Review Motherboard

ASUS ROG Maximus X APEX, Kencang Tanpa Kompromi

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 08 Dec 2017 23:48 WIB
asusreview motherboard
ASUS ROG Maximus X APEX, Kencang Tanpa Kompromi
ASUS ROG Maximus X APEX

Jakarta: Salah satu motherboard favorit kami untuk platform X299 adalah ASUS ROG Rampage VI APEX. Motherboard tersebut memang dirancang untuk pengguna yang haus akan performa dan secara spesifik memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya menghadirkan performa lebih tinggi dari standar performa motherboard lainnya.

Namun, motherboard tersebut hadir untuk prosesor kelas atas yang menggunakan platform HEDT (High End Dekstop) X299. Jangan khawatir, ASUS kali ini menghadirkan varian motherboard APEX untuk platform mainstream terbaru Intel Z370.

Masih Untuk Balapan

Hadir dengan nama varian yang sama, motherboard bernama ASUS ROG Maximus X APEX ini memang masih dirancang khusus untuk "balapan". Sama seperti saudara X299-nya, motherboard ini kembali hadir dengan berbagai fiturnya yang khas. Salah satu yang paling mencolok adalah jumlah slot RAM yang dipangkas jadi 2 slot.



Pemangkasan tersebut bukan tanpa tujuan. ASUS ingin motherboard ini bisa menghadirkan performa yang maksimal di atas level optimal. Untuk itulah slot RAM pada motherboard ini dipangkas agar jalur datanya tidak banyak terbagi-bagi ke setiap modul DDR4 DIMM yang dipasang.

Beberapa fitur unik lain yang ada di motherboard ini adalah terdapat switch khusus yang memungkinkan Anda mematikan slot PCIe yang tidak terpakai agar sumber daya pengoperasiannya digunakan ke slot tertentu secara optimal. Kontrol lain yang ada di motherboard ini adalah berbagai tombol untuk mengakses fungsi tertentu yang terdapat di BIOS, salah satunya adalah tombol untuk mengganti BIOS.



Selain itu, ROG Maximus X APEX sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi ASUS terbaru, salah satunya adalah OptiMem.  Teknologi OptiMem bekerja dengan tiga fondasi utama, yaitu meningkatkan stabilitas, kompabilitas, dan performa. 

OptiMem bekerja dengan menstabilkan sinyal pada jalur komunikasi RAM dengan prosesor. Melalui jalur khusus tersebut, sinyal data bisa ditransmisikan dengan lebih baik sehingga bisa meningkatkan performa secara keseluruhan.

Desain Solid dan Tidak "Ramai"

Meski merupakan motherboard premium, ROG Maximus X APEX tidak memiliki hiasan berupa RGB LED. Motherboard ini benar-benar tampak sangat fokus ke performa sehingga desainnya tidak "ramai". Meski demikian, desain motherboard ini lebih mengedepankan fungsi ketimbang tampilan dan hal tersebut yang membuat performanya semakin baik.

Heatsink di motherboard ini juga sangat bagus. Selain materialnya bisa menyebarkan panas dengan optimal, wilayah heatsink di motherboard ini juga sangat luas. Bahkan bagian panel belakang yang biasanya dilincungi dengan pelindung berbahan plastik, ASUS menyediakan heatsink berbagan metal di motherboard ini.



ROG Maximus X APEX juga tidak memiliki slot M.2. Perangkat M.2 dipindahkan ke samping RAM dan dipasang melalui sebuah slot khusus bernama DIMM.2 perangkat ini memungkinkan Anda memasang 2 M.2 PCIe SSD.

Jangan Tanya Performa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ASUS ROG Maximus X APEX merupakan motherboard khusus untuk balapan. Tidak ada artinya motherboard ini memiliki performa yang lebih rendah dari para pesaingnya, bahkan saudaranya sendiri yang menggunakan chipset Intel Z370.

Dari pengujian yang kami lakukan, ROG Maximus X APEX berhasil unggul di segala aspek. Ya, semua bentuk pengujian menunjukkan motherboard ini memiliki performa yang lebih baik dari berbagai motherboard Z370 yang sudah kami uji. Berikut adalah hasilnya:



Tidak hanya pengujian sintesis, pengujian menggunakan game juga menunjukkan motherboard ini memang mampu menyajikan performa yang paling baik di kelasnya. Bahkan, salah satu game yaitu Ghost Recon Wildlands memiliki rata-rata framerate hingga 93fps, jauh dibandingkan dengan motherboard pesaingnya.



Kesimpulan

Jika Anda lebih mengutamakan performa dan senang dengan kegiatan overclocking atau ingin memiliki motherboard yang dipenuhi fitur optimalisasi, ASUS ROG Maximus X APEX merupakan jawabannya. Motherboard ini menawarkan semua fitur yang dibutuhkan oleh Anda untuk menghadirkan pengaturan yang membuat PC berjalan lebih kencang dari yang lain.

Anda memang hanya bisa memasang dua modul RAM di motherboard ini dengan kapasitas maksimal 32GB. Namun, kami rasa kapasitas tersebut sudah jauh lebih dari cukup untuk bermain game dan menjalankan program berat sekalipun.

Jika Anda membutuhkan RAM yang lebih banyak, Anda bisa menggunakan Rampage VI APEX yang menawarkan slot RAM lebih banyak.

Satu-satunya kendala bagi sebagian besar gamer mungkin dari segi harga. ASUS ROG Maximus X APEX dibanderol seharga Rp6.275.000, hampir dua kali lipat dari beberapa motherboard Z270 ROG STRIX. Menimbang fitur eksklusif yang ditawarkannya, harga tersebut masih cukup wajar.
 

ASUS ROG Maximus X APEX

  • Performa kencang
    Utamakan fungsional
    Dilengkapi teknologi baru
     
  • Harga agak mahal
     



(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

6 days Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.