Review Laptop

ASUS ZenBook Flip S UX370, Super Ringkas, Fleksibel, dan Bertenaga

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 17 Sep 2017 09:15 WIB
asusreview laptop
ASUS ZenBook Flip S UX370, Super Ringkas, Fleksibel, dan Bertenaga
ASUS ZenBook Flip S UX370

Metrotvnews.com, Jakarta: Konsep laptop 2 in 1 memang sudah ada cukup lama. Bahkan saat ini, perangkat laptop 2 in 1 sudah banyak hadir hingga di lini perangkat pemula yang harganya terjangkau. Meski demikian, laptop 2 in 1 masih erat kaitannya dengan perangkat premium yang hadir dengan bodi super ringkas, tetapi masih menawarkan performa komputasi yang tinggi seperti yang ditawarkan oleh ASUS ZenBook Flip S UX370.

ASUS ZenBook Flip S UX370 merupakan salah satu laptop ZenBook terbaru yang dirilis tahun ini. Laptop ini juga merupakan salah satu lini laptop premium dari ASUS yang mengandalkan desain ringkas dan fleksibel. Selain itu, laptop ini juga menawarkan performa komputasi yang masih sangat mumpuni untuk berbagai kegiatan profesional.



Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ASUS ZenBook Flip S UX370U memiliki bodi yang sangat ringkas. Tebal bodinya hanya 1,09cm dan hanya memiliki berat 1,1Kg. Dengan spesifikasi bodi tersebut, laptop ini memang sudah sangat terlihat dirancang khusus untuk mereka yang sehari-harinya beraktivitas secara mobile.

ASUS ZenBook Flip S UX370U memiliki layar LED 13,3 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel). Layarnya juga memiliki sudut pandang yang lebar yaitu hingga 178 derajat dan telah dilapisi oleh Gorilla Glass. Layar ini juga memiliki bezel yang tipis, yaitu hanya 6,11mm.

Salah satu keunggulan laptop 2 in 1 ini adalah layarnya memiliki reproduksi warna yang sangat baik. Layar ASUS ZenBook Flip S UX370U memiliki tingkat reproduksi warna standar sRGB hingga 100 persen, membuatnya cocok untuk digunakan untuk melakukan editing foto dan video.



Selain itu, laptop ini sudah mendukung teknologi Windows Helo yang memungkinkan Anda untuk masuk ke dalam sistem operasi menggunakan sidik jari. Lokasi sensor pembaca sidik jari terletak di bagian sisi kanan bodi laptop ini, dekat dengan port USB Type-C. Letaknya memang agak tidak strategis, tetapi sensornya sangat sensitif sehingga bisa membaca sidik jari dengan baik.

Yang disayangkan adalah tombol power yang sangat dekat dengan volume. Tombol power tersebut sangat mudah ditekan dan seringkali tertekan secara tidak sengaja, sehingga harus lebih hati-hati jika ingin memindahkan posisi laptop ini.

Meski demikian, sistem audio di laptop ini tergolong sangat bagus. Didukung dengan speker tersertifikasi Harman Kardon, suara yang dihasilkan oleh ASUS ZenBook Flip S UX370U memiliki kualitas di atas rata-rata laptop 2 in 1 lain dengan suara bass dan treble terdengar sangat jelas.



Sistem layar sentuh pada laptop ini juga tergolong sangat responsif. ASUS juga sudah menyediakan pena khusus yang sudah dilengkapi dengan sensor tekanan untuk menggambar. Akurasi tekannya masih tergolong standar meski masih cukup responsif terhadap layar. Satu lagi, pena pada laptop 2 in 1 ini memiliki tombol yang agak sulit ditekan.

Kami tidak protes dengan keyboard di laptop ini. Meski memiliki travelling distance yang tidak terlalu dalam, layout dan feedback yang dihasilkan saat menekan tombol tergolong sangat baik dan nyaman untuk digunakan ketika mengetik. Keyboard-nya juga 

Bagaiman adengan performanya?

Ditenagai oleh prosesor dual-core Intel Core i7-7500U yang memiliki empat thread serta RAM DDR3 2113MHz sebesar 16GB, laptop ini tergolong sangat kencang di kelasnya. Berbagia kegiatan multimedia seperti menonton film 4K dan browsing sangat nyaman dilakukan di laptop ini. Bahkan mengolah foto bersolusi 24MP di Adobe Photoshop CC masih bisa dilakukan dengan sangat lancar.

Performanya yang bagus juga tercermin di pengujian sintesis menggunakan PCMark dan 3DMark. Di PCMark 08 menggunakan mode Creative Conventional, laptop ini mampu menghasilkan skor 2545 poin. Sementara 3DMark Cloud Gate menghasilkan skor 4323 poin, dan 3DMark Sky Diver menghasilkan skor 2567 poin.



Yang menarik adalah meski performanya tergolong kencang, namun suhu ASUS ZenBook Flip S UX370U sangat terjaga. Dalam kondisi pemakaian cukup tinggi, suhu prosesor hanya terpantau berada di angka 40 derajat. Tentunya ini bisa menambah kenyamann penggunaan.

Sementara untuk baterainya, laptop ini mampu bertahan hingga 3 jam 40 menit di pengujian menggunakan PCMark 08 Battery. Sementara untuk penggunaan standar dengan Wi-Fi, ASUS ZenBook Flip S UX370U bisa bertahan hingga lebih dari 7 jam.

Kesimpulan

Meski masih memiliki beberapa kekurangan seperti tombol power yang mudah sekali tertekan, serta tombol pada pena yang agak sulit ditekan, kami masih sangat menyukai ASUS ZenBook Flip S UX370U. Pasalnya, performa yang ditawarkan sangat baik dan ia memiliki layar yang sudah memenuhi standar penggunaan profesional.

ASUS juga melengkapi laptop ini dengan berbagai aksesoris mengingat ia hanya memiliki port USB Type-C. Salah satu akesorisnya adalah converter port USB Type-A dan HDMI. Sayangnya, laptop ini tidak dilengkapi dengan Thunderbolt.

Untuk menebus semua fitur pada ASUS ZenBook Flip S UX370U, Anda harus merogoh kocek Rp25,3 juta.
 
  ASUS ZenBook Flip S UX370U
Ukuran Layar  13,3 inci LED Full HD (1920x1080 pixel)
Prosesor Intel Core i7-7500U @3,5 GHz
GPU Intel HD Graphics 620
RAM 16GB LPDDR3 2133MHz
Penyimpanan  512GB M.2 PCIe SSD
Baterai 39Wh 2-cell Lithium-Polymer
Harga Rp25.299.000
 

ASUS ZenBook Flip S UX370U

 

8,8

  • Ringkas dan ringan
  • Performa bagus
  • Kualitas layar bagus
  • Kualitas suara bagus
  • Tombol power mudah sekali tertekan
  • Tombol pada pena agak sulit ditekan



(MMI)