Review Aplikasi

Suka Jualan Kecil-kecilan? Coba Microsoft Sprightly

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 25 Feb 2016 11:50 WIB
review aplikasi
Suka Jualan Kecil-kecilan? Coba Microsoft Sprightly
Tampilan Sprightly untuk Android.

Metrotvnews.com, Jakarta: Microsoft tampaknya akan terus mengembangkan berbagai aplikasi untuk Android dan iOS. Salah satu yang terbaru yang ada saat ini adalah Sprightly.

Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk membantu penggunanya membuat kolase foto atau gambar. Berbeda dengan aplikasi kolase lainnya, aplikasi ini lebih ditujukan untuk para pelaku bisnis kecil. Sprightly memudahkan Anda untuk membuat daftar harga atau katalog barang digital. 

Saat membuka aplikasi ini, Anda akan melihat tombol "Create new" di bagian bawah. Tap tombol tersebut dan Anda akan diminta untuk memilih tipe kolase yang hendak Anda buat. Terdapat 4 tipe kolase dalam aplikasi ini, yaitu katalog, daftar harga, e-card dan selebaran. 

Microsoft Sprightly

Masing-masing tipe kolase akan memiliki batas maksimal jumlah gambar yang dapat dimasukkan. Misalnya, e-card hanya memerlukan satu gambar, katalog dapat memuat gambar hingga 10 gambar, sementara daftar harga memiliki batas maksimal sebanyak 6 gambar dan selebaran dapat memuat hingga 4 gambar.

Setelah memilih tipe kolase yang hendak Anda buat, Anda akan diminta untuk memasukkan gambar. Anda dapat memasukkan gambar dari Gallery atau mengambil foto secara langsung dengan memilih opsi kamera. Gambar yang pernah digunakan akan masuk ke dalam bagian Collections. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan gambar yang sama berulang kali dengan lebih mudah.

Jika sudah memasukkan gambar, Anda akan diminta untuk memilih template kolase. Saat ini, template yang Microsoft sediakan masih sangat terbatas. Selain memasukkan gambar, Anda juga bisa memasukkan informasi mengenai produk yang Anda tampilkan, seperti harga misalnya.

Anda bahkan dapat memasukkan informasi mengenai toko/bisnis. Namun, informasi yang dapat Anda masukkan hanya sebatas nama dan nomor telepon.

Microsoft Sprightly

Setelah selesai membuat daftar harga/katalog barang digital, Anda juga dapat langsung membagikannya. Sayangnya, saat ini, Anda hanya dapat membagikan hasil dari aplikasi ini melalui Facebook dan WhatsApp.

Seorang pengguna menyadari hal ini dan memprotes Microsoft pada bagian review. Microsoft menjawab, mereka akan menyediakan opsi channel lain. 

"Kami hanya menyediakan Facebook dan WhatsApp untuk melihat sentimen pengguna," tulis Microsoft.


(MMI)

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar
CES 2018

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar

1 day Ago

Lenovo Smart Display menghadirkan layanan asisten digital Google Assistant dalam bentuk layar s…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.