Review Headset

Sennheiser HD 4.50BTN, Bebas Gangguan Dari Luar

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 29 Jun 2017 15:43 WIB
sennheiserreview peripheral
Sennheiser HD 4.50BTN, Bebas Gangguan Dari Luar
Headphone karya Sennheiser ini menyuguhkan pengalaman mendengarkan musik dengan menyenangkan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran headphone dengan dukungan teknologi Bluetooth untuk dapat terhubung ke perangkat mungkin bukan hal baru. Gaya hidup masyarakat yang kian aktif turut mendorong kian banyaknya perangkat dengan dukungan teknologi tersebut.

Selain menghadirkan keindahan berkat absennya juntaian kabel mengganggu, dukungan teknologi tersebut ini juga mempermudah pengguna dalam bergerak dan melakukan aktivitas kesehariannya sembari menikmati alunan lagu kesukaan mereka.

Mengingat hal tersebut, Sennheiser menghadirkan Sennheiser HD 4.50BTNC. Headphone ini tidak hanya menawarkan kemudahan menikmati musik tanpa gangguan kabel, juga didukung oleh teknologi noise-cancellation untuk pengalaman mendengarkan musik tanpa gangguan suara sekitar.

Desain yang diusung Sennheiser HD 4.50BTNC Wireless Active Noise Cancelling serupa dengan sejumlah produk pendahulunya. Headphone ini hadir dalam balutan warna hitam mendominasi, dengan sentuhan warna perak pada sejumlah bagian di earcup dan bagian penghubung headpband dan earcup.



Rangkaian tombol kendali, port kabel penghubung dan port USB pengisi daya seluruhnya terletak di earcup bagian kanan, meninggalkan earcup sisi kiri bersih tanpa sentuhan tombol atau port. Pada earcup sisi kanan tersebut, terdapat tombol daya, tombol untuk mengakses lagu atau video sebelum dan setelah lagu yang tengah diputar, serta tombol volume.

Hadir dengan ukuran tergolong kecil, headphone ini mengusung desain over-the-ear, memungkinkan earcup mencakup daun telinga hampir sepenuhnya. Namun, desain ini turut mendukung teknologi active noise cancelling yang diusungnya. Hal ini turut membantu dalam menikmati musik tanpa gangguan suara di sekitar bahkan saat dikenakan di stasiun kereta yang sibuk.

Dimensinya yang tergolong ringkas dan memudahkan untuk dibawa serta dalam perjalanan tidak menjadikan Sennheisser melupakan sematan kenyamanan pada perangkat ini. Sennheiser membekali earcup dengan bantalan cukup tebal.

Sayangnya, digunakan dalam waktu sebentar mampu menghadirkan sedikit rasa sakit pada daun telinga. Selain itu, rasa sakit tersebut juga terasa di bagian puncak kepala, mengingat bantalan yang tersemat di bagian headband tidak terlalu tebal.



Mengunggulkan teknologi Bluetooth untuk menghubungkan perangkat dengan headphone, kami menemukan sedikit kesulitan dalam proses pairing antara keduanya. Bluetooth headphone tidak mudah terdeteksi oleh mesin pencarian Bluetooth pada perangkat, sehingga pengguna harus menambahkan nama Bluetooth secara manual.

Sayangnya, pada sejumlah perangkat mobile, seperti smartphone, tidak tersedia menu untuk menambahkan Bluetooth secara manual. Sebagai gantinya, pengguna dapat menghubungkan perangkat dengan memanfaatkan kabel penghubung atau NFC.

Menghubungkan perangkat dengan heaphone melalui NFC sangat mudah, pengguna hanya perlu mengaktifkan menu NFC pada pengaturan perangkat dan menempelkan bagian NFC ponsel dengan bagian NFC headphone dengan di earcup sebelah kiri.

Sementara itu, keunikan dihadirkan oleh tombol kendali volume pada perangkat ini. Tombol tersebut hanya mengendalikan volume yang dihadirkan oleh headphone, dan tidak terpengaruh pada tingkat volume yang diatur melalui perangkat.



Meskipun demikian, audio yang disuguhkan Sennheiser HD 4.50BTNC Wireless Active Noise Cancelling tetap mampu memanjakan telinga pecinta musik, terutama penggemar musik dengan karakteristik bass kental.

Kemampuannya dalam menyuguhkan audio dengan karakteristik bass dalam cukup terdengar pada lagu When I Fall in Love yang dinyanyikan oleh Nat King Cole. Suara penyanyi legendaris Nat King Cole yang terbilang dalam mampu disampaikan dengan baik oleh headphone ini.

Demikian juga dengan soundstage yang disuguhkan pada lagu ini, dengan alunan suara musik pengiring yang datang dari arah depan, dan gemuruh tepuk tangan penonton dari sekitar. Demikian pada lagu Rolling in The Deep milik Adele, yang mampu menyuguhkan alunan suara Adele dengan jernih, tanpa mengganggu audio instrumen pengiring lainnya.

Terlepas dari kebingungan yang dihadirkan oleh proses pairing via Bluetooth dan digantikan oleh kemudahan yang ditawarkan NFC serta rasa kurang nyaman saat digunakan, headphone ini mampu menghadirkan pengalaman menikmati musik menyenangkan berkat alunan audio serta noise cancelling yang baik.

Sennheiser HD 4.50BTNC

8

  • Suara bagus
  • Noise cancelling bagus
  • Proses pairing via Bluetooth manual membingungkan
  • Muncul rasa sakit setelah beberapa saat menggunakan perangkat



(MMI)