inci beresolusi 1366 x 768 pixel, notebook Lenovo ini mampu menyuguhkan tampilan dengan warna dan detil yang tergolong baik. Keterangan layar juga dapat diatur, dengan pengaturan tertinggi tergolong agak redup, untuk menghindari kelelahan pada mata akibat menatap layar dalam waktu lama.

Keyboard yang dibekali Lenovo pada notebook ini juga membantu dalam menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan. Hal ini disebabkan oleh ukuran tombol yang tergolong besar dan jarak antara tombol huruf yang sesuai. Sayangnya, keyboard tidak dilengkapi dengan dukungan pencahayaan sehingga sedikit menyulitkan saat digunakan di kondisi pencahayaan lingkungan yang redup.

Selain itu, pengalaman penggunaan menyenangkan juga didukung oleh tombol keyboard yang tergolong empuk. Namun, susunan tombol fungsi di sisi kanan seperti Home, End, Page Up dan Page Down yang bersebelahan dengan tombol Delete, Backspace dan Enter, membutuhkan waktu pembiasaan sedikit lebih lama, sehingga tidak akan tertekan secara tidak sengaja.



Untuk baterai, notebook yang berbekal baterai 2-cell ini mampu bertahan selama tiga jam 20 detik, berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan benchmark PCMark8. Sementara pada penggunaan harian, baterai perangkat dapat bertahan lebih lama, yaitu sekitar 5 jam.

 

Fitur

Selain hadir dengan dukungan Windows 10 sebagai sistem operasinya, Lenovo E31-80 80MX juga dibekali dengan sejumlah fitur dari Lenovo, salah satunya adalah Lenovo Solution Center. Lenovo Solution Center memungkinkan Anda melakukan pemindaian pada notebook serta menampilkan keterangan terkait kondisi perangkat.



Lenovo E31-80 80MX juga dilengkapi dengan layar berteknologi Anti-Glare, memungkinkan Anda menggunakannya di bawah paparan cahaya terang atau sinar matahari langsung, tanpa kahawatir terganggu oleh pantulan cahaya dari layar.

Layaknya notebook saat ini, Lenovo juga membekali E31-80 80MX dengan web cam yang tersemat pada bezel atas layar. Kamera ini didukung dengan resolusi 720p HD, memungkinkan Anda menikmati pengalaman video chat dengan kualitas gambar yang baik.


Kesimpulan

Hadir dengan desain sederhana dan elegan, notebook ini menyuguhkan kenyamanan saat dibawa berkat bobotnya yang tergolong ringan, serta performanya yang tergolong baik. Selain itu, kenyamanan penggunaan juga dihadirkan oleh keyboard, meski absennya dukungan pencahayaan pada keyboard sedikit menimbulkan kesulitan saat digunakan pada kondisi pencahayaan redup.
 
  Lenovo E31-80 80MX
Ukuran Layar  13.3" HD (1366x768)
Prosesor Intel Core i5-6200U
GPU Intel HD Graphics 520
RAM 4GB
Penyimpanan  1TB HDD
Dimensi 323 mm x 21.5 mm x 230 mm
Bobot 1.59 kg
Baterai 35 Whrs, 2Cells
Harga Rp11.150.000
 

Lenovo E31-80 80MX

 

7,8

  • Jarak tombol keyboard cukup jauh
  • Bobot tergolong ringan dan ramping
  • Performa cukup baik
  • Lampu indikator baterai tidak terlalu jelas
  • Tidak dilengkapi backlit pada keyboard



(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

3 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /