Review Laptop

Acer Spin 5, Punya Banyak Gaya dan Menjanjikan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 13 Nov 2017 08:10 WIB
acerreview laptop
Acer Spin 5, Punya Banyak Gaya dan Menjanjikan
Laptop Acer Spin 5 memiliki desain laptop convertible dengan engsel yang memungkinkan layarnya berputar 360 derajat sehingga menyediakan beberapa mode bentuk penggunaan termasuk seperti tablet.

Metrotvnews.com, Jakarta: Nama Acer mungkin tidak terdengar lagi di industri smartphone, tapi merek asal Taiwan tersebut masih punya posisi di industri laptop. Di segmen consumer, nama serta produknya masih pantas untuk dilirik.

Misalnya saja, laptop Acer seri Spin 5 yang mempunyai lekuk tubuh fleksibel. Fleksibel karena perangkat ini memiliki layar dengan engsel yang bisa berputar hingga 360 derajat alias convertible. Laptop ini bisa dipergunakan dalam mode laptop, tablet, dan tent.



 



Desain

Acer Spin 5 memiliki desain yang terbilang minimalis. Materialnya saja menggunakan bahan plastik hanya di bagian cover di balik layarnya (lid) yang menggunakan bahan aluminum dengan sentuhan desain brushed metal

Metrotvnews.com menjajal Acer Spin 5 yang berwarna abu-abu dengan akses warna metalik di setiap tepiannya. Penggunaan material plastik tadi tampaknya tidak menjadi masalah sebab tampilannya sudah cukup membuat laptop ini terlihat mewah.

Acer Spin 5 hanya memiliki bobot seberat 1,58kg yang tentu saja bobot tersebut termasuk yang sangat ringan. Ketebalannya hanya 15,9mm saja jadi perpaduan desain yang ramping dan bobot yang ringan membuat laptop ini layak untuk dipakai.



Berbeda dengan laptop ringan dan tipis yang kadang berakibat berkurangnya ukuran layar yang harus lebih kecil. Metrotvnews.com menggunakan Acer Spin 5 varian layar berukuran 13,3 inci, dan ukuran ini sudah sangat cukup lega.

Dengan alasan desainnya yang sangat ramping, lubang kipas laptop terletak di bagian bawah. Hal ini menyebabkan panas dari perangkat laptop bisa terasa hingga kebagian permukaan keyboard ketika lubang kipas tertutup rapat. Jadi, memang kurang nyaman apabila digunakan di atas pangkuan paha.

Keyboard yang disediakan cukup nyaman dengan tambahan backlit yang mampu memperjelas kegiatan mengetik Anda ketika di kondisi ruangan dengan pencahayaan yang redup. 

Sayangnya untuk ukuran keyboard di bagian tanah panah ukurannya sangat kecil, sehingga tidak heran membuat penggunanya sering typo. Tombol tanda panah tersebut dibagi untuk dua jenis fungsi, jadi ukurannya sangat kecil sekali.

 

Fitur

Untuk layarnya yang berukuran 13,3 inci, Acer Spin 5 menyajikan kualitas yang cukup nyaman di mata. Acer Spin 5 menyediakan layar resolusi Full HD (1920 x 1080p) dengan warna yang sangat cerah dan tajam.

Selain itu, karena laptop ini mendukung mode penggunaan seperti tablet maka layarnya juga mendukung fitur layar sentuh serta Acer Active Stylus yang dibekali dalam paket penjualannya. Selama uji coba, layar Acer Spin 5 mampu memberikan respons yang cukup cepat.

Kualitas audionya juga cukup jernih dan tajam ketika diperguankan untuk memutar konten video maupun audio. Kemampuan ini didukung oleh penggunakan teknologi Dolby Audio pada Acer Spin 5. Dengan desain lubang speaker yang terletak di antara layar dan papan keyboard membuat audio yang dihasilkan terasa sangat jelas.



Di bagian trackpad Anda akan menemukan sebuah permukaan persegi dengan ukuran lebih kecil dan berwarna hitam. Permukaan tersebut berfungsi sebagai pemindai sidik jari. 

