Review Mini PC

ASUS VivoMini UN65H, Mini PC untuk Keluarga dan Pekerja

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 15 Sep 2016 11:26 WIB
review peripheral
ASUS VivoMini UN65H, Mini PC untuk Keluarga dan Pekerja
ASUS VivoMini UN65H

Metrotvnews.com, Jakarta: Industri mini PC mungkin tidak begitu terdengar karena sedikit konsumen yang mengadopsinya. Padahal, untuk perusahaan skala menengah atau UKM, keberadaan PC mungil bisa membantu meningkatkan efisiensi anggaran pengadaan inventaris internal.

Tidak sepenuhnya menyasar kelas korporasi, mini PC juga dirancang untuk tersedia di ruang keluarga. Kebutuhannya bisa difokuskan untuk multimedia.

Salah satu produk mini PC dari ASUS yang teranyar adalah ViVoMini UN65H. Secara ukuran, mini PC ini memang mempunyai ukuran yang sangat ringkas, menyaingi produk lain di kelas yang sama. Ciri khas ASUS pada produk mini PC mereka adalah penggunaan desain yang sederhana dan elegan.

Kesan elegan ini terlihat pada balutan warna abu-abu cenderung hitam yang menyeluruh, dengan logo ASUS berwarna perak di sisi atas. Penutup sisi atas menggunakan tekstur khusus yang bisa menghasilkan efek pantulan cahaya.



Beralih ke sisi pinggir, ASUS VivoMini UN65H menyediakan antarmuka yang tidak banyak, tetapi cukup lengkap. Hanya terlihat tombol power di pinggir depan dan pengunci Kensington di pinggir kanan. Sisa antarmukanya, yaitu dua port USB 3.0 dan satu slot SD Card di pinggir kiri, dan port power, HDMI, DisplayPort, dua port USB 3.0, dan satu port Ethernet di belakang. Mini PC ini juga menyediakan jack audio 3,5 mm.

Desainnya ASUS VivoMini UN65H seperti tidak memiliki ruang sirkulasi udara, tetapi itu hanya terlihat dari depan. ASUS menyediakan lubang udara yang cukup banyak di bagian bawah dan belakang. Alhasil, panas yang dikeluarkan cukup efisien. Penutup bawah ini juga menjadi tempat pemasangan sekrup yang mengunci akses ke komponen dalam. Ada empat sekrup yang ditutupi lapisan karet, yang juga berfungsi sebagai alas ketika dipasang dalam posisi biasa. ASUS VivoMini UN65H juga menyediakan tempat pengunci kosong jika pengguna ingin meletakkannya secara vertikal di belakang monitor atau televisi.



Untuk spesifikasinya, ASUS VivoMini UN65H hadir dalam beberapa varian. Unit yang datang ke meja pengujian Metrotvnews.com menyematkan prosesor Intel Core i3-6100U 2,3Ghz, yang berduet dengan RAM 4GB. Ruang penyimpanan data menggunakan HDD 2,5 inci 500GB. Anda bisa saja menambah kapasitas RAM dan ruang penyimpanan, dengan cara menambahkan komponen yang sesuai lewat penutup bawah. Pemasangannya juga cukup mudah walaupun ukuran mini PC agak kecil. ASUS VivoMini UN65H juga mendukung konektivitas nirkabel via WiFi dan Bluetooth.

Spesifikasi yang tersedia memungkinkan pengguna menjalankan berbagai keperluan kantoran dan hiburan.  Anda tidak akan menemukan masalah ketika menjalankan aplikasi Microsoft Office dan Adobe Photoshop, yang sudah dibungkus dengan sistem operasi Windows 10. Begitu juga untuk kebutuhan hiburan, ketika berduet dengan TV, pengguna bisa memutar film pada resolusi 4K. Ketersediaan tiga port visual sekaligus memungkinkan ASUS VivoMini UN65H menampilkan gambar ke tiga macam perangkat sekaligus. Tidak perlu khawatir dengan konsumsi daya karena mini PC selalu dirancang untuk hemat listrik.



Satu-satunya kekurangan yang saya lihat adalah tidak ada tanda khusus untuk tempat pembuka mini PC. Pengguna biasanya mencoba membuka mini PC dari penutup atas, sehingga bagian pinggirnya akan mudah rusak. Ada baiknya Anda membaca petunjuk penggunaan yang sudah tersedia di paket penjualan sebelum membukanya.

ASUS VivoMini UN65H adalah mini PC dengan spesifikasi yang sesuai di kelasnya. Desain yang elegan khas ASUS membuatnya sebagai sebuah produk yang eksklusif, walaupun ada juga produk pesaing di kelas yang sama. Sebagian orang mungkin berpikir mini PC tidak begitu menarik, tetapi tidak untuk konsumen yang lebih suka komputer yang tidak rumit dalam hal pemasangan.
 


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

3 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /