Review Peripheral

Menjajal TP-Link NC450, Kamera Pintar untuk Rumah Pintar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 08 Nov 2017 18:39 WIB
tp-linkreview peripheral
Menjajal TP-Link NC450, Kamera Pintar untuk Rumah Pintar
TP-Link Pan/Tilt Wi-Fi Camera with Night Vision NC450. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekarang, banyak perusahaan yang membahas smart home. Untuk membuat smart home, biasanya Anda harus melengkapi rumah dengan berbagai perabot rumah tangga cerdas yang bisa terhubung ke internet, mulai dari smart plug, smart bulb dan tentu saja IP camera. 

IP camera atau kamera pengawas, seperti namanya, biasanya digunakan demi memastikan keamanan rumah Anda. Tentu saja, kamera itu juga bisa digunakan untuk memantau keadaan di dalam rumah, seperti mengawasi keadaan anak atau orangtua yang sudah memasuki usia lanjut. TP-Link, yang dikenal sebagai perusahaan penyedia perangkat jaringan, juga mulai tertarik untuk memasuki ranah Internet of Things (IoT).

Selain merilis Smart Wi-Fi Plug, TP-Link juga menyediakan IP camera. Salah satu kamera pengawas dari TP-Link adalah Pan/Tilt Wi-Fi Camera with Night Vision [NC450]. NC450 memiliki kotak yang cukup besar. Di bagian depan kotak, Anda akan melihat gambar dari kamera tersebut -- yang menyerupai telur -- dengan penjelasan tentang spesifikasinya di bagian samping dan belakang. 

Tidak heran jika kardusnya cukup besar mengingat paket penjualan dari NC450 cukup lengkap. Selain kabel Ethernet, kabel ekstensi, charger, passive PoE injector, TP-Link juga melengkapi kamera pengawasnya yang satu ini dengan mount, lengkap dengan bautnya, memudahkan Anda untuk memasangnya di langit-langit atau di tembok.



TP-Link NC450 memiliki sensor CMOS 1MP memungkinkannya merekam video dengan resolusi maksimal 720p. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan slot SD card yang kompatibel dengan SD card kapasitas maksimal 32GB. 

Proses instalasi NC450 mudah. Anda cukup menghubungkannya ke router jaringan melalui kabel Ethernet dan mengunduh aplikasi TP-Link tpCamera pada Android atau iPhone Anda. Anda bisa mengaksesnya secara lokal (menggunakan jaringan internet yang sama) tanpa masuk ke dalam akun TP-Link atau membuat akun TP-Link untuk bisa mengaksesnya jarak jauh.

Meski aplikasi meminta akses akan kontak ponsel -- yang seharusnya tidak dibutuhkan -- tapi memiliki akun akan memungkinkan Anda untuk memantau kamera dari mana saja. Setelah kamera selesai diatur, Anda akan bisa menghubungkannya ke jaringan secara nirkabel.



Melalui aplikasi, Anda bisa menggerakkan kamera secara horizontal dan vertikal. Kamera bisa bergerak 300 derajat ke samping dan 110 derajat ke atas dan bawah. Hal ini memungkinkan Anda untuk memantau sebuah ruangan dengan mudah, asalkan Anda bisa memasang kamera pada posisi yang strategis. 

Melalui aplikasi, Anda juga bisa mengaktifkan deteksi gerakan atau suara. Anda bisa memilih agar notifikasi dikirimkan melalui aplikasi atau email. Ketika saya menggunakan aplikasi, maka aplikasi akan memunculkan notifikasi pada smartphone ketika kamera mendeteksi adanya gerakan di tempat yang telah ditentukan.

Secara default, ketika Anda memperhatikan streaming video dari kamera, maka suara juga akan disalurkan. Namun, jika Anda hanya perlu melihat gambar, Anda juga bisa mematikan input suara. 



Satu hal yang menarik dari TP-Link NC450 adalah ia dilengkapi dengan speaker pada bagian sampingnya. Itu artinya, Anda bisa berbicara dengan orang yang ada di hadapan kamera. Hal ini berfungsi jika Anda menggunakan kamera untuk memantau keadaan anak di rumah. Untuk berbicara, Anda cukup menekan dan ikon mikrofon pada aplikasi.

Meskipun hanya dihargai sekitar Rp1,1 juta, TP-Link sudah menawarkan mode malam pada kamera pengawasnya yang satu ini. Ketika mode malam aktif, maka video akan tampil smartphone Anda dalam format hitam-putih.

Selain melalui smartphone, Anda juga bisa mengakses kamera via TP-Link Cloud. Sayangnya, di sini, tidak banyak hal yang bisa Anda lakukan selain menggerakkan arah kamera. Memang, Anda bisa mengubah pengaturan, tapi hanya nama perangkat yang bisa Anda ubah. 
 

TP-Link Pan/Tilt Wi-Fi Camera with Night Vision [NC450]

  • Harga terjangkau
  • Dilengkapi dengan mode malam
  • Paket penjualan lengkap
  • Sensor kecil
  • Tidak banyak yang bisa dilakukan via TP-Link cloud



(MMI)

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga
Review Gadget

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga

10 hours Ago

Vivo V11 Pro sebagai smartphone segmen menengah memberikan RAM 6GB dan kamera depan 24MP.…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.