Review Notebook

Lenovo Yoga 910, Besar, Mewah, Fungsional

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 30 Mar 2017 17:45 WIB
lenovoreview laptop
Lenovo Yoga 910, Besar, Mewah, Fungsional
Lenovo Yoga 910.

Metrotvnews.com, Jakarta: Desain menjadi salah satu faktor penting yang diperhatikan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian perangkat, tak terkecuali notebook. Tingginya mobilitas dan aktivitas konsumen menjadikan produsen berlomba menghadirkan perangkat berdesain ringkas.

Keringkasan desain dihadirkan sejumlah produsen melalui dimensi tipis, menjadi salah satu andalan yang ditawarkan produsen untuk konsumen bermobilitas tinggi. Namun, kini tidak hanya tipis, produsen turut menghadirkan perangkat dengan multi mode, salah satunya seperti yang ditawarkan Lenovo melalui Yoga 910.

Serupa lini Yoga lain, Lenovo membekali Yoga 910 dengan kemampuan dimanfaatkan dalam sejumlah mode, seperti tablet, tent, display dan notebook. Berdesain ringkas, notebook ini tetap dapat menghadirkan kenyamanan berkat dimensinya yang besar, namun berbobot cukup ringan.

 

Desain

Lenovo Yoga 910 mengusung dimensi layar tergolong besar, yaitu 13,9 inci, sehingga menawarkan kenyamanan saat menikmati konten multimedia ataupun sekadar melakukan aktivitas komputasi umum pada layar perangkat ini.

Berdimensi besar, Lenovo Yoga 910 turut hadir dengan tampilan elegan berkat balutan warna emas tidak mengkilat pada bodi perangkat. Hal ini menambah kesenangan dalam menggunakan perangkat sebab kami tidak perlu mengkhawatirkan noda sidik jari yang menempel dan mengurangi keindahan dan kebersihan tampilan perangkat.

Kemampuan digunakan pada sejumlah mode yang diusungnya dimungkinkan berkat bekal engsel unik yang menghubungkan antara bagian dasar dan bagian layar perangkat. Tidak hanya fungsional, engsel yang tampil menyerupai bagian tali jam tangan mewah tersebut turut menjadi salah satu daya tarik terkait desain dari perangkat ini.



Menawarkan kenyamanan berkat desain tergolong tipis yaitu 1,43cm dan berbobot ringan 1,38kg, Anda tetap harus menyediakan ruang khusus dalam tas, saat membawa serta perangkat ini dalam perjalanan, akibat dimensinya yang tergolong besar.

Sementara itu, keunikan lain juga ditemukan pada bagian layar perangkat, sebab Lenovo menyematkan kamera terintegrasi pada bagian bawah layar Yoga 910. Hal ini berbeda dari notebook pada umumnya, yang menyematkan kamera pada bagian atas layar. 

Penyematan kamera pada bagian bawah layar tersebut turut menyebabkan bezel bagian bawah layar lebih tebal jika dibandingkan dengan bagian atas dan sisi yang tergolong tipis. Bezel bawah tebal akibat kehadiran kamera ini juga tetap menyuguhkan kenyamanan saat digunakan, sebab tidak mengganggu pandangan saat menatap layar.



Selain itu pada bagian dasar Yoga 910, Lenovo hanya membekalinya dengan keyboard, touchpad dan sensor pemindai sidik jari, dan memindahkan seluruh tombol dan port lainnya pada sisi bagian bawah perangkat. Meskipun demikian, bekal tombol dan port bagian sisi perangkat ini tergolong minim.

Di sisi kanan, Anda akan menemukan port USB 3.0, jack audio 3,5mm, serta tombol daya. Di sisi kiri tersedia dua port USB Type-C, satu berfungsi sebagai port untuk charger, sedangkan lainnya berfungsi sebagai USB perangkat penyimpanan. Anda juga tidak akan menemukan lampu indikator baterai pada perangkat ini, sebab lampu di sebelah port charger hanya berfungsi sebagai indikator listrik mengalir pada perangkat.

 

Performa

Didukung prosesor Inte Core i7-7500U 2,7GHz, RAM 16GB dan memori internal 512GB, Lenovo Yoga 910 menawarkan performa mulus tanpa kendala atau lag, saat kami gunakan untuk menjelajahi sejumlah situs pada peramban dalam waktu bersamaan ataupun saat membuka aplikasi dan menu.

Performa baik tersebut juga ditampilkan Lenovo Yoga 910 pada perolehan nilai hasil uji benchmark 3DMark dan PCMark 8. Pada pengujian benchmark 3DMark Cloud Gate, Lenovo Yoga 910 memperoleh nilai sebesar 5930, sedangkan pada PCMark 8 Creative Conventional sebesar 2846.





