Review Peripheral

D-Link DWA-548, Ringkas dan Kencang

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 22 Aug 2017 15:49 WIB
d-linkreview peripheral
D-Link DWA-548, Ringkas dan Kencang
Network Adapter D-Link DWA-548

Metrotvnews.com, Jakarta: Konsumen biasanya bergantung pada perangkat ringkas seperti wireless router untuk menghubungkan PC mereka ke jaringan internet. Namun, dari PC itu sendiri harus ada chip dalam motherboard yang bisa menangkap sinyal Wi-Fi, dan tidak semua motherboard menyediakan dukungan ini.

Umumnya, hanya motherboard kelas atas yang mendukung jaringan Wi-Fi langsung berkat chip yang tertanam di dalamnya. Satu solusi berikutnya adalah dengan memasang network adapter. Produk sejenis yang datang ke meja pengujian kami adalah D-Link DWA-548. Sejauh apa kegunaan perangkat ini? 

D-Link DWA-548 pada dasarnya merupakan network adapter dengan ukuran yang sangat minimalis dan dilengkapi dengan dua antena yang dapat dilepas. Ukurannya memang sangat kecil, dan Anda bisa memegangnya dengan satu tangan. Tidak ada pendingin khusus yang digunakan, network adapter ini tidak menghasilkan panas yang berlebihan. Kehadiran dua antena untuk memastikan perangkat ini mampu menangkap sinyal, sekalipun wireless router berada dalam jarak yang cukup jauh.



Salah satu kelebihan D-Link DWA-548 adalah pemasangan yang sangat mudah. Tidak memerlukan driver khusus, Anda bisa langsung memasang perangkat ini melalui satu slot PCIe, dan perangkat ini bakal langsung beroperasi. OS Windows versi terbaru akan langsung mengenalinya sebagai network adapter. Pengujian kami lakukan memakai Windows 10, dan tidak ada lagi pengaturan khusus yang diperlukan setelah memasangnya.

Terkait konektivitas, D-Link DWA-548 sudah mendukung 802.11g/n, dengan daya antena masing-masing 2dBi. Contoh penggunaannya adalah untuk PC yang berada di lantai yang berbeda, dengan jarak sekitar 10 meter yang dibatasi dengan tembok beton. Perangkat ini masih bisa menangkap sinyal dengan baik. Namun, Anda juga harus tetap memperhatikan perangkat pendukung, seperti wireless router yang menjadi basis pemancar jaringan nirkabel di rumah Anda. 

Selain menangkap sinyal, D-Link DWA-548 juga bisa menjadi perangkat yang memancarkan Wi-Fi. Anda bisa melakukannya dengan menghubungkan PC via jaringan kabel, kemudian mengatur network adapter ini sebagai pemancar Wi-Fi. Bisa juga mengaktifkannya via fitur WPS.

Untuk harga sekitar Rp250 ribu, D-Link DWA-548 adalah perangkat yang cocok untuk PC yang ingin terhubung dengan jaringan nirkabel. Pemsangan yang sangat mudah merupakan satu kelebihan yang ditawarkan.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.