Review MiFi

Smartfren Andromax M3Y, Baterai Lebih Besar

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 19 Sep 2016 14:33 WIB
smartfren andromaxreview peripheral
Smartfren Andromax M3Y, Baterai Lebih Besar
Smartfren Andromax M3Y.

Metrotvnews.com, Jakarta: Penetrasi smartphone turut berdampak pada kebutuhan konektivitas jaringan komunikasi. Hal ini turut menjadi penyebab konektivitas jaringan komunikasi menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan keseharian masyarakat.

Hal ini juga disadari oleh salah satu penyedia layanan komunikasi, Smartfren dengan menghadirkan perangkat modem WiFi mobile. Salah satu perangkat terbarunya adalah Andromax M3Y yang diluncurkan pada bulan Juli lalu, bersamaan dengan perangkat lainnya yaitu Andromax M3Z.



Smartfren Andromax M3Y hadir dengan desain ringkas, dalam balutan warna hitam dengan hiasan warna perak mengelilingi tombol daya di bagian depan perangkat, sertas sebagai panduan untuk lokasi ikon dan lampu indikator baterai, sinyal LTE, WPS, dan WiFi.

Sementara itu, Anda dapat menemukan logo khas Andromax di bagian atas ikon dan lampu indikator tersebut. Perangkat ini hadir dengan bodi sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu Andromax M2Y.

Mengaktifkan Andromax M3Y akan menghidupkan lampu indikator baterai, sinyal LTE, WPS, dan WiFI di sekeliling tombol daya. Lampu indikator akan menyala dalam warna biru, jika perangkat dalam keadaan aktif dan dukungan sinyal baik.

Sementara untuk baterai, warna hijau menandakan daya baterai penuh hingga bersisa sebanyak (berapa) persen. Namun, bagi pengguna yang terbiasa dengan indikator garis pada layar, indikator warna ini mungkin akan membutuhkan waktu pengingat dan pemahaman sedikit lebih lama.



Untuk dapat menikmati jaringan yang ditawarkannya, Anda akan diminta melakukan registrasi dan aktivasi kartu SIM terlebih dahulu layaknya pada penyedia layanan jaringan komunikasi lainnya. Setelahnya, Anda dapat menikmati layanan yang ditawarkan Smartfren.

Selama pengujian, perangkat dapat terhubung ke hingga empat perangkat tanpa kendala berarti. Kami hanya perlu memilih nama WiFi pada pengaturan dan memasukan password. Namun, Smartfren mengklaim perangkatnya mampu terhubung hingga 31 perangkat secara bersamaan.

Serupa pendahulunya, M3Y juga mengalami peningkatan suhu pada perangkat, yang terasa saat menyentuh bagian depan perangkat dalam waktu sekitar 10 menit setelah perangkat diaktifkan.



Hadir dengan dimensi lebih tebal, Andromax M3Y hadir dengan kapasitas baterai 3.000 mAh, lebih besar jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, M2Y, dengan kapasitas baterai 2.000 mAh.

Bekal kapasitas tersebut memungkinkan perangkat menyuguhkan jaringan WiFi selama hingga 15 jam. Namun, hal ini juga bergantung pada kondisi sinyal jaringan di lokasi penggunaan.

Sebagai informasi, saat ini jaringan Smartfren telah tersedia di 200 kota di seluruh Indonesia, meningkat dari jumlah sebelumnya yang mencapai 150 kota. Jika Anda sebelumnya merupakan pengguna MiFi besutan Smartfren, dan merasa ada MiFi Anda sebelumnya perlu pembaruan, maka Andromax M3Y layak dibeli.


(MMI)

Video /