Review Notebook

Dell Inspiron 15 5000, Si Bongsor yang Nyaman Digunakan

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 30 Jan 2017 18:12 WIB
dellreview laptop
Dell Inspiron 15 5000, Si Bongsor yang Nyaman Digunakan
Dell Inspiron 15 5000

Metrotvnews.com, Jakarta: Perangkat komputasi tipis kian menjadi tren yang diminati oleh konsumen, berkat gaya hidup mobile yang kini juga semakin meningkat.

Namun, sejumlah konsumen masih menggemari perangkat dengan ukuran lebih besar. Hal ini karena penilaian bahwa perangkat berukuran lebih besar dan tebal lebih mampu untuk dibekali fitur yang mereka butuhkan.

Mungkin demikian pula yang dipertimbangkan Dell saat menghadirkan Inspiron 15 5000 terbarunya ini. Dengan dimensi besar dan bobot berat, laptop Dell ini menawarkan fitur tergolong lengkap dibandingkan dengan perangkat yang beredar di pasar saat ini.

 

Desain

Dengan dimensi besar, tidak heran jika laptop ini hadir dengan bobot tergolong berat. Sebagai gantinya, Dell dapat menyuguhkan sejumlah fitur pada perangkatnya, termasuk layar berukuran 15,6 inci 1366 x 768 piksel.

Berukuran besar tidak lantas menjadikan perangkat ini terkesan serius, berkat balutan bahan mengkilat pada bagian luar penutup layarnya, dan bahan matte di bagian bawah perangkat. Balutan bahan mengkilat ini juga tergolong menyenangkan sebab tidak mudah kotor akibat noda sidik jari.



Selain itu, bobotnya yang berat turut membuat perangkat ini harus dipegang dengan dua tangan, terutama bagi pengguna dengan tangan kecil. Laptop ini juga termasuk perangkat boros ruang akibat dimensinya yang besar, sehingga agak menyulitkan untuk membawanya serta saat bepergian.

Pada laptop ini, Dell menyematkan tombol daya fisik pada bagian kanan atas keyboard, yang dilengkapi dengan lampu LED indikator. Sehingga Anda dapat mengetahui saat laptop dalam keadaan menyala atau mati.

Dell juga menyematkan lampu indikator daya di sisi bawah perangkat, yang akan menyala saat laptop dimatikan namun pengisian daya perangkat tengah berlangsung. Sayangnya, lampu ini tidak berkedip atau menyuguhkan cara khusus untuk mengetahui baterai telah terisi penuh.



Pada perangkat ini, Anda dapat menemukan sejumlah port dan slot pada bagian sisi kanan dan kiri perangkat. Pada sisi kiri, Anda akan menemukan port pengisian daya, port LAN, HDMI, dan dua port USB standar.

Sementara itu di sisi kanan, Anda dapat menemukan DVD Drive, port USB standar dan slot card-reader SD Card. Dell juga membekali laptop ini dengan keyboard bertipe Full Keyboard.

Sedangkan touchpad terdapat di bagian bawah keyboard, dengan letak cenderung ke arah kiri. Anda juga dapat menemukan speaker di bagian bawah perangkat, berdekatan dengan posisi touchpad.

 

Performa

Didukung prosesor Intel Core i5-7200U generasi 7 3,1GHz dan RAM 8GB, performa yang disuguhkan laptop ini tergolong baik. Lag atau jeda saat membuka aplikasi dan menu tidak kami dapati saat menggunakan perangkat ini.

Selain itu, Dell Inspiron 15 5000 juga memperoleh nilai baik pada hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark 3DMark. Pada pengujian Cloud Gate, laptop Dell ini memperoleh nilai sebesar 6620. Sedangkan pada aplikasi benchmark PCMark 8 Creative Conventional, laptop ini memperoleh nilai sebesar 2703.





