Review Headset

Corsair HS70, Headset Gaming Premium Terjangkau

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 01 Jun 2018 09:41 WIB
corsairreview headset
Corsair HS70, Headset Gaming Premium Terjangkau
Corsair HS70 Wireless Gaming Headset.

Jakarta: Banyak sekali merek yang mengklaim menyediakan headset gaming dengan kualitas terbaik. Sejauh pengalaman Medcom.id, merek seperti Corsair adalah salah satu yang benar-benar menghadirkan perangkat gaming premium.

Medcom.id menjajal headset gaming terbaru Corsair HS70 Wireless Gaming Headset yang memiliki model over-ear. Mendengar nama headset gaming pasti yang terlintas adalah harganya yang mahal. Perlu diketahui bahwa produk ini hanya dibanderol USD90 atau senilai Rp1,2 juta, yang sebetulnya tergolong murah untuk sebuah headset gaming dari merek ternama.

Melihat desainnya, Anda akan sepakat dengan pendapat kami bahwa headset ini layak disebut headset gaming premium, meskipun aksen seperti LED RGB harus absesn. Jujur bagi saya LED RGB sebetulnya tidak terlalu penting.

Bodi dan desainnya terlihat kukuh. Corsair menyebut bahwa mereka menggunakan material aluminium, bodinya memang terlihat tebal tapi masih terasa ringan digenggaman. Bodinya yang tebal karena dibalut dengan bantalan busa yang tebal dan lentur di bagian tangkai serta ear cup.



Bantalan busa yang tebal tersebut tampaknya menjadi bagian yang membantu meredakan suara bising di sekitar kami saat menggunakan. Pengalaman saya, efek ini sangat baik meskipun tidak benar-benar membuat menjadi kedap suara.

Apabila bantanan busa yang tebal biasanya membuat telinga pegal dalam penggunaan jangka lama, kondisi tersebut tidak kami temukan saat menggunakan Corsair HS70 Wireless Gaming Headset. Panjang rentang earcup bisa diatur dengan cukup leluasa sehingga bisa digunakan untuk mereka dengan ukuran kepala yang besar maupun kecil.

Desain grill pada bagian luar earcup menurut kami menambah kesan premium sekaligus macho dari headset ini. Pada tepi luar earcup sebelah kiri terlihat deretan tombol fungsi mulai dari roller untuk mengatur volume dan tombol mute. Selain itu terdapat port USB yang digunakan sebagai colokan kabel charger dan lubang untuk untuk colokan mikrofon.



Headset memiliki fitur wireless dengan memanfaatkan USB dongle yang hadir dalam satu paket. Kami cukup terkejut melihat desain mikrofon Corsair HS70 Wireless Gaming Headset yang bisa dilepas, sebab mungkin saja suatu hari kami kehilangan komponen tersebut akibat lupa menaruhnya. Lubang colokan mikrofon di headset juga hanya ditutup dengan karet yang bisa saja jatuh dan ikut hilang.

Mikrofon ini memiliki tangkai yang tidak cukup panjang tapi lentur. Berdasarkan pengalaman menggunakannya, ternyata masih bisa menangkap suara penggunanya dengan jelas. Corsair juga menyebut telah menanamkan fitur unidirectional noise canceling. Sementara di sisi earcup sebelah kanan terdapat hanya satu tombol daya.

Menurut kami, penempatan tombol fungsi tadi sudah sangat pas dan mudah digunakan. Kini saatnya membahas kualitas suaranya, Corsair tidak berbohong soal fitur Surround Sound 7.1 audio channel yang bisa mempresentasikan arah datangnya suara dengan tajam di dalam game.

Kemampuan tersebut adalah salah satu yang penting bagi headset gaming. Meskipun begitu, saat digunakan untuk mendengarkan musik harus diakui ketajaman suaranya memang tidak sebagus headset kelas audiophile. Hal ini tidak menjadi masalah karena segmennya memang berbeda.

Perlu diketahui bahwa headset ini juga kompatibel dengan Sony PlayStation 4 dan juga masih tetap hadir dengan software pendukung Corsair Utility Engine (CUE). Untuk Corsair HS70 Wireless Gaming Headset, Anda bisa melakukan kustomisasi equalizer suaranya dan menyimpannya sebagai preset kustomisasi Anda sendiri.



Kesimpulan
Harganya yang hanya Rp1,2 juta sebetulnya sudah tergolong sangat terjangkau untuk headset gaming dari merek ternama seperti Corsair. Corsair HS70 Wireless Headset Gaming menghadirkan paket desain yang sangat bagus ditambah kualitas audio yang immersive.

Sangat jarang untuk bisa mendapatkan paket tersebut dari merek ternama, khususnya di segmen harga yang tergolong terjangkau. Sejauh pengalaman menggunakannya, tidak banyak kekurangan yang bisa saya temukan.
 
 
9.5
Corsair HS70 Wireless Gaming Headset
Plus
  • Harga tergolong terjangkau
  • Desain sangat bagus
  • Kualitas audio Surround Sound yang tajam
  • Tersedia software kustomisasi
Minus
  • Model mikrofon yang mudah hilang atau tercecer

 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.