Review Notebook

HP 15-ba004AX, Gaya Kasual Performa Gaming

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 31 Jan 2017 19:19 WIB
hpreview laptop
HP 15-ba004AX, Gaya Kasual Performa Gaming
Tampilan HP 15-ba004AX. (MTVN / DANU)

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk dapat memainkan game yang menuntut performa tinggi, laptop gaming identik dengan 2 hal, yaitu berat dan mahal. Sebagian besar laptop lini gaming yang ditawarkan oleh berbagai produsen laptop biasanya memiliki bodi tebal dengan harga yang akan membuat tabungan kosong.

Meskipun lebih dikenal sebagai produsen komputer untuk korporasi, dengan HP 15-ba004AX, HP berusaha untuk menawarkan laptop gaming dengan harga yang relatif terjangkau. Namun, jangan bandingkan spesifikasinya dengan laptop-laptop gaming dengan harga puluhan juta.

 

Desain

Sekilas HP 15-ba004AX tidak terlihat seperti laptop gaming. Kecuali bodinya yang cukup besar, ia terlihat seperti laptop kebanyakan. Ia memiliki desain sederhana dengan logo HP berwarna hitam di bagian belakang penutup layar yang didominasi warna abu-abu dengan tekstur bergaris.

Meski sederhana, desain ini praktis, memastikan bagian belakang layar laptop tidak mudah kotor karena sidik jari dan membuatnya tidak licin saat dipegang.



Untuk masalah konektivitas, HP 15-ba004AX cukup lengkap. Ia memiliki port RJ45, HDMI, 2 port USB 2.0, 1 port USB 3.0 dan card reader.

Ia bahkan dilengkapi dengan optical drive, fitur yang belakangan semakin jarang ditemukan pada laptop, mengingat produsen laptop selalu berusaha untuk membuat laptop setipis mungkin. 



HP 15-ba004AX dilengkapi dengan keyboard full-size, yang berarti, Anda akan menemukan tombol numerik di bagian kanan. Keberadaan numeric keyboard memudahkan Anda saat bekerja dengan angka, meski selama menjajal laptop ini, saya jarang menggunakan keyboard tersebut.

Ada ventilasi di sisi kiri HP 15-ba004AX. Dari segi desain, tidak ada masalah dengan hal ini. Namun, itu berarti, jika Anda termasuk orang yang sering meletakkan laptop di pangkuan, seperti saya, keberadaan ventilasi ini akan cukup menganggu karena panas yang ia keluarkan.

 

Performa

Dibandingkan dengan laptop-laptop lini gaming dengan harga puluhan juta, performa HP 15-ba004AX sudah pasti akan kalah. Tapi, itu bukan berarti performa laptop dari HP ini buruk.

Prosesor AMD A10-9600P yang dikombinasikan dengan RAM 8GB membuat HP 15-ba004AX dapat berjalan dengan lancar saat digunakan untuk menyelesaikan tugas harian. Berkat AMD Radeon R5 Graphics, embel-embel laptop gaming yang HP berikan juga bukan sekadar omong kosong.

HP 15-ba004AX tetap bisa digunakan untuk bermain game yang tidak terlalu berat. Selama menggunakan laptop yang satu ini, saya mencoba untuk memainkan DOTA 2 dan Dragon Age: Origins. Dengan resolusi layar 1366 x 768, Graphics Detail Very High dan Texture Detail High, laptop dari HP ini dapat menjalankan DA: O dengan framerate rata-rata 37 fps.

Sementara saat digunakan untuk bermain DOTA 2, dengan pengaturan standar, ia berhasil mendapatkan framerate rata-rata 33 fps. Dengan kata lain, ia dapat menghasilkan gambar yang tetap tajam dan memastikan game berjalan lancar sehingga Anda tidak perlu khawatir dimarahi teman satu tim karena lag

Ini hasil benchmark menggunakan 3DMark Cloud Gate, Sky Diver dan PCMark.







Saat diuji dengan PCMark, HP 15-ba004AX hanya dapat bertahan selama 2 jam 33 menit. Kebanyakan laptop gaming memang biasanya tidak bertahan lama, jadi hasil benchmark ini tidak begitu mengherankan. 



Sebagai laptop gaming dengan berat 2,19 kg, HP 15-ba004AX terhitung cukup ringan, mengingat sebagian besar laptop gaming bisa memiliki berat mendekati 3 kg. Namun, bodinya yang cukup besar dan berat serta baterainya yang cukup boros membuat laptop ini tidak cocok untuk dibawa berpergian. 

 

Fitur

HP melengkapi laptop yang satu ini dengan DTS Studio Sound, solusi audio untuk musik, film dan juga game. Di sini, Anda bisa mengaktifkan fitur noise cancellation. Dengan begitu, saat melakukan voice chat saat bermain game online, suara Anda bisa terdengar jelas.



Melalui DTS Studio Sound, Anda juga bisa mengubah Graphic Equalizer, dengan berbagai opsi seperti Pop, Jazz hingga Rock. Graphic Equalizer dapat Anda ubah meski Anda menggunakan headphone. Saat Anda menggunakan speaker laptop, Anda juga bisa menyesuaikan elemen suara apakah yang akan Anda tonjolkan, antara bass, treble atau dialog clarity

 

Kesimpulan

Dengan harga Rp6 jutaan, HP 15-ba004AX menawarkan performa yang cukup baik. Ia dapat digunakan untuk tugas sehari-hari dengan lancar dan dapat digunakan untuk bermain game kasual tanpa ada masalah. Dengan layar 15,6 inci dan resolusi 1366x768, ia menghasilkan gambar yang cukup tajam. 

Sama seperti kebanyakan laptop gaming, HP 15-ba004AX cukup besar dan berat. Tidak hanya itu, baterainya pun tidak terlalu tahan lama. Karena itu, ia tidak cocok untuk Anda yang sering berpergian karena mobilitasnya rendah.
 
  HP 15-ba004AX
Ukuran Layar  15,6 inci (1366 x 768)
Prosesor AMD Quad-Core A10-9600P (2.4 GHz, up to 3.3 GHz)
GPU AMD Radeon R5 Graphics
RAM 8GB
Penyimpanan  1TB HDD
Dimensi  38.43 x 25.46 x 2.43 cm
Bobot 2.19 kg
Baterai 4-cell, 41 Wh Li-ion
Harga Rp6.299.000
 

HP 15-ba004AX

 

7,8

  • Laptop gaming dengan harga relatif terjangkau
  • Performa cukup memuaskan
  • Mobilitas rendah



(MMI)

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP
Review Earphone

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP

6 hours Ago

In-Ear Headset H2310 merupakan earphone dengan harga terjangkau lain dari HP yang memberikan ku…

BERITA LAINNYA
Video /