Review Smart TV

Mencoba Smart TV 50 Inci Rp6 Juta dari Coocaa

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 24 Aug 2018 23:31 WIB
review peripheral
Mencoba Smart TV 50 Inci Rp6 Juta dari Coocaa
Coocaa 50S5G.

Jakarta: Di awal bulan ini Medcom.id sempat diundang ke sebuah peluncuran produk televisi pintar atau Smart TV merek Coocaa yang diproduksi oleh Skyworth Group, sebuah perusahaan elektronik asal Tiongkok yang baru saja merilis satau produk unggulannya, Coocaa 50S5G.

Medcom.id cukup penasaran dengan produk ini, mengingat televisi ukuran 50 inci umumnya dibanderol di harga Rp10 juta bahkan lebih. Coocaa justru membanderolnya Rp6,5 juta khusus di Lazada dari harga awal Rp9 juta.

Tidak hanya itu, selama ini produk Smart TV didominasi oleh merek televisi dari vendor yang sudah melegenda, sebut saja Samsung, LG, dan Sharp, Sony, Panasonic, serta merek lainnya. Coocaa jelas penantang baru.

Bicara desain, Coocaa 50S5G hadir dengan desain bezel yang sangat tipis. Medcom.id sempat berdecak kagum melihat desainnya yang sangat premium, meskipun sebagian besar material yang melekat di bagian luarnya adalah plastik.



Mengingat harganya, Medcom.id kembali terkejut bahwa Coocaa 50S5G sudah menawarkan dukungan resolusi 4K UHD dan HDR 10. Kualitas gambarnya cukup memuaskan, meskipun kami tidak mendapatkan kualitas warna hitam sejati atau true black seperti di televisi mewah ternama tadi.

Kami mencoba melihat kualitas kecerahan dan ketajaman warna yang dihasilkan, memanfaatkan YouTube dengan berbagai video yang tampil pada resolusi 4K. Sebagai sebuah TV pintar dengan harga yang terjangkau, Coocaa 50S5G bisa menghasilkan ketajaman warna yang cukup baik.

Kekurangannya adalah beberapa elemen warna yang cenderung lebih cerah, sehingga warna tersebut tidak bisa merepresentasikan objek dengan tepat. Sebagai contoh warna hitam yang tidak terlalu pekat. Hal ini termasuk wajar mengingat Coocaa 50S5G tidak menggunakan panel OLED seperti kompetitornya.

Kualitas audionya juga memuaskan. Coocaa 50S5G sudah membenamkan dukungan teknologi Dolby dan DTS. saat mencoba menonton film dan bermain game, speaker yang terpasang di belakangnya bisa menghasilkan kualitas yang memadai untuk sebuah smart TV. Dalam beberapa skenario penggunaan, speaker ini bisa menghasilkan efek bass yang pas. 



Kecanggihannya sebetulnya terletak di kemampuan Smart TV Coocaa 50S5G. Televisi ini mengadopsi sistem operasi Android 7.0 yang menyediakan fitur Google Assistant yang bisa diakses lewat remote, sehingga Anda bisa menggunakan perintah suara lewat mikrofon di remote tadi setelah koneksi Bluetooth yang tersedia dilakukan pairing dengan televisi.

Apabila remote belum melakukan Bluetooth pairing, Anda harus mengarahkan remot ke sensor berupa lampu berwarna hijau di sudut kanan televisi dan tidak bisa menggunakan perintah suara.

Medcom.id sempat kesulitan menemukan langkah pairing karena buku manual dalam paket penjualan tidak mencantumkan. Seluruh panduan manual justru lebih lengkap pada menu panduan manual yang ada di antarmuka. Setelah proses pairing dilakukan, Anda bisa menggunakan remote dari beragam arah termasuk fitur perintah suara.

Harus diakui, Medcom.id awalnya agak ragu, tapi ternyata respons perintah suara yang diterima Coocaa 50S5G sangat cepat dan akurat. Hal ini menandakan bahwa kemampuan Google Assistant di Smart TV Coocaa 50S5G sangat bagus Anda bisa membuka beragam aplikasi yang ada di Coocaa 50S5G lewat perintah suara.

Remote Coocaa 50S5G hadir dengan desain serupa remote televisi analog, hanya saja tersedia tombol mikorofon di bagian atas serta tombol akses pintas Netflix dan Google Play. Saat mengakses kedua layanan tersebut tampilan antarmukanya masih sama seperti antarmuka di smartphone.



Coocaa tidak menyebutkan prosesor yang ditanamkan, tapi disebutkan mereka menggunakan CPU Cortex-A53 quad-core dan GPU Mali T820 yang didukung RAM 2,5GB dan memori internal 16GB yang bisa ditambahkan dengan sejenis HDD eksternal.

Berdasarkan response fitur perintah suara Google Assistant dan membuka beragam aplikasi di Coocaa 50S5G, produk ini mampu melakukan semuanya dengan lancar, tidak terasa lambat sama sekali. Medcom.id sempat mengujinya untuk bermain game dari Google Play dan perubahan yang terjadi hanya dari segi resolusi grafis game yang menjadi pecah.

Hal ini wajar mengingat game tersebut awalnya dimainkan untuk format ukuran layar smartphone. Saat digunakan untuk bermain konsol seperti PS4, Coocaa 50S5G secara otomatis mampu mendeteksi source input mana yang terhubung dengan perangkat lainnya.

Untuk konektivitas, tersedia built-in Wi-Fi Dual Band (2,4GHz dan 5GHz), AV Input, port LAN, tiga port HDMI, dan dua port USB. Menurut Medcom.id konektivitas yang disediakan sudah sangat lengkap dan memadai beragam kebutuhan.

Kehadiran fitur built-in WiFi membuat penggunanya tidak perlu menarik kabel LAN untuk menghubungkan internet namun cukup dianjurkan apabila sewaktu-waktu kualitas WiFi buruk. Kehadiran fitur WiFi Dual Band juga sangat menarik karena serupa dengan fitur router premium saat ini di pasar.

Selain ketersedian AV Input juga membuat televisi ini bisa digunakan untuk terhubung dengan konsol game lawas seperti PS2 atau perangkat lainnya yang masih menggunakan AV Input sebagai input source sehingga tidak perlu repot menyiapkan adapter tambahan.



Sayangnya, untuk pengaturan kualitas kecerahan layar, Coocaa 50S5G tidak menyediakan shortcut mudah. Kami harus masuk ke pengaturan terlebih dahulu dan kembali ke konten yang tadi sedang diputar untuk melihat perbedaannya.


Kesimpulan
Harga promosi Coocaa 50S5G mungkin menjadi daya tarik paling pertama karena konsumen bisa mendapatkan Smart TV ukuran 50 inci dengan harga yang terjangkau.

Desainnya menurut kami sudah menampilkan sebuah televisi premium. Material plastik yang digunakan tidak terlalu masalah bagi kami. Apalagi dengan melihat kemampuannya sebagai Smart TV berbasis Android yang cukup memuaskan. Harus diakui kualitas gambarnya masih sedikit kurang bersaing dengan merek lain.

Kualitas perintah suara Google Assistant yang dibenamkan juga sangat responsif. Sayangnya, Coocaa 50S5G tampak minim modifikasi dari manufakturnya karena tidak banyak antarmuka pintas yang diberikan untuk mengatur tampilan kualitas gambar televisi ini.

Menilai kelebihan dan kekurangannya, Medcom.id menilai Coocaa 50S5G masih layak dipilih sebagai alternatif bagi konsumen yang ingin merasakan kecanggihan Smart TV di era teknologi digital.
 
 
 
Coocaa 50S5G
Plus
  • Ukuran besar di harga terjangkau
  • Mendukung resolusi 4K
  • Fitur Google Assistant responsif
  • Konektivitas lengkap
Minus
  • Kualitas warna gambar masih kurang
  • Minim modifikasi antarmuka
  • Antarmuka masih belum praktis



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.