Konektivitas yang tersedia di antaranya yakni 1 port USB 3.0, 2 port USB 2.0, 1 port HDMI, dan tidak ketinggalan port SD card reader. Untuk tombol 'power' Acer Spin 5 meletakkan tombol tersebut di bagian sisi kanan perangkatnya, termasuk tombol volume yang desainnya menyerupai tombol daya dan volume di smartphone.

Desain ini mungkin ditujukan ketika laptop Acer Spin 5 dipergunakan dalam mode tablet. Namun di sisi lain posisi kedua tombol tersebut membuatnya seringkali tidak sengaja tersentuh ketika kita menggunakannya dalam mode laptop dan hendak mengangkat perangkat tersebut.

 

Performa

Meskipun menjadi laptop yang ditujukan untuk pekerja mobile dan memiliki desain perangkat yang ramping serta ringan, bukan berarti Acer Spin 5 memiliki dapur pacu yang setara laptop reguler yang hanya mengandalkan desain convertible.

Acer Spin 5 (SP513-52N) dibekali prosesor Intel generasi ke-8 Intel Core i5-8250U dengan RAM berkapasitas 8GB DDR4. Kapasitas memori internal yang disediakan sebesar 256GB dengan jenis penyimpanan menggunakan M.2 80mm SATA SSD.

Kartu grafisnya menggunakan Intel UHD Graphics dengan Video RAM sebesar 128MB sehingga jangan berhaarap bahwa laptop ini cukup kuat untuk memainkan game. Berdasarkan percobaan untuk memainkan game 'South Park: The Fractured but Whole' yang memiliki desain grafis 2D laptop ini mengeluarkan suhu panas hingga permukaan keyboard yang sangat tidak nyaman.



Berdasarkan pengujian menggunakan beberapa software pengujian, Acer Spin 5 mampu menandingi nilai pengujian software pada laptop ASUS ZenBook Flip S (UX370U) yang menggunakan prosesor setingkat di atas Acer Spin 5 yakni Intel Core i7-7500U. 

Acer Spin 5 juga diklaim mampu bertahan hingga 13 jam, namun berdasarkan pengujian menggunakan software PC Mark 8 dengan mode pengujian baterai Creative-Conventional diperoleh hasil bahwa Acer Spin 5 mampu bertahan hingga 3 jam 30 menit. Ketika guna hanya untuk mengetik dan terkoneksi internet laptop ini bisa bertahan hingga 5 jam.


Kesimpulan
Acer Spin 5 merupaka laptop yang cocok bagi mereka yang mencari laprtop dengan desain fleksibel dibarengan bobot ringan dan desain ramping. Meskipun begitu, saya yakin bahwa mode tablet akan jarang dipergunakan karena ukurannya layar 13 inci yang terbilang lebar dan bobotnya sangat berat untuk mode tablet.

Jika Anda ingin yang bisa dipergunakan sebagai tablet, laptop dengan model hybrid berdesain detachable atau yang layarnya bisa dilepas sebagai tablet mungkin lebih pas. Nilai tambah Acer Spin 5 adalah dia menyediakan stylus dalam paket penjualannya.

Performanya terbilang sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan profesional atau bekerja. Jangan untuk bermain game. Suhunya akan langsung naik dan membuat laptop ini tidak nyaman karena panasnya terasa menyengat di permukaan keyboard. 

Tetap saja jika saya diberikan kesempatan untuk memiliki sebuah ultrabook dengan model convertible maka Acer Spin akan masuk dalam daftar perangkat laptop yang bakal saya beli.

 
  Acer Spin 5 (SP513-52N)
Ukuran Layar  13,3 inci IPS Full HD (1920x1080 pixel)
Prosesor Intel Core i5-8250U @1,60 GHz
GPU Intel UHD Graphics 620
RAM 8GB LPDDR4 
Penyimpanan  256GB M.2 SATA SSD
Baterai 54Wh 3-cell Lithium-Polymer
Harga Rp13.999.000
 

Acer Spin 5 (SP513-52N)

 

8,2


+ Ringkas, ringan, convertible
+ Performa bisa diandalkan
+ Kualitas layar dan audio bagus
+ Tersedia stylus dalam paket penjualan

- Posisi tombol power dan volume yang mudah tersentuh
- Suhu laptop tergolong tinggi
- urang ringan untuk mode tablet
Bagaimana Kami Menguji.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

11 hours Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /