Review Headset

Razer Man O' War 7.1, Multifungsi Tapi Serba Standar

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 12 May 2017 23:38 WIB
review peripheral
Razer Man O' War 7.1, Multifungsi Tapi Serba Standar
?Razer Man O War 7.1

Metrotvnews.com, Jakarta: Seperti yang telah diketahui oleh banyak gamer, Razer merupakan salah satu pemain utama di lini perangkat gaming termasuk headset. Salah satu produk terbarunya adalah Razer Man O' War 7.1 yang merupakan headset gaming dengan fitur virtual surround sound. Headset ini memang menjanjikan kualitas suara surround dan tingkat kenyamanan penggunaan yang baik. Apakah janji tersebut benar-benar dihadirkan?

Saya bisa berkata ya. Secara kualitas suara dan kenyamanan, Man O' War 7.1 memang sudah sangat mumpuni untuk sebuah headset gaming. Headset yang tampil dengan sistem satu bridge ini cukup ergonomis. Ia bisa muat di kepala saya dengan baik dan tidak menimbulkan rasa nyeri sama sekali ketika digunakan.



Kunci kenyamanan headset gaming ini tampaknya terletak di bantalan pada bagian bawah bridge yang cukup tebal dan empuk. Selain itu, earcup pada Man O' War 7.1 juga memiliki bantalan yang sama tebalnya serta memiliki rangka yang fleksibel. Rangka tersebut membuat earcup bisa diposisikan sesuai dengan kontur kepala penggunanya sehingga nyaman ketika digunakan.

Razer Man O' War 7.1 juga dilengkapi dengan retractable microphone di bagian kiri earcup. Mikrofon tersebut sangat fleksibel sehingga bisa diposisikan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, mikrofon pada Man O' War 7.1 bisa disembunyikan ke dalam earcup sehingga Anda juga bisa menggunakan headset gaming ini sebagai headset ponsel dan cukup nyaman untuk dibawa bepergian.



Headset gaming ini tampaknya memang dirancang sebagai headset hibrida sejak awal. Man O' War 7.1 memanfaatkan satu jack 3.5mm sebagai fasilitas koneksinya ke perangkat lain. Hal tersebut menandakan ia juga dirancang agar bisa digunakan di perangkat mobile. Bagaimana dengan koneksi ke PC? Anda bisa menghubungkan Man O' War 7.1 ke PC melalui sebuah dongle audio kecil sehingga headset ini bisa dikoneksikan melalui port USB Type-A.

Bagian minus pada headset gaming ini justru terdapat pada sisi kualitas suaranya. Saya merasa headset ini memiliki kualitas yang samar antara lebih condong untuk gaming atau untuk kebutuhan multimedia lainnya. Performa suara surround-nya memang terasa, namun tidak sebaik headset gaming lain yang menjadi pesaingnya.



Ketika digunakan untuk bermain game, headset ini hanya bisa menampilkan kualitas suara yang bisa dikatakan standar, tidak jelek namun juga tidak istimewa. Hal yang sama juga saya rasakan ketika menggunakan headset ini untuk mendengarkan musik. Selain itu, tingkat volume pada headset ini terasa terlalu besar. Untungnya, headset ini dilengkapi dengan kontrol volume di bagian kabelnya sehingga saya bisa mengontrolnya dengan cepat.

Kesimpulan

Razer Man O' War 7.1 memang merupakan headset gaming yang nyaman digunakan dan memiliki suara yang cukup baik. Namun sayangnya, untuk harga sekitar Rp1,8 juta, headset ini serba standar. Ia seperti tidak memiliki keistimewaan apapun kecuali dari nama Razer. Untungnya, headset ini dirancang untuk penggunaan multiperangkat, dan hal tersebut yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membelinya.
 

Razer Man O' War 7.1

 

7,5

  • Dukungan multiperangkat
  • Mikrofon bisa disembunyikan
  • Tidak ada fitur istimewa
  • Kualitas suara stardar
  • Harga



(MMI)

Video /