Hadir dengan dukungan layar 15,6 inci, penglihatan Anda juga akan dimanjakan oleh tampilan gambar dengan detil dan ketajaman terjaga. Ukurannya yang luas juga memungkinkan Anda menikmati gambar dengan lebih nyaman tanpa perlu mendekatkan wajah ke layar, demi dapat menikmati konten.

Sementara itu, usungan keyboard bertipe Full Keyboard yang menyebabkan posisi keyboard lebih ke arah kiri akibat bekal tombol numerik pada bagian kanannya. Layout ini mungkin akan menyebabkan Anda mengalami tidak nyamanan saat mengetik, pada masa awal menggunakan perangkat ini.

Namun bagian rest palm yang luas sebagai dampak dari dimensinya yang besar turut membantu mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Bagian rest palm yang luas turut membantu tangan secara tidak sengaja menyentuh touchpad saat tengah menggunakan keyboard tersebut.

Terlepas dari layout yang diusungnya, keyboard laptop Dell ini mampu menyuguhkan kenyamanan saat mengetik, akibat umpan balik yang empuk namun tetap terasa tegas saat tombol pada keyboard ditekan.

Desain tombol dengan ukuran yang kecil namun dengan jarak cukup jauh dari masing-masingnya turut menghadirkan kenyamanan akibat kesempatan typo atau salah menekan tombol tidak diinginkan yang tergolong kecil.

Pada touchpad, Dell kembali membalutnya dengan bahan kesat. Bahan kesat ini lebih mudah dinavigasikan, jika dibandingkan dengan laptop Dell yang kami ulas sebelumnya. Tombol klik kanan dan kiri pada touchpad pun lebih empuk sehingga lebih mudah saat ditekan.



Untuk urusan baterai, laptop ini dapat bertahan selama 3 jam 48 menit, saat diuji menggunakan PCMark 8 Conventional Battery. Sementara itu pada penggunaan sehari-hari, laptop ini mampu bertahan hampir 5 jam.

 

Fitur

Tidak banyak fitur bawaan yang dibekali Dell pada Inspiron 15 5000 ini. Salah satu fitur menarik yang membekalinya adalah Optical Drive yang tersemat pada sisi kanan perangkat.

Optical Drive ini juga didukung oleh opsi Blu-ray writer, memungkinkan Anda memanfaatkannya sebagai ruang penyimpanan tambahan. Selain itu melalui drive ini, Anda juga dapat menikmati konten Blu-ray pada perangkat ini.



Untuk mendukung layarnya yang luas, Dell juga membekali laptop ini dengan teknologi True Color, yang dapat diakses melalui aplikasi bawaannya. Melalui aplikasi teknologi ini, Anda dapat mengatur keluaran warna pada layar, sehingga dapat menyuguhkan gambar dengan warna lebih nyaman di mata.

Teknologi True Color ini turut meghadirkan fungsi yang akan mengubah warna menjadi lebih hangat saat perangkat aktif dengan mengandalkan daya dari baterai, dan cenderung sejuk saat perangkat terhubung dengan charger daya.


Kesimpulan
Dell Inspiron 15 5000 mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan berkat dukungan keyboard yang nyaman, serta suguhan performa tanpa gangguan lag. Dimensi besar dan bobot berat mengurangi kenyamanannya sebagai perangkat portable.
 
 
  Dell Inspiron 15 5000
Ukuran Layar 15,6 inci 1366 x 768 piksel
Prosesor Intel Core i5-7200U generasi 7 2,7GHz
GPU Intel® HD Graphics 620
RAM 8 GB
Penyimpanan 1 TB2 5400 RPM SATA Hard Drive
Bobot 2,36 Kg
Harga Mulai Rp9.499.000
 

Dell Inspiron 15 5000

 

8

  • Keyboard nyaman
  • Performa baik
  • Dimensi dan bobot tidak ramah untuk berpergian



(MMI)

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah
Review Smartphone

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah

2 weeks Ago

Inilah ulasan lengkap tentang smartphone terbaru dari Xiaomi, Mi 6. 

BERITA LAINNYA
Video /