Review Extender

D-Link DAP-1320, Jangkauan Lebih Luas

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 12 Jul 2017 17:00 WIB
review peripheral
D-Link DAP-1320, Jangkauan Lebih Luas
D-Link DAP-1320

Metrotvnews.com, Jakarta: D-Link memang sudah dikenal sebagai salah satu produsen perangkat jaringan kelas dunia. Mereka tidak hanya terfokus pada penyediaan produk untuk konsumen rumahan, tetapi juga menciptakan inovasi perangkat jaringan khusus kalangan pebisnis.

Untuk konsumen rumahan, mereka menciptakan beberapa jenis produk, seperti wireless router, IP camera, access point, dan range extender. Produk yang datang ke meja pengujian Metrotvnews.com kali ini adalah D-Link DAP-1320, yang berfungsi sebagai WiFi extender. seperti apa fitur dan karakteristik yang dimilikinya?

D-Link DAP-1320 sejatinya memang mempunyai fungsi sebagai WiFi range extender. Artinya, tugas perangkat ini adalah memperluas jangkauan jaringan WiFi di rumah Anda, ke wilayah yang memiliki blank spot. Seperti yang kita tahu, wireless router memiliki batasan jangkauan karena penghalang berupa tembok. semakin tebal tembok, semakin sulit sinyal WiFi untuk menyebar. D-Link DAP-1320 bisa menutupi keterbatasan itu.



Melihatnya lebih jauh, D-Link DAP-1320 mempunyai bentuk yang sangat kecil dan ringkas. Pihak kreator memastikan pengoperasian D-Link DAP-1320 cukup mudah. Pengguna hanya perlu memasangnya di tempat kontak listrik, dan WiFi extender ini akan langsung menyala. Ya, perangkat ini tidak mempunyai tombol power, dan produk seperti ini pada umumnya memang demikian.

Setelah itu, pengguna hanya perlu menekan tombol WPS di samping, dan D-Link DAP-1320 kemudian mencari dan menghubungkan jaringan WiFi yang sudah ada. Jika masih kesulitan dalam menghubungkannya, pengguna bisa memanfaatkan SSID dan password yang tertera di bodi perangkat, atau mengakses pengaturan via browser PC.



Tidak ada pengaturan khusus yang diperlukan. D-Link DAP-1320 memang dirancang untuk mempermudah pemasangan jaringan WiFi yang lebih luas. Range extender ini hanya memancarkan sinyal 2,4GHz, dan adopsi 5GH pasti terkesan tidak berguna karena jangkauannya yang sangat terbatas. Berbicara mengenai jaringan, Anda harus memastikan bahwa pemasangan perangkat seperti ini berada di jangkauan paling minimum demi menyebarkan secara optimal. Contohnya, D-Link DAP-1320 dipasang dalam jangkauan WiFi dengan kualitas satu bar untuk indikator WiFi. 

Harga sekitar Rp300 ribu membuat D-Link DAP-1320 sebagai WiFi extender yang  kompetitif. Bentuknya yang sangat ringkas dan pemasangan yang sangat mudah. Satu-satunya kekurangan yang terlihat adalah penggunaannya yang mudah mengharuskannya melakukan pengaturan awal tidak boleh terlalu jauh dari jangkauan wireless router.

 

D-Link DAP-1320

  • Pemasangan sangat mudah
  • Ukuran ringkas
  • Jangkauan sinyal luas
  • Pemasangan harus dekat wireless router



(MMI)

Video /