Kenyamanan penggunaan juga dihadirkan oleh performa layar Lenovo Yoga 910 yang didukung oleh teknologi layar sentuh dan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel ini. Teknologi tersebut menghadirkan kemudahan saat mengakses segala sesuatu pada layar dengan sentuhan, serta kesenangan menikmati konten berkat tampilan cerah, kaya warna, serta detil yang baik.

Kehadiran mode Tent dan Display juga menambah kesenangan saat menikmati konten multimedia pada perangkat ini, sebab Anda dapat menempatkannya di lokasi yang mendukung kenyamanan dalam menikmati konten tersebut.



Sementara itu berbeda dari notebook tipis lainnya, keyboard yang dihadirkan Lenovo pada Yoga 910 ini tetap mampu menghadirkan kenyamanan saat digunakan untuk mengetik. Hal ini didukung oleh jarak antara tombol dan ukuran tombol yang tergolong pas untuk dijangkau.

Umpan balik yang disuguhkan keyboard Lenovo Yoga 910 ini juga tergolong empuk, sehingga mengurangi kelelahan saat menekan tombol. Selain itu, Lenovo Yoga 910 tidak membekali jajaran tombol numeric pada keyboard, sehingga layout keyboard turut mendukung kenyamanan saat digunakan mengetik.

Bagian rest palm notebook ini juga tergolong luas, namun beberapa kali telapak tangan kami menyentuh touchpad secara tidak sengaja, sehingga memindahkan kursor ke tempat yang tidak diinginkan. Pada touchpad, Lenovo membalutnya dengan bahan halus dan sedikit licin. 

Bahan halus dan licin ini turut menghadirkan kemudahahan dalam menavigasikan touchpad, serta mendukung presisinya saat digunakan. Tombol klik kanan dan kiri pada touchpad juga menyuguhkan kesan empuk sehingga menghindari kelelahan pada jari saat ditekan.



Untuk urusan baterai, laptop ini dapat bertahan hampir selama 4 jam 57 menit, saat diuji menggunakan aplikasi benchmark PCMark 8 Convetional Battery. Sementara itu pada penggunaan sehari-hari, laptop ini mampu bertahan hampir selama 6 hingga 7 jam.
 

Fitur

Tidak banyak fitur bawaan yang dihadirkan Lenovo pada Yoga 910 ini, namun Anda sudah dapat menikmati sistem operasi Windows 10 Home Edition pada notebook ini. Selain itu, Anda juga dapat menemukan aplikasi dukungan yang disediakan Lenovo bernama Lenovo Companion.

Pada aplikasi tersebut, Lenovo menghadirkan kemudahan bagi Anda untuk mengetahui cara terbaik guna mempelajari serta mengoptimalkan produk Lenovo yang digunakan. Termasuk akses mudah untuk memeriksa update yang tersedia untuk perangkat.



Software ini juga dibekali dengan menu System Health, memungkinkannya untuk menganalisa dan memastikan perangkat dalam kondisi prima. Selain itu, Lenovo Companion juga menyuguhkan sejumlah informasi terkait cara mengoptimalkan perangkat melalui bagian bernama What's New.

Pada menu Optimize, Anda dapat menjalankan pemeriksaan pada perangkat, seperti melakukan pembersihan pada PC, mengakselerasi sistem, serta melakukan update penting, hanya dengan menekan satu tombol. Setelah melakukan pemeriksaan, Anda juga dapat memilih item yang ingin dioptimalkan pada menu ini.
 

Kesimpulan

Tidak hanya berkesan lega berkat dimensinya yang besar, Lenovo Yoga 910 juga menawarkan kesan elegan juga berkat engsel berdesain unik. Bekal baterai notebook ini juga tergolong lama sehingga memungkinkannya dibawa serta dalam perjalanan. Hanya saja, absennya lampu indikator baterai menyulitkan untuk mengetahui kapasitasnya saat mengisi baterai.

 
  Lenovo Yoga 910
Ukuran Layar  13,9 inci (1920 x 1080 piksel)
Prosesor Intel Core i7-7500U (2,7GHz)
GPU Intel HD Graphics
RAM Hingga 16GB
Penyimpanan  256GB SSD
Bobot 1,3Kg
Harga Rp24.409.000
 

Lenovo YOGA 910

 

8

  • Desain elegan dan unik
  • Keyboard nyaman
  • Performa baik
  • Dimensi tipis dan ringan
  • Tidak tersedia lampu indikator baterai
  • Minim port USB



(MMI)

Video /