Review Monitor

LG 27UD68, Spesialis Gaming 4K Berkat AMD FreeSync

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 01 Oct 2016 12:32 WIB
review peripheral
LG 27UD68, Spesialis Gaming 4K Berkat AMD FreeSync
Monitor gaming LG 27UD68

Metrotvnews.com, Jakarta: Monitor PC hadir dalam berbagai varian di pasar. Salah satu varian yang paling dikenal adalah monitor khusus gaming. Monitor yang memang dirancang untuk keperluan bermain game ini sudah dipastikan hadir dengan berbagai fitur untuk menunjang penggunanya dalam bermain game, mulai dari dukungan resolusi 4K, response time yang kencang, hingga dukungan refresh rate yang tinggi.

Sebagai produsen televisi dan monitor PC yang cukup dikenal, LG juga memiliki lini monitor gaming, salah satunya adalah LG 27UD68. Monitor gaming ini hadir dengan mengunggulkan desainnya yang ramping, dukungan terhadap resolusi 4K, serta teknologi AMD FreeSync.



Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, LG 27UD68 memiliki bodi yang ramping. Berbeda dengan kebanyakan monitor gaming di pasar, desain bodi LG 27UD68 juga sama sekali tidak mencerminkan jika ia adalah sebuah monitor gaming. Monitor gaming yang memiliki ukuran layar 27 inci ini juga hadir dengan bezel tipis dengan nuansa mirip sekali dengan televisi modern.

LG 27UD68 disangga oleh sebuah kaki dengan desain Archline, yaitu desain khusus yang menghadirkan dasar kaki melengkung. Kaki penyangga monitor ini menggunakan kerangka besi yang dilapisi plastik. Sayangnya, karena hanya disangga oleh satu kaki, monitor ini menjadi mudah oleng dan tidak kukuh seperti monitor gaming pada umumnya.



Kembali ke desainnya yang ramping, monitor ini dapat tampil minimalis juga berkat penggunaan layar dengan panel IPS. Layar IPS memang sangat ramping, namun ada hal yang harus dikorbankan yaitu response time tidak sekencang panel TN yang biasa digunakan di monitor gaming pada umumnya.

Ya, LG 27UD68 hanya memiliki response time 5ms. Cukup cepat untuk bermain game, namun masih sangat lambat ketimbang kompetitornya yang dapat menghadirkan response time 1ms. Ini membuat LG 27UD68 tidak cocok digunakan oleh para gamer profesional yang suka bermain game kompetitif.

Kekurangan lain yang dimiliki oleh monitor ini adalah refresh rate yang hanya sebesar 60Hz. Itu artinya, monitor ini hanya mampu menghadirkan frame rate maksimal 60fps. Spesifikasi tersebut juga berada jauh di bawah kompetitor lain yang bisa menghadirkan refresh rate 120Hz, bahkan ada yang hingga 144Hz.



Untungnya, LG 27UD68 didukung oleh teknologi AMD FreeSync. Teknologi ini memungkinkan gambar tidak lagi mengalami screen tearing atau stuttering, namun harus dipadukan dengan kartu grafis AMD untuk menghidupkan fiturnya.

Untuk urusan gambar, kami cukup puas karena LG 27UD68 mampu menampilkan kualitas gambar yang sangat baik. Bahkan monitor ini memiliki mode gaming khusus dengan preset RTS dan FPS. Anda juga bisa membuat preset sendiri melalui menu pengaturannya.

Salah satu keunikan LG 27UD68 adalah sistem kontrolnya yang sangat simpel. Di bagian bawah monitor ini terdapat sebuah tombol analog yang dapat digunakan untuk melakukan navigasi di menu pengaturannya. Selain mudah, sistem kontrol analog pada monitor ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengaturan secara lebih cepat.

Kesimpulan

LG 27UD68 memang memiliki cukup banyak kelebihan, mulai dari dukungan resolusi 4K, teknologi FreeSync, hingga memiliki bodi ramping dan sistem kontrol yang sangat nyaman. Kualitas gambarnya juga sangat bagus dan sudah memiliki preset khusus yang bisa digunakan langsung.

Sayangnya, secara spesifikasi monitor gaming ini cukup tertinggal ketimbang monitor gaming lainnya. Ia hanya memiliki refresh rate 60Hz, dan penggunaan panel IPS menyebabkan monitor ini hanya memiliki response time 5ms. Meski demikian, LG 27UD68 merupakan monitor gaming 4K yang cukup terjangkau, yaitu dengan banderol harga Rp6,1 juta.
 
  • Kualitas gambar bagus
  • Resolusi 4K
  • Bodi ramping
  • Dukungan AMD FreeSync
  • Penyangga kurang kukuh
  • Refresh rate 60Hz
  • Response time masih tergolong tinggi



(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /