Review Keyboard

Corsair K55 RGB, Ekonomis dan Nyaman untuk Gamer Pemula

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 24 Jan 2017 19:11 WIB
review peripheral
Corsair K55 RGB, Ekonomis dan Nyaman untuk Gamer Pemula
Corsair K55 RGB

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda menginginkan keyboard gaming dengan tampilan menarik dan harga yang terjangkau? Pilihan Anda memang akan sangat terbatas karena keyboard gaming yang nyaman dan memenuhi kriteria untuk bermain game memang rata-rata dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Salah satu pilihan yang bisa Anda lirik adalah Corsair K55 RGB, sebuah keyboard gaming dengan fitur yang cukup lengkap dan didesain sederhana.

Sederhana dalam hal ini tidak hanya dari sisi tampilan, melainkan juga dalam penggunaan. Dibandingkan dengan keyboard gaming lainnya, K55 RGB sangat mudah dioperasikan. Anda tidak perlu memasang aplikasi khusus untuk menggunakan semua fiturnya. Semua fungsi bisa dikontrol dan digunakan melalui tombol-tombol yang ada di keyboard ini.



Untuk mengatur tampilan lampu RGB misalnya, Anda bisa menekan kombinasi tombol FN dengan angka dari 1 hingga 0. Setiap kombinasi akan menampilkan mode tampilan yang berbeda dengan kombinasi warna yang berbeda juga. Selain itu, terdapat juga fungsi makro yang bisa Anda program secara langsung. Fungsi makro yang dibuat bisa diaktifkan melalui enap tombol khusus yang ada di samping kiri keyboard ini.

Corsair K55 RGB memang bukan merupakan keyboard mekanik, namun kenyamanan penggunaannya tidak kalah dengan keyboard mekanik yang ada di pasar. Feedback atau efek timbal balik dari setiap tombolnya terasa sangat nyaman dan empuk, sementara tombolnya sangat stabil ketika ditekan.

Ditambah dengan kedalaman tekanan tombol yang pas, K55 RGB mampu mengakomodir berbagai kebutuhan, mulai dari mengetik hingga bermain game.



Menariknya lagi, tombol pada keyboard ini diposisikan sangat pas dan memiliki jarak yang tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh. Tombol tersebut juga telah dilengkapi dengan teknologi anti ghosting dan tidak berisik ketika ditekan.

Satu hal yang paling saya suka dari K55 RGB adalah adanya palm rest dengan lapisan karet yang sangat nyaman. Lapisan karet tersebut juga memiliki struktur permukaan khusus yang memungkinkan telapak tangan saya tidak terselip selama menggunakan keyboard ini.

Sebagai tambahan, terdapat tujuh tombol multimedia di keyboard ini. Selain itu, terdapat juga tiga tombol khusus yang memiliki berbagai macam fungsi, mulai dari merekam sistem makro, mengatur tingkat kecerahan lampu RGB, hingga mengunci tombol Windows di keyboard. Semua fungsi tombolnya bisa digunakan tanpa driver atau software khusus.



Kesimpulan

Corsair K55 RGB merupakan keyboard gaming yang cocok untuk gamer pemula yang tidak memiliki dana berlebih. Selain nyaman dan telah dilengkapi dengan teknologi standar gaming, keyboard ini juga memiliki tampilan yang menarik berkat lampu RGB backlight. Tentu semua itu sangat menarik untuk sebuah keyboard dengan harga Rp700.000-an.

Keyboard ini juga sangat mudah dioperasikan karena tidak memerlukan software tambahan untuk mengatur sistem yang ada di dalamnya. Namun, kemudahan tersebut juga merupakan kelemahan keyboard ini. Karena tidak memiliki software khusus, Anda tidak bisa mengatur sistem makro secara akurat.
 

Corsair K55 RGB

 

8,8

  • Nyaman
  • Harga terjangkau
  • Fungsi gaming mumpuni
  • Pengaturan makro tidak bisa akurat



(ADM)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.