Review Keyboard

HyperX Alloy FPS, Simpel untuk Gamer FPS

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 09 Jul 2017 18:42 WIB
review peripheral
HyperX Alloy FPS, Simpel untuk Gamer FPS
HyperX Alloy FPS

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda bertanya keyboard seperti apa yang paling saya suka, saya pasti akan menjawab keyboard dengan bentuk yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Hal tersebut juga berlaku untuk keyboard gaming. Apa alasannya? Simpel saja, keyboard ringkas memungkinkan saya untuk mengatur meja lebih baik sehingga saya bisa menempatkan peralatan pendukung lain yang lebih penting dan lebih memerlukan tempat.

Mungkin Anda adalah tipe gamer yang tidak masalah jika masih menggunakan mousepad berukuran 15x15cm. Namun, di dunia game kompetitif terutama untuk game first-person shooter, mousepad berukuran besar merupakan sebuah barang wajib yang harus ada di atas meja. 



Alasannya sederhana, gamer FPS profesional biasanya menggunakan konfigurasi DPI rendah di mouse yang digunakan karena untuk meningkatkan akurasi. Sedangkan mousepad berukuran besar dibutuhkan agar mouse bisa digerakkan secara lebih leluasa. Mousepad berukuran besar akan memakan tempat sehingga ada baiknya jika keyboard yang digunakan memiliki ukuran yang ringkas.

Itulah yang ingin saya tekankan pada HyperX Alloy FPS. Keyboard mekanik buatan Kingstion yang menyandang brand gaming HyperX ini memang tergolong sangat ringkas. Bentuknya sangat minimalis dan tinggi board dengan permukaan tidak setebal keyboard gaming pada umunya.



HyperX Alloy FPS juga tidak dilengkapi dengan berbagai tombol tambahan. Ia hanya tampil sebagai keyboard full-size dengan bentuk yang sangat minimalis. Tidak hanya itu, fungsionalitas tambahan seperti tombol makro juga tidak tersedia di keyboard ini. Backlight yang disediakan juga hanya berwarna merah dan tidak mengikuti tren saat ini yaitu RGB backlight.

Meski demikian, tingkat kenyamanan dan performa keyboard ini tergolong sangat baik. HyperX Alloy FPS yang menggunakan tombol Cherry MX Red  ini memiliki respons yang sangat baik terhadap setiap ketikan. Bahkan urutan pengetikan juga dapat ditampilkan dengan sangat baik berkat teknologi anti ghosting yang sudah ditanamkan.



Saya biasanya merasa tidak nyaman jika menggunakan keyboard tanpa palm rest. Menariknya, saat menjajal keyboard ini, terasa sangat nyaman. Bahkan keyboard ini masih setia menemani saya dalam bekerja. Selain memiliki traveling distance yang tepat untuk bermain game dan mengetik, keyboard ini juga tidak terlalu tinggi sehingga saya seperti menggunakan palm rest.

Kesimpulan

Dibanderol seharga Rp1.580.000, HyperX Alloy FPS merupakan keyboard yang patut diperhitungkan apalagi jika Anda memang sangat serius di bidang game FPS kompetitif. Fiturnya memang tidak semewah keyboard gaming lainnya, tetapi ia berhasil tampil ringkas dan tetap nyaman digunakan. Selain itu, performanya juga sangat baik untuk mengincar pasar game kompetitif.
 

HyperX Alloy FPS

 

8,5

  • Ringkas
  • Mudah dibawa bepergian
  • Nyaman
  • Performa bagus
  • Fitur minim
  • Tidak ada tombol khusus



(MMI)