Review Motherboard

ASUS ROG STRIX Z370-E GAMING, Lengkap dan Stabil

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 07 Dec 2017 07:48 WIB
asusreview motherboard
ASUS ROG STRIX Z370-E GAMING, Lengkap dan Stabil
ASUS ROG STRIX Z370-E GAMING

Jakarta: Jika Anda membaca ulasan kami mengenai dua prosesor Coffee Lake, yaitu Intel Core i7-8700K dan Core i5-8400, Anda bisa melihat kami menggunakan motherboard ASUS ROG STRIX Z370-E GAMING untuk menguji dua prosesor tersebut. Kali ini giliran motherboard tersebut yang diulas. 

Seperti seri motherboard STRIX sebelumnya, motherboard ini diposisikan tepat di bawah seri motherboard ROG dan secara kasta ia masih hadir untuk pengguna menengah atas. Motherboard ini juga masih hadir dengan beragam fitur eksklusif yang hanya bisa ditemukan di motherboard ASUS, termasuk fitur terbaru yaitu OptiMem.

Desain Berubah

ROG STRIX Z370-E GAMING memiliki desain yang berbeda dengan motherboard STRIX sebelumnya. Motherboard ini kini tampil dengan desain heatsink yang lebih luas di bagian chipset. Selain itu, heartsink dan penutup panel belakangnya juga bertambah besar. Heatsink juga kini berwarna silver, sementara papannya masih berwarna hitam.



Kami juga suka dengan penempatan lampu LED RGB pada motherboard ini yang tidak terlalu ramai, sehingga tampilannya tidak terlihat murahan. Selain itu, motherboard ini juga memiliki heatsink khusus untuk M.2 SSD di slot bagian bawah. Perlu diperhatikan ASUS menghadirkan heatsink di motherboard ini, bukan sekadar penutup yang diberi thermal pad.

Lengkap

ROG STRIX Z370-E GAMING juga merupakan motherboard dengan fitur yang tergolong sangat lengkap. Selain memiliki tiga slot PCIe x16, empat slot PCIe x1, dua slot M.2 NVMe, dan 6 port SATA. Dengan berbagai fasilitas tersebut, pengguna motherboard ini seharusnya sudah sangat cukup memiliki banyak opsi untuk penyimpanan dan penggunaan berbagai perangkat tambahan lainnya.



Selain itu, motherboard ini juga sudah mendukung berbagai teknologi baru termasuk penggunaan Optane Memory. Fitur dan teknologi ASUS juga bisa ditemukan disini seperti 5-Way Optimization yang berjalan menggunakan Dual Intelligent Processors 5, hingga fitur EZ Flash 3 dan CrashFree BIOS 3 untuk sistem BIOS-nya.

Satu teknologi baru yang paling menarik dan ada di motherboard ini adalah OptiMem. Teknologi OptiMem bekerja dengan tiga fondasi utama, yaitu meningkatkan stabilitas, kompabilitas, dan performa.Teknologi OptiMem bekerja dengan tiga fondasi utama, yaitu meningkatkan stabilitas, kompabilitas, dan performa.



OptiMem bekerja dengan menstabilkan sinyal pada jalur komunikasi RAM dengan prosesor. Melalui jalur khusus tersebut, sinyal data bisa ditransmisikan dengan lebih baik sehingga bisa meningkatkan performa secara keseluruhan.

Satu hal lain yang membuat motherboard ini lebih menarik dari yang lain adalah adanya adapter Wi-Fi 802.11.ac yang sudah tertanam. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot menyambungkan motherboard ini menggunakan kabel ke router agar bisa terhubung ke internet. Wi-Fi di motherboard ini juga mendukung teknologi MU-MIMO serta frekuensi dual band sehingga bisa digunakan di berbagai router modern.

Performa Standar namun Stabil

Dibandingkan dengan salah satu pesaingnya yang baru kami ulas beberapa hari yang lalu, motherboard ini tergolong memiliki performa yang setara. Dalam pengujian yang kami lakukan, ROG STRIX Z370-E GAMING kalah di pengujian sintesis menggunakan PCMark dan 3DMark.

Sedangkan di pengujian menggunakan Cinebench R15 performa motherboard ini unggul dari pesaingnya, baik dari segi single threading maupun multi threading.



Performa gaming-nya juga tergolong sangat baik. Diuji menggunakan kartu grafis MSI GTX 1080 GAMING 8G dan prosesor Core i7-8700K, ROG STRIX Z370-E GAMING mampu menghadirkan rata-rata framerate di sekitar 60fps pada pengujian menggunakan game Ashes of The Singularity, The Witcher 3, dan Ghost Recon Wildlands.



Yang menarik, performa gaming motherboard ini terasa berbeda dengan pesaingnya. ROG STRIX Z370-E GAMING lebih stabil dengan tingkat framerate drop yang rendah. Ini tentu merupakan keuntungan tersendiri yang perlu dipertimbangkan.

Kesimpulan

ASUS ROG STRIX Z370-E GAMING memang lebih mahal dari beberapa motherboard pesaingnya. Namun, dengan banderol harga di kisaran Rp4,3 juta, motherboard ini masih sangat layak untuk dimiliki. Alasan utamanya bukan performa melainkan fitur yang ditawarkannya. Fitur di motherboard ini sangat lengkap, bahkan ia memiliki adapter Wi-Fi 802.11ac. 

Selain itu, motherboard ini merupakan salah satu yang sudah menggunakan teknologi OptiMem. Dari pengujian yang kami lakukan juga motherboard ini terlihat memiliki performa yang lebih stabil.
 

ASUS ROG STRIX Z370-E GAMING

  • Performa stabil
    + Fitur lengkap
    + Desain baru lebih bagus
     
  • - Performa termasuk standar
    - Harga sedikit di atas rata-rata
     



(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /