Review Power Supply

FSP HYDRO G 850W: Power Supply untuk Para Enthusiast

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 03 May 2016 23:23 WIB
review peripheral
FSP HYDRO G 850W: Power Supply untuk Para Enthusiast
FSP HYDRO G 850W

Metrotvnews.com, Jakarta: Membangun seuah PC tentunya harus dengan power supply. Ibaratnya, power supply adalah generator utama yang membangkitkan PC Anda. Memilih power supply juga harus hati-hati karena perangkat ini merupakan penyuplai daya ke seluruh perangkat di PC Anda.

Jika menggunakan power supply "abal-abal", resiko komponen lain di PC untuk rusak akan semakin besar. Hal tersebut dikarenakan power supply dengan komponen yang buruk akan menyebabkan tegangan yang tidak stabil pada PC dan merusak komponen lainnya.

FSP HYDRO G 850W mengeliminasi hal tersebut. PSU buatan FSP ini telah dirancang khusus untuk para gamer dan enthusiast PC yang rata-rata menggunakan hardware PC dengan konsumsi daya besar. Power supply ini memiliki tingkat efisiensi daya yang tinggi, yaitu di atas 90 persen, sehingga keluaran dayanya dipastikan tidak jauh dari angka 850 watt.



FSP juga memperkuat power supply ini dengan berbagai komponen dan teknologi terkini. Ia hadir dengan desain single rail bertegangan +12V dan active PFC di atas 99 persen. HYDRO G 850W juga telah menggunakan kapasitor E-Cap buatan Jepang yang diklaim memiliki durabilitas tinggi. Sebagai tambahannya, power supply ini juga dikatakan telah memiliki sertifikasi keamanan kelas dunia.

Untuk memudahkan pemasangan kabelnya, HYDRO G 850W hadir dengan sistem kabel modular. Kabel yang terdapat di power supply ini semuanya bisa dilepas sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Power supply ini telah kompatibel dengan desain motherboard yang menggunakan standar ATX12V dan kartu grafis yang menggunakan standar EPS12V. 



Bagi Anda yang ingin menggunakan kartu grafis ganda, power supply ini juga telah memiliki sertifikasi SLI dan CrossFire. Sementara itu, bagi Anda yang gemar menggunakan banyak hard disk, power supply ini juga menyediakan 12 konektor SATA yang bisa digunakan. 

Salah satu keunikan power supply ini bukan hanya dari fitur yang telah disebutkan sebelumnya, ia juga memiliki kipas 135mm yang mampu mendinginkan komponen di dalamnya secara optimal. Tidak hanya itu, kipas ini juga tidak akan bekerja bila suhu komponen power supply ini masih berada di bawah batas wajar. Kemampuan tersebut tentunya akan berdampak pada daya yang dikonsumsi serta suara yang dihasilkan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.